CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kurban Online Tuai Pro & Kontra, Begini Hukumnya Gan!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f213a07af7e9352015f8315/kurban-online-tuai-pro-amp-kontra-begini-hukumnya-gan

Kurban Online Tuai Pro & Kontra, Begini Hukumnya Gan!

Hari Raya Idul Adha sudah di depan mata, maka bagi Kaskuser yang akan berkurban tentu sudah mempersiapkan segala sesuatunya. Mulai dari budget yang sudah disiapkan sedari lama sampai dengan memilih hewan kurban. Bagi mereka yang sudah mampu berkurban setiap tanggal 10 Dzulhijjah, umat Islam disunnahkan untuk berqurban dimana mereka menyembelih hewan qurban untuk kemudian dibagi-bagikan kepada seluruh umat Islam di suatu daerah. Dalam kondisi pandemi seperti sekarang nih gan, mungkin beberapa orang enggan untuk pergi keluar rumah untuk beraktivitas atau pun mencari hewan qurban, namun kemajuan teknologi memberi kemudahan orang-orang beralih ke online. Mulai dari kerja online, belajar online, bahkan sampai dengan termasuk membayar zakat online ataupun berkurban melalui online.
Kurban Online Tuai Pro & Kontra, Begini Hukumnya Gan!

Belakangan gara-gara pandemi COVID-19 memang sedang naik daun adalah semua dilakukan serba online. Btw, kira-kira apakah agan sista dimari udah ada yang pernah ikutan kurban secara online?. 
Nah, mumpung ini topik lagi hangat nih gan, kali ini ane bakal ngajak Agan Sista untuk berdikusi soal qurban secara online.  Kenapa hot jadi perbincangan?, secara memang kurban online ini masih ada pro dan kontra. Kurban online bisa dianalogikan seperti wakalah, atau sesuatu yang diwakilkan oleh orang lain, apabila telah memenuhi syarat-syarat wakalah. Dimana seseorang yang menitipkan dana kepada lembaga sosial, untuk diwakilkan membeli hewan kurban, disembelihkan, kemudian dibagikan oleh pengurus lembaga.

Adakah Dalil Kurban Online?
Mengutip sebuah artikel dari Dompet Dhuafa, bahwa hukum wakalah diperbolehkan. Hal ini dijelaskan oleh Allah dalam surat Al-Kahfi ayat 19 yang artinya, “...Maka suruh lah salah seorang di antara kamu pergi ke kota membawa uang perakmu ini dan hendaklah dia melihat manakah makanan yang lebih baik, maka hendaklah ia membawa makanan itu untukmu.” 
Lalu diperbolehkan dalam Surat An-Nisa’ ayat 35, “Maka suruhlah juru damai (hakam) dari keluarga laki-laki dan seorang juru damai (hakam) dari keluarga perempuan…”

Apabila menilik dalam kitab Al-Mughni yang ditulis oleh Ibnu Qudamah mengatakan, “(Ulama) umat ini sepakat atas kebolehan wakalah secara umum atas hajat yang perlu adanya perwakilan, karena setiap orang tidak mungkin menangani segala keperluannya sendiri, sehingga ia memerlukan perwakilan untuk hajatnya.”
Kita pasti setuju nih gan, kalau nggak semua orang bisa melakukan semua hal. Ada urusan-urusan yang perlu dikerjakan di waktu tertentu. Maka dari  itulah, layanan kurban online bisa menjadi wakalah bagi orang-orang yang ingin berkurban, tapi kesulitan untuk mengakses pembelian dan penyembelihan hewan kurban secara waktu dan tenaga, atau mereka yang ingin menebar daging kurban lebih luas kepada fakir miskin.
Kurban Online Tuai Pro & Kontra, Begini Hukumnya Gan!


Seseorang yang melakukan hukum kurban online, sama seperti mereka yang mengirim hewan kurban ke luar daerahnya atau menitipkan dana untuk dibelikan hewan kurban kepada orang lain. Hal ini diperbolehkan, selama akadnya jelas, dan hewan kurban yang diberikan telah memenuhi syarat-syarat berkurban. 
Adapun pendapat kontra tentang hukum kurban online. Yaitu terletak pada hukum sunnah yang tidak bisa dilakukan, saat menunaikan kurban secara online. Hukum sunnah tersebut yaitu:
Tidak bisa menyembelih atau menyaksikan penyembelihan kurban secara langsung.
Tidak bisa memakan daging yang dikurbankan sendiri, secara langsung.
Tidak mengetahui kepastian waktu penyembelihan, sehingga tidak dapat menjalankan sunnah memotong kuku setelah hewan kurban disembelih.

Namun, di tengah hal kontra tersebut, tidak menjadikan hukum kurban online menjadi haram. Sebab tidak ada dalilnya melarang hukum kurban online. Sehingga hukumnya diperbolehkan.

Tujuan Berkurban
Kurban Online Tuai Pro & Kontra, Begini Hukumnya Gan!

Dalam berkurban, yang dilihat bukanlah bagaimana kita memakan daging hewan yang dikurbankan, bukan pula tentang seberapa banyak kenalan dan kerabat memakan hewan yang kita kurbankan. Melainkan, Allah melihatnya dari ketakwaan, dari keikhlasan kita menjalani ibadah qurban. Walaupun ngga bisa menyaksikan penyembelihan secara langsung, atau tidak dapat memakan dagingnya, itu bukanlah hal besar yang membuat kita jadi berdosa. 
Allah berfirman dalam Quran Surat Al-Hajj ayat 37, “Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik.”
Walaupun kurban dilakukan secara online, walaupun nggak merasakan langsung daging dari hewan yang kita kurbankan, setidaknya kita tahu bahwa daging kurban tersebut disebar secara luas. Sebab nggak semua  wilayah mengadakan kurban dengan binatang ternak yang mencukupi untuk dibagi rata kepada penduduk sekitarnya. Sehingga, manfaatnya dapat diperoleh dari menebar daging kurban lebih banyak.
Inilah salah satu bentuk syiar Islam. Menunjukkan bahwa dalam kurban, perilaku kita yang adil dan merata, ditunjukkan dari daging kurban yang kita tebar. Tidak peduli orang kaya ataupun orang miskin, sama-sama merayakan Idul Adha dengan memakan daging kurban.

Pilih Lembaga Amanah Menjalankan Kurban Online
Setelah kita simak ulasan di atas, kita bisa mengetahui bahwa hukum kurban online tidak bernilai haram. Justru dengan melalui kurban online, kita bisa memperluas syiar Islam, serta menebar daging kurban lebih luas. Agar tujuan kurban online dapat berjalan dengan baik, alangkah lebih baik kita perlu memilih lembaga yang amanah dan tepat untuk menjalankan wakalah. 
Selama ini Dompet Dhuafa setiap tahunnya menjalankan amanah untuk melaksanakan kurban online yang dilakukan oleh donor dan stakeholder. Sebab, hewan kurban yang dipilih oleh Dompet Dhuafa selalu melalui quality control. Sehingga bisa dipastikan kualitasnya dengan baik. Tidak ada kecacatan atau penyakit. Kualitas dapat diketahui dengan baik, karena hewan kurban yang dipesan langsung melalui petani dan peternak lokal yang dibina langsung oleh Dompet Dhuafa.. 
Itulah tadi penjelasan tentang hukum kurban online yang diperbolehkan, dan memberikan manfaat lebih luas. Jadi bagi GanSis yang mau berkurban langsung aja gan melalui Dompet Dhuafa, dan temukan informasi selengkapnya dengan cara klik link ini atau banner berikut ini.
Kurban Online Tuai Pro & Kontra, Begini Hukumnya Gan!




profile-picture
profile-picture
profile-picture
raliakbarrr dan 25 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kaskus.infoforum
Halaman 1 dari 4
Nyimak gan
Kalo lewat online katanya ga bisa pamer sama orang sekampung gan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jangkrikgokil dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Beli korban langsung dari sumbernya.bisa dilihat diraba dibeli titip di masjid .....PUAS
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaskushunters dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Dasar netizen +62 semua kok diperdebatkan.... Semua itu yg penting niatnya,, urusan hukumnya dipikir belakangan aja...emoticon-Cape d... (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Sinkhole dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 26 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 26 balasan
W sebenarnya lebih setuju klo kurban di bawa ke desa-desa terpencil, biar orang susah merasakan makan daging, di bagikan secara merata? Lah yang muslim kaya bisa makan daging tiap hari kenapa hari raya qurban mesti kebagian juga?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sugartomat4 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
tawaf aja berenti gara2 covid bray
solat aja sof nye jenggang2
apalagi kurban ..

dah takdir ini makanya ada sistem online
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Smokerr dan 2 lainnya memberi reputasi
Kita juga ngga tau kan Sapi yang mau di qurban-kan ngapain aja sebelum di sembelih... emoticon-Nohope

{thread_title}


#BATACOLLECTOR
#THANKYOU
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agues27 dan 7 lainnya memberi reputasi
Setiap hari itu pasti ada sapi, kambing, ayam, yang dipotong di rumah potong hewan. Kalo tidak, ntar gimana kalo loe pengen makan daging?
Walaupun kurbannya online, yg penting niatnya emoticon-Cool
profile-picture
fadhilpermana5 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kayany mending yg biasa deh. yakutnyabdikemplang sama g tau wujud hewan yang dikutbankan bagaimana
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Inovasi tapi akad memang harus jelas biar gak ada unsur2 penipuan emoticon-welcome
katanya besok pas hari qurban ga boleh ada yang sembelih2 ya ? sembelihnya ke tukang jagal aja kah?
hiyaa ujung2nya iklan
profile-picture
gikogaza memberi reputasi
Lumayan buat referensi
Quote:


Kalo orang dagang mah mending jual rugi daripada busuk

Itung2 ngosongin gudang biar bisa isi barang baru
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Penting banget ini untuk menambah pengetahuan tentang qurban online.

Ane bantu jadikan hot thread dulu deh, biar makin banyak yang tahu.






Processing. . .



Hot thread done!
yg suka debat malah yg gk berkurban, yg berkurban santay aja
enakan ketemu langsung dengan pedagan nye enak bisa milih²
kalian yg korban
gw yg nerima sisa dagingnya aja dah juat di jadiin steak sama sate
emoticon-Ngakak
Iyaaaa gann boleh boleh aja kok gan
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di