CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Kabar Yamaha R25 Mesin 4 Silinder Akan Beda Nama
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f1af431365c4f71525e0929/kabar-yamaha-r25-mesin-4-silinder-akan-beda-nama

Kabar Yamaha R25 Mesin 4 Silinder Akan Beda Nama

Tampilkan isi Thread
Halaman 3 dari 4
Quote:


Hmm... Kayaknya gak gitu perbandingannya deh. Makin banyak silinder untuk kubikasi mesin yg sama, power juga makin gede.

Contoh cbr 250 1cyl dapet 29PS, cbr250rr dapet 38ps, which is kubikasinya sama tapi power bisa beda sekitar 30%

Kenapa? Karena untuk satu kali siklus, mesin 1 silinder cuma ada 1 langkah kerja. Kalo 2 jadi 2 langkah, dst...

Kalo cuma 1 langkah kerja untuk mesin 4tak, maka akan ada loss power dalam 3 langkah lainnya (hisap, kompresi, dan buang). Loss power disini berdampak di torsi yang naik turun dan gak konsisten. Apalagi pas langkah kompresi yang justru memakan torsi.

Sementara itu mesin multi silinder torsinya lbh konsisten karena pada saat silinder lain tidak melakukan langkah kerja, masih ada silinder lain yang melakukan langkah kerja untuk mengimbangi powerloss.

Nah karena horse power = torsi x rpm, sangat wajar kalo mesin yg torsinya terjaga bisa dapet horsepower lbh tinggi meskipun dalam kubikasi yang sama

Cuma.... Mungkin peningkatan power dari 2 cyl ke 4 cyl gak sesignifikan dari 1 cyl naik ke 2 cyl.

Contoh kasusnya kayak ninja 250 2cyl dapet 28PS sementara yang 4 cyl nyampe 50+
Diubah oleh megatron21
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ganteng
naik motor kaisar yg utk angkut galon..
roda 3 + bisa maju mundur
tuh yamaha xz25r bisa maju Mundur kagak ?
wkwkwkwkk

sedekahin cendolnya bang utk ane emoticon-Blue Guy Cendol (L)
profile-picture
profile-picture
obat.kutu dan obat.jamur memberi reputasi
Sedih sih liat motor besar berat kayak motor balap moto gp tapi masih dibawah 500cc emoticon-Ngakak
Mending vixion di ganti tuh mesinnya.. jd dohc kek.
Memang benar beli second 600 cc 4 silinder memang lebih worth
tapi untuk cita rasa hanya pencinta motor yang tau
Quote:


Hmmm... Logika seharusnya mirip kayak misal ente ndorong mobil.

Kalo ente pakai cara, dorong... Stop... Dorong... Stop... Dorong... Stop. Itu mobil bakal susah bergerak, karena momentumnya hilang dan ente terpaksa dorong lagi dengan kekuatan yg sama dengan awal

Kalo ente pakai cara dorong...dorong...dorong.... Maka tiap dorongan berikutnya bakal lebih ringan dibanding dorongan pertama.

Kalo kita bicara top speed, pengaruhnya banyak. Misalnya total torsinya, limit rpm tertingginya (yang ujung2nya jadi horsepower juga), terus transmisinya, dan bobot kendaraannya berapa.

Torsi biasanya ngaruh di diameter silinder
Sementara limit rpm pengaruhnya di panjang stroke.

Kolaborasi torsi dan rpm jadi horsepower.

Lalu tenaga horsepower itu ditransmisikan ke roda. Nah tergantung diameter roda juga jadinya. Dan jangan lupa powerloss dari sistem mekanisnya (gearbox, rantai)

Kendaraan apapun kalo makin rumit, makin banyak part, makin banyak peminat, dan makin langka barangnya, ya pasti bakalan mahal
emoticon-Ngakak
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kapan yah py motor kaya gini emoticon-Ngacir
Nice....
wadaaaww makin gantenggg ajaniii motor idamna aneee... semova nyusul bisa beli ya gann
Quote:


dann jugaa ada dimana manaaa ya gann ahahahaha
Semoga suatu saat bisa kebeli emoticon-Ngakak
Wowwww.. 4 silinderrr warbyasakkk
KAWASAKI : RR
YAMAHA : RRR
HONDA : RRRR
SUZUKI : RRRRR
mau apapun namanya.. tetep ane blm sanggup beli juga.. hanya bisa mengagumi
Entah..beli pun terasa nanggung, lbh cucok yg 400cc atau yg 600cc emoticon-Shakehand2
gak cocok kalo di pake di jakarta yg macet
biar mhal klau niat, golongan menengah pasti beli, bhkan dijabanin klaun kredit
pertmbhan golongan mengah ini emang naik sihemoticon-Ngakak
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Mahal ya tetep bakal mahal emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

Diameter makin besar memang malah ga bagus. Ngaruh akhirnya di silinder blok yg harus mengkompensasi besarnya tekanan di ruang bakar, jadinya harus lebih tebal. Stang seher yang tunggal juga harus lebih besar juga. Malahan kalo kita telisik lebih rinci lagi, untuk menahan beban 2x lipat, si stang seher ga bisa hanya 2x lebih tebal, tapi juga lebih panjang.

Kalo gak tambah panjang, maka efisiensi mesin menurun karena energi ledakan di ruang bakar justru diterima oleh dinding silinder.

Tapi... Semakin panjang stang seher maka limit rpm akan semakin turun karena piston speed paling banter hanya sekitar 3m/s

Alasan kenapa cbr250 awal tetep ngotot pake 1 silinder sebenernya karena efisiensi bahan bakar. Penambahan jumlah silinder walaupun ruang bakarnya dibagi 2 malah bikin tambah boros. Tapi... Energi meningkat.

Kok bisa? Karena rpm pada mesin multisilinder lebih mudah nanjak. Respon mesin di putaran bawah kerasa lbh yahud. Tapi pemakaian bahan bakar di putaran awal lebih ngocor.

Mangkanya sebenernya mesin multisilinder gak cocok buat dibawa nyantay.

Sesuai analogi 2 orang dewasa vs 4 anak-anak, tambahin lagi asumsinya bahwa orang dewasa makannya dikit sementara 4 anak-anak itu makannya banyak
emoticon-Ngakak
Masih Nunggu
Halaman 3 dari 4


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di