CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Proses Penukaran Koin Kreator Ada Perubahan Cek Infonya di Sini Gan!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Serius, Negara Ini Pilih Pemimpinnya Setiap 6 Bulan Sekali
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f20bf4b28c9917bc70e846f/serius-negara-ini-pilih-pemimpinnya-setiap-6-bulan-sekali

Serius, Negara Ini Pilih Pemimpinnya Setiap 6 Bulan Sekali

Serius, Negara Ini Pilih Pemimpinnya Setiap 6 Bulan SekaliSerius, Negara Ini Pilih Pemimpinnya Setiap 6 Bulan Sekali
Selamat pagi, siang, sore, petang, dan malam kawan - kawan kaskuser semua yang baik hati. Bertemu kembali di thread sederhana ane.
emoticon-Nyepi


Serius, Negara Ini Pilih Pemimpinnya Setiap 6 Bulan Sekali

Mungkin sudah akrab ditelinga kita, sebuah negara di pimpin oleh seorang presiden atau perdana menteri. Tapi, pernahkah Gansis mendengar sebuah negara dipimpin seorang kapten? Macam kapal aja ya. Tapi ini beneran ada lho.Bukan lucu - lucuan.

Uniknya lagi, selain dipimpin seorang kapten, negara ini juga melakukan pemilihan pemimpin negara setiap 6 bulan sekali. Artinya, setiap tahun negara ini melakukan 2 kali pemilihan kepala negara. Dan dalam setiap pemilihannya bukan hanya dipilih satu, tapi dua kepala negara sekaligus. Unik ya? Mungkin nggak ada kesibukan lain kali ya, makanya pemilihan kepala negaranya dilakukan setiap enam bulan sekali. Bayangkan kalau ini terjadi di Indonesia. Lha wong pemilihan kepala negaranya setiap lima tahun sekali aja, sering gontok - gontokan kok. Bahkan ejek - ejekannya nggak selesai meski pemilunya udah selesai dan bahkan kandidat yang awalnya saling berkompetisi udah jadi koalisi.

Serius, Negara Ini Pilih Pemimpinnya Setiap 6 Bulan Sekali

Nah, tapi hal ini nggak terjadi di San Marino lho Gan. Negara kecil yang terletak dibenua Eropa ini memang melakukan pemilihan kepala negara 2 kali dalam setahun. Meski begitu, politik di negara ini tak bergejolak saat dilakukan pemilihan. Hal ini terjadi karena pemilihannya dilakukan oleh anggota parlemen, bukan dipilih langsung seperti yang berlaku di Indonesia. Bukan hanya itu saja, dua orang yang dipilih untuk menjadi kepala negara merupakan wakil dari dua partai yang ada disana. Karena keduanya menjadi kepala negara, jelas konflik bisa di redam.

Untuk anggota parlemen sendiri hanya terdiri dari 60 orang saja dan pemilihannya dilakukan setiap lima tahun sekali, sama dengan yang berlaku di Indonesia. Bedanya, mereka punya tugas utama yaitu memilih Kapten setiap 6 bulan sekali, yaitu setiap tanggal 1 April dan 1 Oktober.

Serius, Negara Ini Pilih Pemimpinnya Setiap 6 Bulan SekaliSerius, Negara Ini Pilih Pemimpinnya Setiap 6 Bulan Sekali

Periode masa jabatan Kapten yang terbilang cukup pendek ini memungkinkan setiap mantan Kapten untuk dipilih kembali di periode berikutnya, meski tidak bisa di pilih secara berturut - turut. Misalnya Aleberto Cecchitti yang pernah terpilih sebagai Kapten periode April - September 1998, dan kembali terpilih menjadi Kapten San Marino pada periode Oktober 2001 - Maret 2002.

