CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Wabah penyakit menular mengguncang Athena tahun 430 SM
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f26bf9f349d0f5dcb59fbfc/wabah-penyakit-menular-mengguncang--athena-tahun-430-sm

Wabah penyakit menular mengguncang Athena tahun 430 SM

Wabah penyakit menular mengguncang Athena tahun 430 SM


Gambar atas penggambaran wabah Athena oleh seniman Michiel Sweerts , c. 1652–1654

Wabah Athena( Plague of Athens) adalah epidemi yang melanda negara kota  Athena di zaman  Yunani  kuno selama tahun kedua (430 SM) dari perang Peloponnesia.Tulah menewaskan sekitar 75.000 hingga 100.000 orang dan diyakini telah memasuki Athena melalui piraeus.pelabuhan kota yang merupakan sumber pasokan makanan dan suplay barang.PIREUS( KLIK UNTUK LETAK PIREUS DI MAPS) adalah kota pelabuhan  di wilayah Attica ,Yunani . Piraeus terletak di dalam wilayah Kota Athena , 8 kilometer (5 mil) barat daya dari pusat kota (kotamadya Athena), dan terletak di sepanjang pantai timur teluk Saronic .


seorang pemimpin Athena yang bernama Pericles tewas terkena wabah.Pericles menyaksikan kematian kedua putranya yang sah dari istri pertamanya,Paralus dan Xanthippus , dalam epidemi tersebut. Semangatnya jatuh, tak terhibur lagi. Dia sendiri meninggal karena wabah.Pericles hidup selama dua setengah tahun pertama Perang Peloponnesia dan, menurut Thucydides, kematiannya merupakan bencana bagi Athena, karena para penggantinya lebih lemah darinya; mereka lebih suka menghasut  dan mengikuti kebijakan yang tidak stabil, hanya mencari  popularitas daripada berguna untuk bangsa.Pausanias (sekitar 150 M) mencatat (I.29) melihat makam Pericles di sepanjang jalan dekat Akademi.

Spoiler for Pericles:



wabah menjangkit dua kali.pada 429 SM dan pada musim dingin 427/426 SM. Sekitar 30 patogen telah diduga menyebabkan wabah. 

Pada waktu itu Athena adalah kota yang buruk sanitasi nya dan tempat berkembang biak nya penyakit.banyak warga kota meninggal.Sejahrawan yunani Thucydides ter infeksi wabah itu tetapi selamat(sembuh).ia menjabar kan wabah datang dari Etiophia melewati mesir dan libya lalu memasuki yunani lalu menyebar ke wlayah luas mediterania.wabah ini di gambar kan sangat parah dan banyak dokter yang tidak berdaya karena tidak mengetahui penawar nya malah mereka banyak yang tewas karena berhubungan erat dengan orang sakit.Di Athena yang penuh sesak, penyakit ini menewaskan sekitar 25% populasi.karena wabah ini pasukan sparta yang waktu itu sedang ber perang dengan Athena sempat mundur untuk menghindari infeksi.banyak pelaut dan infantri Athena tewas oleh wabah.Menurut Thucydides, tidak sampai 415 SM Athena pulih cukup untuk melakukan serangan besar, Ekspedisi sisilia yang membawa bencana .

Tahun 1994-95 bukti wabah di temukan dengan di temukan nya kuburan massal korban wabah Athena.

selama wabah Sejahrawan Thucydides menggambar kan lenyap nya moral sosial selama wabah...ia menulis dalam buku nya bahwa wabah ini sangat luar biasa sehingga orang-orang tidak lagi memperdulikan lagi aturan agama dan hukum.kekacauan ini di gambar kan Thucydides antara lain mereka tidak lagi takut pada hukum negara karena merasa hidup mereka pun selalu terancam penyakit mematikan,orang-orang mulai menghabis kan uang tampa pandang bulu karena merasa hidup tidak akan lama,beberapa orang miskin kaya mendadak mewarisi harta kerabat mereka karena tidak yakin hidup lebih lama lagi dan banyak orang berperilaku bejat dan tidak terhormat karena merasa reputasi dan nama baik tidak di perlukan lagi karena mereka merasa tidak akan lama hidup...di gambar kan banyak orang-orang sekarat sendirian karena orang-orang yang sehat tidak mau mengambil resiko merawat mereka yang sakit.mayat-mayat di tumpuk dan di biar kan..ada yang berani mengubur mereka di perkuburan massal.

