CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
PGI Buka Suara Usai 3 Gereja Jadi Klaster Corona Di DKI Jakarta
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f222617facb955c6f1e7084/pgi-buka-suara-usai-3-gereja-jadi-klaster-corona-di-dki-jakarta

PGI Buka Suara Usai 3 Gereja Jadi Klaster Corona Di DKI Jakarta



PGI Buka Suara Usai 3 Gereja Jadi Klaster Corona Di DKI Jakarta
NASIONAL
COVID-19 di Indonesia
Sebanyak Tiga Gereja Telah Menjadi Klaster Penyebaran Virus Corona (COVID-19) Di DKI Jakarta. Tiga Klaster Gereja Ini Menyumbang Sebanyak 29 Kasus Positif COVID-19.

Tim WowKeren
 
 Jul 30, 2020

WowKeren - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 melaporkan adanya sembilan klaster rumah ibadah di DKI Jakarta per Rabu (29/7). Tiga gereja termasuk dalam klaster rumah ibadah ini dan menyumbang sebanyak 29 kasus positif COVID- 19.


Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) lantas buka suara menanggapi adanya klaster rumah ibadah ini. PGI meminta agar jemaat beribadah secara online dari rumah selama pandemi corona.

Ketua Umum PGI, Gomar Gultom, menyatakan bahwa pihaknya telah menyebarkan pedoman pelaksanaan ibadah selama pandemi corona. Gereja-gereja juga diminta PGI untuk menerapkan protokol kesehatan selama peribadatan berlangsung.



"Pertama-tama, kami sudah menyebarkan pedoman atau semacam protokol yang sangat ketat bagi gereja-gereja dalam menyelenggarakan peribadatan di gereja seturut protokol kesehatan menghadapi pandemi corona," tutur Gomar dilansir detikcom pada Kamis (30/7). Selain itu, Gomar juga menjelaskan bahwa pihaknya telah mengimbau jemaat untuk mematuhi protokol kesehatan demi menekan penyebaran virus corona.


"Kedua, kami juga terus mengimbau seluruh gereja untuk mendidik warga mendisiplinkan diri dalam beradaptasi dengan kebiasaan baru seturut dengan protokol kesehatan seraya meningkatkan sistem kekebalan tubuh warga," terang Gomar. "Kunci dari semua ini adalah disiplin."


Lebih lanjut, Gomar juga mengungkapkan bahwa PGI telah menekankan pada gereja untuk tidak terburu-buru membuka kembali ibadah tatap muka. Peribadatan diminta untuk tetap dilakukan secara online lantaran penularan virus corona masih terjadi.


"Ketiga, sesungguhnya PGI menekankan kepada gereja-gereja untuk tidak terburu-buru membuka gereja dan lebih baik tetap menyelenggarakan ibadah dari rumah masing-masing secara virtual," pungkas Gomar. "PGI sangat menekankan untuk perlunya tetap di rumah karena penyebaran virus ini masih belum terkontrol sebagaimana terbukti angka kasus positif baru terus meningkat dari hari ke hari. Di lain sisi juga banyak kasus orang tanpa gejala."


Gomar juga mengaku bahwa sebagian gereja telah mematuhi pedoman yang diberikan PGI. Namun ia juga tak memungkiri masih ada yang tidak menaati protokol kesehatan yang telah ditentukan. Oleh sebab itu, Gomar meminta agar kegiatan ibadah tetap dilakukan secara online dari rumah.


"Sebagian gereja mematuhinya, akan tetapi sayangnya beberapa gereja sudah menyelenggarakan ibadah karena menganggap keadaan sudah aman," pungkas Gomar. "Menurut PGI, keadaan sekarang belum aman untuk berkerumun sekalipun itu hanya untuk ibadah di rumah."


sumber: https://wowkeren.com/berita/tampil/00322784.html

duh gawat emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
PapinZ dan 3 lainnya memberi reputasi
3 gereja, gereja mana aja ?



#BATA collector
emoticon-Lempar Bata
profile-picture
danielpurnama memberi reputasi
Ternyata podo ae..emoticon-Wakaka
Bandel sihh emoticon-Big Grin
Gereja nyokap aja sampe hari ini msh tutup, ibadah onlen doang
profile-picture
profile-picture
wolfzmus dan hujansorehari60 memberi reputasi
MUI/FPI ga perlu bersuara karena umat ga mungkin diserang oleh tentara Allah

PGI Buka Suara Usai 3 Gereja Jadi Klaster Corona Di DKI Jakarta


emoticon-Bedug

Dua hari lagi shalat Ied gaes. Siapkan goloknya, abis shalat ada leher yg harus digorok emoticon-Belgia
profile-picture
naekii memberi reputasi
astajim emoticon-Kagets
Besok pagi virus SARS-CoV-2 akan berpesta pora.

Tunggu 14 hari kedepan, 17 Agustus 1945, eh 14 Agustus 2020, kira2 bakalan meroket atau tidak?

Oops besok Jumat ya, jadi kumpul2 disambung sampai siang?

Ayo dong, kalau tangan sengaja kena lantai dan muka kena lantai, biarpun ada bawa sajadah sendiri, ada juga yang ga bawa. Belum lagi harus mengusap wajah dengan tangan, kena mata, hidung, mulut biarpun sudah pakai masker.

Kita semua yang ga ikutan juga beresiko kena, di pasar, di kantor, di MRT.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ibadah di rumah dulu ya temen-teman.
Cebong mendadak diem nih.
profile-picture
yakuzha memberi reputasi
gereja mana aja tuh? ditempatku masi pada ibadah online
Gereja ane masih tutup, masih ibadah online emoticon-Hammer2
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Lagi kondisi begini ibadah di gereja bukan bagi2 berkat namanya. Kalau jemaatnya ada yg meninggal gimana.
tlul pisan sih.... apa ngak pake otak yang udah tuhan yesus kasih?
1. corona masih ada dan belom ada obatnya
2. tersebar melalui udara dan kontak dekat.

skrng ke gereja dekat"., ada yang bersin ada yang batuk nempel di korsi di meja....

aduh di pake dikit akal kayanya bisa terhindar dari corona deh

kasian tuhan yesus liat kelakuan umatnya ngak pake otak.

pake masker., pake plastik tutup muka., pas bersin pake sarung tangan di pegang tangan tanpa sarung tangan dll masuk saku, tangan nempel ke korsi ke meja wkwkwkwkwk menularkan ke yang lain... plssssssssss dikit aja nalar di pake
profile-picture
profile-picture
dieq41 dan dr41n_cool memberi reputasi
Diubah oleh stunz
uda ibadah aja dirumah ud tau lg COVID gini, emang Tuhan butuh dijenguk?
Jemaat nya sama gobloknya
Ibadah dirumah tapi masih nongkrong2 ga jelas..
Dengan sering mengingatkan untuk selalu menggunakan serta mentaati himbauan pemerintah dalam pelaksanaan protokol kesehatan itu sangatlah bagus guna untuk penyempitan penyebaran virus corona.
Ada yg dah dibuka dan masi ada yg nutup
Kalau emang kepepet ingin ibadah di gereja harusnya ada pembatasan jemaat gan 🙏 dan diubah jam² ibadahnya 🙏


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di