CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Mahfud MD: Rancangan Perpres Pelibatan TNI Atasi Terorisme Sudah Dikirim ke DPR
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f24171caf7e93327535f5d5/mahfud-md-rancangan-perpres-pelibatan-tni-atasi-terorisme-sudah-dikirim-ke-dpr

Mahfud MD: Rancangan Perpres Pelibatan TNI Atasi Terorisme Sudah Dikirim ke DPR

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengungkapkan rancangan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Pelibatan TNI dalam Mengatasi Aksi Terorisme sudah selesai.

Selain itu ia juga mengatakan pemerintah juga telah berdiskusi dengan sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Hal tersebut disampaikan Mahfud ketika berkunjung ke Markas Marinir di Cilandak, Jakarta Selatan pada Rabu (29/7/2020).

"Rancangannya (Perpres Pelibatan TNI dalam Mengatasi Aksi Terorisme) sudah jadi, sudah ke DPR, perdebatan cukup seru. Kita juga sudah bicara dengan sejumlah kalangan, termasuk teman-teman LSM. Bahwa teror itu bukan urusan hukum semata, tidak semuanya diselesaikan hanya oleh polisi,” kata Mahfud dalam keterangan yang disampaikan Tim Humas Kemenko Polhukam pada Kamis (30/7/2020).

Baca: Kritisi Perpres Baru Jokowi, Refly Harun: Aspek Ekonomi Lebih Dipentingkan Dibanding Keselamatan

Meski begitu Mahfud mengatakan masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki dan diharmonisasikan.

Ia pun optimis sebentar lagi DPR akan segera memproses Perpres tersebut.

"Akhirnya semuanya memahami. Saya sudah ditugaskan Presiden mengharmoniskan. Tinggal beberapa yang perlu diperbaiki. Dalam waktu tidak lama DPR segera memproses," kata Mahfud.

Mahfud juga yakin pasukan elit TNI memiliki kemampuan penanggulangan terorisme.

Menurutnya, rugi jika kemampuan tersebut tidak dimanfaatkan negara untuk mengatasi terorisme.

"Kalau kita lihat, akan sangat rugi kalau ada pasukan hebat tidak digunakan untuk mengatasi terorisme. Denjaka, Kopassus dan pasukan elite lainnya, punya kemampuan penanggulangan terorisme, tentu sesuai dengan skala, jenis kesulitan, dan situasi tertentu,” kata Mahfud.

Dalam kunjungannya ke Mako Marinir, Mahfud juga sempat menyaksikan demo kendaraan tempur yang dimiliki Marinir di lapangan Brigif-1.

Setelahnya Mahfud berserta rombongan melakukan tour facility menuju Detasemen Jalamangkara (Denjaka).

Sesampainya di Denjaka, Menko Mahfud disuguhi demo kekuatan yang dimiliki para prajurit Denjaka serta meninjau berbagai alat dan senjata yang dipakai pasukan khusus tersebut.

Mahfud juga mengapresiasi Denjaka karena sejak berdirinya, pasukan khusus antiteror yang dimiliki TNI Angkatan Laut (AL) telah banyak terlibat dalam tugas khusus anti teror yang berlangsung di wilayah perairan baik di Indonesia maupun di perairan mancanegara.

Sebelumnya, kepada Menko Polhukam, Komandan Korps Marinir, Mayjen TNI Suhartono melaporkan satuan prajurit pasukan khusus di AL itu telah sukses dalam menghalau sejumlah aksi teror.

Pertama, yakni operasi Aru Jaya tahun 1992 yakni Marinir berhasil mengusir Kapal Lusitania Expresso, kapal feri berbendera Portugis tengah berlayar menuju Dili, Timor Timur (sekarang Timor Leste).

Kapal milik perusahaan AA Rocha Cabecas ini disewa kelompok aktivis antiintergrasi Timor Timur terhadap Indonesia pada 23 Januari 1992.

Kapal berbobot 1.662 ton melaju dengan kecepatan 15 knot membawa 73 aktifis NGO dari 18 negara, termasuk mantan Presiden Portugal, Antonio Ramlho Eanes, serta 56 wartawan dari enam negara.