Spoiler for Thucydides:



Ada yang membawa mayat-mayat lalu melempar kan nya ke unggun api.Sebuah kuburan massal dan hampir 1.000 makam, bertanggal antara 430 dan 426 SM, telah ditemukan di luar pemakaman Kerameikos kuno Athena. Kuburan massal itu dibatasi oleh tembok rendah yang tampaknya telah melindungi kuburan dari lahan basah. Digali selama 1994-1995, kuburan berbentuk poros mungkin berisi total 240 individu, setidaknya sepuluh di antaranya anak-anak. selama wabah ini di perparah dengan datang nya para pengungsi yang menghindari perang Peloponnesia menuju kota Athena hingga menambah buruk sanitasi

Thucydides menulis dalam buku sejarah nya dan menggambar kan kegoncangan iman di yunani..Thucydides menulis Tulah itu menyebabkan ketidakpastian dan keraguan agama. Karena penyakit itu menyerang tanpa mempedulikan kesalehan seseorang terhadap para dewa, orang merasa ditinggalkan oleh para dewa dan sepertinya tidak ada manfaatnya untuk menyembah mereka.kuil-kuil pemujaan yunani di penuhi orang-orang sakit dan sekarat.Orang-orang Athena menunjuk wabah itu sebagai bukti bahwa para dewa menyukai Sparta, dan ini didukung oleh ramalan bahwa Apollo sendiri (dewa penyakit dan obat-obatan) akan berperang untuk Sparta jika mereka berjuang dengan sekuat tenaga. Peramal sebelumnya telah memperingatkan bahwa "Perang Dorian [Spartan] akan datang, dan membawa wabah penyakit dengannya".Thucydides skeptis dengan kesimpulan ini dan percaya bahwa orang hanya percaya takhayul. Dia mengandalkan teori medis yang berlaku saat itu, teori Hipokrates , dan berusaha mengumpulkan bukti melalui pengamatan langsung.

Tulah itu merupakan peristiwa tak terduga yang mengakibatkan salah satu dari hilangnya nyawa terbesar yang tercatat di Yunani kuno serta kehancuran masyarakat Athena. Keseimbangan kekuatan antara warga telah berubah karena banyak orang kaya yang sekarat dan kekayaan mereka diwarisi oleh kerabat yang tersisa dari kelas bawah.Tulah itu memberikan kerusakan besar pada Athena dua tahun setelah Perang Peloponnesia, yang darinya ia tidak pernah pulih. Kekuatan politik mereka telah melemah dan moral di antara pasukan mereka serta warga negara telah jatuh secara signifikan. Athena kemudian akan dikalahkan oleh Sparta 

Menurut Thucydides, Wabah Athena, penyakit itu dimulai dengan menunjukkan gejala di kepala saat ia bekerja melalui bagian tubuh yang lain. Ia juga menjelaskan secara rinci gejala-gejala yang dialami para korban wabah yakni demam,Kemerahan dan radang di mata ,Sakit tenggorokan yang menyebabkan pendarahan dan bau mulut ,Bersin,kehilangan suara,batuk,muntah,pustula dan bisul pada tubuh,rasa haus yang sangat,insomnia dan diare.

Spoiler for Yersinia pestis penyebab pes:



Sejarawan telah lama mencoba mengidentifikasi penyakit di balik Wabah Athena. Penyakit ini secara tradisional dianggap sebagai wabah penyakit pes dalam banyak bentuknya, tetapi peninjauan kembali terhadap gejala dan epidemiologi yang dilaporkan telah membuat para sarjana mengajukan penjelasan alternatif. Ini termasuk tipus , cacar , campak , dan sindrom syok toksik . Berdasarkan kesamaan deskriptif yang mencolok dengan wabah baru-baru ini di Afrika, serta fakta bahwa wabah Athena sendiri tampaknya berasal dari Afrika (seperti dicatat Thucydides), Ebola atau virus demam berdarah terkait telah dipertimbangkan.

Spoiler for Sebuah mikrograf elektron virus ebola:



Pada Januari 1999, Universitas Maryland mengadakan konferensi medis tahunan kelima mereka, yang didedikasikan untuk sejarah kasus terkenal, untuk Wabah Athena. Mereka menyimpulkan bahwa penyakit yang membunuh orang-orang Yunani adalah tifus. " epidemi Demam tifus  adalah penjelasan terbaik," kata Dr. David Durack, konsultan profesor kedokteran di Duke University . membunuh korban setelah sekitar tujuh hari, dan kadang-kadang menyebabkan komplikasi yang mencolok: gangren ujung jari tangan dan kaki. Wabah Athena memiliki semua fitur ini. "  Pada kasus tifus, dehidrasi progresif, debilitasi, dan kolaps kardiovaskular akhirnya menyebabkan kematian pasien.

Sebuah studi DNA 2005 tentang pulpa gigi dari gigi yang di recovery dari lubang penguburan Yunani kuno, yang dipimpin oleh dokter ortodonti Dr. Manolis Papagrigorakis dari University of Athens, menemukan sekuens DNA yang mirip dengan Salmonella enterica ( S. enterica )organisme yang menyebabkan demam tifoid.