Serius, Negara Ini Pilih Pemimpinnya Setiap 6 Bulan Sekali

Bukan hanya unik dalam hal kepala negara, letak geografis San Marino juga cukup unik. San Marino berada ditengah - tengah negara Italia. Bahkan bisa disebut sebagai "negara didalam negara". Negara ini juga jadi salah satu venue penyelenggaraan even balap motor MotoGP dan juga jet darat F1 yang cukup menarik minat wisatawan mancanegata untuk berkunjung. Meski begitu, ternyata negara ini tak memiliki bandara sendiri layaknya negara pada umumnya. Satu - satunya tempat pendaratan yang ada di negara ini hanya berupa helipad untuk pendaratan helikopter.

Serius, Negara Ini Pilih Pemimpinnya Setiap 6 Bulan Sekali

Serius, Negara Ini Pilih Pemimpinnya Setiap 6 Bulan Sekali
Disclaimer : Asli tulisan TS
Sumur Gambar : Om Google
Referensi : Ini dan Ini




Serius, Negara Ini Pilih Pemimpinnya Setiap 6 Bulan Sekali

profile-picture
profile-picture
profile-picture
raliakbarrr dan 28 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
Kenapa tidak bergabung dengan Italia ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan 4 lainnya memberi reputasi
gile cepat amat yah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan 3 lainnya memberi reputasi
satu tahun 2 kali brati
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh syusuf.dkk
Quote:
Mungkin karena lebih tertarik menjadi entitas yang independen, ketimbang melebur gabung menjadi entitas yang lain. Although terlepas dari ganti pemimpin yang terlalu cepat, namun San Marino ini negara tertua di dunia yang masih ada sampai sekarang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Tiap 6bulan pesta rakyat...pesta nyoblos emoticon-Genit emoticon-Genit

24 Jam Terima BATA GAK Pake Cendol!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
b4perman dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Dulunya kan punya Italia
Koq bisa lepas gitu ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Asal jangan ada demo bersilit silit aja untuk kepintingan politik emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Quote:

Warding off serious attacks in the 16th century (including an occupation by Cesare Borgia in 1503), San Marino survived the Renaissance as a relic of the self-governing Italian city-states.
Bukan punya Italia tapi jadi semacam entitas kota Italia yang punya pemerintahan sendiri.


When Napoleon invaded Italy, he respected the independence of the republic and even offered to extend its territory (1797). The Congress of Vienna(1815), at the end of the Napoleonic Wars, also recognized its independent status.

Dari peristiwa tersebut memang dapat disimpulkan kalau San Marino sendiri sudah jadi entitas yang independen.


During the 19th-century movement for Italian unification, San Marino offered asylum to revolutionaries, among them Giuseppe Garibaldi.


Memang sempat ada usaha untuk melakukan unifikasi dengan Italia.


After Italy became a national state, a series of treaties (the first in 1862) confirmed San Marino’s independence. 

Setelah itu Italia sendiri pun mengakui ke-independen-nan San Marino
profile-picture
profile-picture
profile-picture
merseysidered dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh comrade.frias
lah.. klo pemimpin koruptor langsung bilang..

MANA SEMPAAAT.. KEBURU TELAT.. MANA SEMPAAAT
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
emoticon-Wow
baru tau ane gan, untung nte kasih tau
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Makasih ilmu nya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
pasti negara nya tergantung ama italia karna di kepung ama wilayah italia

dia gak ada lautan nah pasti soal ikan laut bergantung ama italia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
hmm.. unik jugaemoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Wah hebat ya.. Kalo di Indonesia sih jangan deh, bisa ribut terus sepanjang tahun, akhirnya ga ada pembangunan deh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Quote:


Malah jadi lahan berkembangnya flora di Indonesia..
Ada cebong, kampret, berudu, kelalawar, semut rangrang, kadang buntung, dll..



emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan b4perman memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Cuman bentar periodenya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ga mungkin bisa di terapin di sini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Baru mau milih menteri, udahan..
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan b4perman memberi reputasi
Wkwk sistemnya dikocok kaya arisan gitu kah gan , biar adil
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan b4perman memberi reputasi
Gokil sih enam bulan sekali, kek kontrak karyawan baru aja
emoticon-Bingung emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan b4perman memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di