Pelayaran tersebut disebut memiliki misi provokasi internasional menyusul insiden Santa Cruz.

Selain itu Suhartono mengungkap kesuksesan pasukan khusus TNI AL bersama pasukan elit dari matra lainnya berhasil membuat bajak laut alias perompak Somalia kocar-kacir.

Waktu itu, pasukan elit TNI berhasil membebaskan WNI yang disandera bajak laut Somalia.

Pasukan elit TNI juga memburu perompak Somalia setelah kapal MV Sinar Kudus yang dioperasikan PT Samudera Indonesia dibajak di perairan Laut Arab pada 16 Maret 2011 silam.

"Saya sangat bangga kepada prajurit Denjaka baik yang bertugas di dalam maupun di luar negeri. Karena selain menjadi prajurit yang perkasa dan disegani dunia, Denjaka telah menorehkan prestasi gemilang baik penumpasan pemberontakan di dalam negeri, operasi pembebasan sandera di mancanegara, dan penumpasan aksi ekstrimis. Sederet prestasi ini membanggakan dan mengharumkan nama Indonesia di mata dunia," papar Mahfud dalam sambutannya di depan pasukan khusus Denjaka.

Mahfud pun berharap, kualitas pasukan khusus yang mumpuni tersebur diberdayakan dengan pelibatan pasukan khusus dalam menangani aksi-aksi terorisme.

https://m.tribunnews.com/amp/nasiona...e-dpr?page=all

Mampus lu kadrooners pengacau keamanan

kadrun mewek kejet2, jendral gatot mana gatot 😢😢😭😭
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bajier dan 2 lainnya memberi reputasi
"Ngicis sodara kita" emoticon-Marah
profile-picture
bajier memberi reputasi
Justru mampus wereng gak bisa asal main tuduh kayak kasus si enzo emoticon-Traveller emoticon-Wakaka
Densus 88 apa dianggap sdh tdk hebat lg




*tanya
Tunggu suara Sapi, dia mau ngomong apa
R-perpres soal pelibatan TNI dalam mengatasi aksi terorisme benernya banyak menuai kritik dari beberapa pihak, mulai dari Gubernur Lemhanas, Komnas HAM dan PSI

Mau ngeliat dari sisi mana', kalau dari sisi pendukung pemerintah, komen TS buat kadrun. Dari sisi oposisi, komen di post #2 buat buzzer. Keduanya berimbang.

Yang pasti dengan formasi lima Menteri ( Mendagri Tito, Menhan Prabowo, MenPAN-RB Tjahjo, Menag Fahcrul Razi dan Menkopolhukam Mahfud MD ) kelimanya bisa paham, tau, ngerti apa keinginan Presiden yang juga fokus ke persoalan melawan radikalisme. Kelima Pandawa tsb bisa mengharmonisasikan banyak pihak yang berbeda pendapat dan pandangan menjadi satu harmoni.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
whitepoint dan 2 lainnya memberi reputasi
Pasti masuk angin di DPR.
Baguslah.. Para teroris sumbu pendek diburu kek babi hutan emoticon-Big Grin
kalo bisa kadal yg suka sweeping ilegal masukin daftar teroris aja
kan meresahkan juga itu yah akhiemoticon-Leh Uga
profile-picture
bajier memberi reputasi
pencegahan yg paling penting, tapi jangan ngarepin BPIP
HTI, PKS, kadrun, dan monaslimin pasti tidak suka dengan berita ini emoticon-Turut Berduka
semakin cepat semakin baik ini bre
biar turis turis ga ketakutan
pemodal berdatangan
usaha lancar
dan para tapir ga di tuduh Islamophobia

kalau ketangkap terorisnya di kimpoiin sama nenek nenek umr 72 tahun saja bre


emoticon-Ngakak
Diubah oleh ThinSkunk
Kalo kayak suharto waktu awal2, masih sekuler, jarang solat, inshaallah negeri jadi aman. Kalau sekarang kayaknya udah susah, paling ribut sunni vs syiah ujung2nya.
profile-picture
profile-picture
bajier dan dalamuka memberi reputasi
Semoga jadi


emoticon-Traveller



GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di