Kelompok peneliti kedua, termasuk ahli biologi molekuler evolusioner Amerika Dr. Beth Shapiro dari University of California, Santa Cruz , membantah temuan tim Papagrigorakis, mengutip apa yang mereka klaim sebagai kelemahan metodologis yang serius.  Dalam sepucuk surat kepada International Journal of Infectious Diseases , Shapiro, menyatakan bahwa "sementara analisis DNA ini mengkonfirmasi bahwa penyebab wabah athena kemungkinan adalah Salmonella , itu menunjukkan dengan jelas bahwa itu bukan tipus." ...Beberapa ilmuwan telah menafsirkan tulisan Thucydides " lygx kenē " ( λύγξ κενή ) sebagai gejala cegukan yang tidak biasa, yang sekarang diakui sebagai temuan umum pada penyakit virus Ebola.Wabah Ebola Afrika Barat 2015 mencatat adanya efek pada genitalia dan mata pada beberapa orang yang selamat, keduanya dijelaskan oleh Thucydides. Dengan masa inkubasi klinis hingga 21 hari, dan potensi menular hingga 565 hari yang baru-baru ini ditunjukkan dalam infeksi yang ditularkan melalui semen, pergerakan Ebola melalui perdagangan Nil ke pelabuhan sibuk Piraeus menjadi  masuk akal.

SUMBER

https://en.wikipedia.org/wiki/Plague_of_Athens 

https://en.wikipedia.org/wiki/Piraeus

https://en.wikipedia.org/wiki/Pericles

https://en.wikipedia.org/wiki/Thucydides

 
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mentarisfr dan 31 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh semutloreng
Halaman 1 dari 3
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh semutloreng
entah kenapa jika ada wabah terjadi di belahan Utara Bumi, meski awalnya bukan dari sana, pasti cepat menyebarnya ya... apakah temperature dan humidity mempengaruhi??
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
wkwkwk keren lukisannya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 2 lainnya memberi reputasi
Masih belum paham intinya tifus apa ebola ya?ebola dari afrika banyaknya terjadi..
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Yg namanya wabah itu udah dari dulu.. emoticon-Embarrassment

Cuma namamya saja yg brbeda.. emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ravidetan dan 2 lainnya memberi reputasi
Ya, untung nya, wabah penyakit pd saat itu aslinya mmg mnyebar secara alami, gan..... emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan kakekane.cell memberi reputasi
Diubah oleh yoseful
Thucydides hoki bener, selamat terus ceritain bukan sombong emoticon-Leh Uga
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
kirain saint seiya bisa selametin athenaemoticon-Matabelo
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Thor dari athena bukan?


BATA! emoticon-Bata (S)
profile-picture
junot.kw5 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Typhus outbreak. emoticon-Berduka (S)

Spoiler for Oli bekas:
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Virus bakteri penyakit sekarang bermutasi, terlihat sekarang dari jumlah orang yg terinfeksi dan meninggal karena hal tersebut. Atau mungkin imunitas orang sekarang rendah daripada orang jaman dulu?
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Sejak zaman ratusan tahun SM sampai 2000 tahun setelah M pasti tidak akan pernah kehilangan orang-orang yang berpandangan jika penyakit tidak akan menjangkiti mereka yang taat terhadap agama/Tuhannya. emoticon-EEK! emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
atmajazone dan 3 lainnya memberi reputasi
Ngeri

Yang namanya wabah
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Quote:


Di afrika kalo wabah bilangnya serangan makhluk gaib yang jahat, jadi sering gak tercatat sejarah tentang penyakit
Padahal banyak jg kejadian wabah yg membunuh satu kota sampe gak bersisa

Bahkan sampe ebola di taun 2013 pun dulu org afrika masih percaya karena mereka nebang hutan buat tempat tinggal
Outbreak ebola kan dr daerah bekas perang liberia, guinea, sama sierra leone
Banyak pengungsi yg sembunyi di hutan dan nebangin hutan buat dijadiin pemukiman

Kedua peradaban yg lbh maju
Transportasi yg bagus, pasar yg lbh rame, kehidupan sosial yg lbh baik bikin mobilitas manusia jd lbh tinggi
Dan otomatis penyebaran penyakit jg bakal lbh cepat
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Memang wabah penyakit sdh ada sejak dulu
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
oke nice thread gan.
emoticon-Cool
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Senjata pemusnah massal..
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Quote:


ngoahahahhah
Wabah penyakit menular mengguncang Athena tahun 430 SM
profile-picture
profile-picture
profile-picture
atmajazone dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Gara-gara wabah sampe putus asa hidupnya. Jaman dulu ilmu kedokteran kurang begitu canggih.

Kalo skrg mah ada wabah apa aja losss... Apa lagi daerah ane... Pada kebal semua.
Wakakaka....
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Klo bner ebola berarti serem amat smpe skrg masih ada. emoticon-Takut
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di