Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tipssehatkuatAvatar border
TS
tipssehatkuat
Saat Kita Stress, Apa yang Terjadi Pada Tubuh?

Saat Kita Stress, Apa yang Terjadi Pada Tubuh?

Setiap waktu, kita bisa saja stress entah karena masalah keuangan, masalah pekerjaan hingga masalah dengan keluarga atau pasangan. Bahkan macet di jalan juga bisa menyebabkan stress. Hal kecil ini ternyata dapat membuat tekanan darah menjadi sedikit naik dan membuat tubuh menjadi stress. Tetapi, lebih baik kelola stress sebisa mungkin karena dampak stress ini begitu banyak dan merugikan kesehatan.

Stress, Apa itu? 

Stress dapat terjadi disebabkan karena perubahan lingkungan yang berada di sekitar kita, hal ini akan membuat tubuh bereaksi dan meresponnya sebagai sebuah bentuk perlindungan. Tubuh bereaksi pada stress dengan cara memberikan respons fisik, emosional dan mental.

Tubuh nantinya bereaksi pada segala hal yang menganggapnya sebagai sebuah bahaya, entah benar-benar membahayakan, atau tidak. Ketika tubuh terancam, di dalam tubuh terjadi reaksi kimia yang memungkinkan Anda untuk mencegah cedera atau respons stress. Jika tubuh sudah merespons stress tersebut, nantinya Anda akan merasa denyut jantung menjadi semakin meningkat, pernafasan menjadi semakin cepat, tekanan darah naik dan otot menegang.


Setiap orang mengalami stress yang berbeda-beda. Apa yang menjadi pencetus stress pada diri Anda, belum tentu orang lain juga bisa merasakannya. Hal ini bergantung dari seperti apa Anda melihat sesuatu yang menyebabkan stress serta cara Anda dalam menangani stress tersebut. stress ringan mungkin tidak menjadi masalah dalam diri Anda, dan tetap bisa membuat Anda menyelesaikan pekerjaan, namun stress yang berat, dapat merugikan kesehatan.

Dampak Stress Bagi Tubuh

Ketika Anda merasa stress, seluruh sistem di tubuh merespons dengan cara berbeda-beda. Bahkan stress kronis bisa memberikan dampak kesehatan secara keseluruhan. Berikut beberapa dampak stress untuk tubuh, antara lain:

Di sistem saraf pusat

Sistem saraf pusat menjadi hal yang paling bertanggung jawab untuk merespons stress ini. Sistem saraf pusat akan menghasilkan respons yang melawan ketika tubuh stress. Ketika kortisol dilepaskan, hati akan menghasilkan banyak gula dalam darah untuk memberi energi tubuh. Bila tubuh tak menggunakan energi tambahan ini, tubuh akan menyerap gula darah kembali dan akhirnya rentan terkena diabetes tipe 2. 

Di sistem pernapasan
Stress akan membuat pernapasan menjadi lebih cepat sebagai sebuah upaya untuk mengalirkan oksigen hingga ke seluruh tubuh. Mungkin hal ini tak masalah untuk banyak orang, namun bagi mereka yang memiliki penyakit asma, napas cepat bisa menyebabkan serangan panik. 

Di sistem kardiovaskular
Ketika mengalami stress akut, detak jantung menjadi semakin meningkat, selain itu pembuluh darah yang menuju ke otot besar serta jantung melebar. Hal inilah yang menjadi penyebab peningkatan volume darah dipompa ke seluruh tubuh serta meningkatkan tekanan darah. 

Bila Anda mengalami stress kronis dalam waktu lama, detak jantung menjadi semakin meningkat dan kadar hormon stress menjadi semakin meningkat sedikit demi sedikit, stress kronis ini nantinya berujung pada serangan jantung, stroke dan hipertensi.

Di sistem pencernaan

Ketika stress, peningkatan pernapasan dan detak jantung dapat mengganggu pencernaan Anda. Mungkin, Anda akan makan dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya. Akhirnya risiko Anda mengalami mual, muntah serta sakit perut akan semakin meningkat. 

Di sistem reproduksi

Stress memiliki pengaruh pada gairah seksual yang Anda miliki, gairah seksual yang Anda miliki bisa semakin menurun saat stress kronis. Biasanya, pria yang dalam keadaan stress malah semakin meningkat gairah seksualnya, namun bila stress berlangsung dalam waktu yang begitu lama, produksi sperma bisa terganggu


Bagaimana dengan wanita? Pada wanita, stress akan mempengaruhi menstruasi, ketika stress, siklus menstruasi menjadi kurang teratur, bahkan bisa saja tak mengalami menstruasi sama sekali. 

Bagaimana Cara Menghindari Dampak Buruk Stress

Cara untuk menghindari dampak stress adalah mengatasinya. Ketika stress melanda, berikut beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan, seperti:

Olahraga



Rutin melakukan olahraga dapat membantu menurunkan stress yang dialami. Olahraga ini akan merangsang tubuh untuk mengeluarkan hormon bahagia, dan dapat membantu memperbaiki suasana hati sehingga stress akan lebih mudah diatasi. 



Pola hidup yang sehat

Menerapkan pola hidup yang sehat sebenarnya bukan hanya bisa memberikan manfaat untuk kesehatan fisik, pola hidup yang sehat ini sangat baik juga bagi kesehatan mental. Anda dapat mengkonsumsi makanan yang sehat dan dapat membantu menenangkan pikiran serta memberikan energi. Bahkan asupan nutrisi dalam tubuh juga bisa ditingkatkan. Mengkonsumsi makanan sehat bisa membuat kita terhindar dari penyakit. 

Meditasi
Bila Anda tak memiliki banyak waktu untuk berlibur, Anda dapat mencoba untuk melakukan meditasi agar stress bisa diatasi. Meditasi atau yoga akan memberikan efek positif untuk kesehatan jiwa serta membuat tubuh menjadi semakin sehat. Melakukan yoga juga akan membuat tubuh menjadi lebih seimbang, dan tenang. 

Baca juga: Acara Dokter Cilik yang Menarik

0
304
2
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan