CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Viral Klepon 'Tidak Islami', Pedagang Klepon di Solo di Serbu Pembeli
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f1e4f472637725e4325fb74/viral-klepon-tidak-islami-pedagang-klepon-di-solo-di-serbu-pembeli

Viral Klepon 'Tidak Islami', Pedagang Klepon di Solo di Serbu Pembeli

Viral Klepon 'Tidak Islami', Pedagang Klepon di Solo di Serbu PembeliViral banyak orang membicarakan klepon ‘tidak islami’ di media sosial tetapi punya dampak positif. Salah satu penjual klepon di Sukoharjo ini malah diserbu oleh pembeli.

Salah satunya adalah dua pedagang lenjongan di pertigaan Tugu KB Dusun Butulan makamhaji Sukoharjo Jawa Tengah. Ada dua Pedagang yang sedang menyajikan makanan tradisional di pertigaan bersama dengan makanan lainnya. Istilah Lenjogan di Solo adalah nama bagi sekumpulan jajanan pasar yang mayoritas terbuat dari singkong.

Terdiri dari berbagai makanan seperti gendar, klepon sawut, jongkong, gatot, getuk, tiwul, cenil, klepon, ketan hitam, ketan putih, dan jagung (atau grontol), Lalu ditaburi parutan kelapa dan gula pasir ataupun gula merah cair di atas lenjongan ini. Klepon menjadi kue yang sedang viral sebagai makanan tidak islami.

Viral Klepon 'Tidak Islami', Pedagang Klepon di Solo di Serbu Pembeli

Padahal makanan tradisional ini sudah ada sejak lama, bahan yang digunakan pun halal, mulai dari tepung ketan dan gula merah serta kelapa parut sebagai topping. Viralnya isu klepon tidak islami itu juga terdengar oleh pedagang lenjongan di tugu KB ini. Salah satunya adalah Dwi Yuliana (38) warga Tirisan, Rt 01 Rw 23 Makamhaji Kartasura Sukoharjo.

"ya enggaklah, masak makanan nggak Islami, malah tambah laris ini. Kemarin siang habis dan ngebel lagi minta nambah setengah kilogram lagi. Biasanya sehari bikin sekitar 1,5 kilogram, kemarin malah tambah setengah kilogram", ujar saat ditemui Detikcom (23/7) di rumahnya.

Anna sebagai penjual makanan tradisional, biasanya menjual klepon dalam satu paket dengan makanan tradisional lain yang disebut dengan lenjongan. Bahan lenjongan yang terdiri dari getuk gula pasir, getuk gula jawa dan yang lainnya. Telah berjualan sejak 15 tahun yang lalu, klepon atau disebut lenjongan dijual dengan harga Rp5.000 per bungkusnya.

Viral Klepon 'Tidak Islami', Pedagang Klepon di Solo di Serbu Pembeli
Banyak yang membeli klepon saja, atau satu paket komplit. Tapi biasanya saya mampu bertahan selama satu hari. Dengan taburan kelapanya dipisah jadi tidak gampang basi”, jelasnya. Berjualan sejak pukul 10 pagi hingga sekitar pukul 13 biasanya sudah habis diborong para pembeli.



 Menurut penjelasan salah satu pelanggan klepon yang sudah sering membeli di tempatnya berada, bahwa isu tentang makanan klepon tidak Islami itu hanya kabar sebuah hoaks saja. "Enggak lah, itu hoaks saja. Orang saya itu kadang sering ke sini. Membeli 3 bungkus biasanya untuk makan sendiri sama keluarga, soalnya klepon itu rasanya enak sih, manis gitu," tutur Marmi, warga Laweyan.


SUMBER
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 9 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Gara gara kebayang sensasi muncrat di mulut, jadinya pengen beli klepon emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Firdaus272 dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
BAD NEWS,, IS GOOD NEWS... emoticon-Embarrassment



prcaya atau tidak..?? prmintaan kue klepon usaha istri saya.. naik drastis... emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Firdaus272 dan 26 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Pecah dimulut gan rasanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Firdaus272 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
penjuall klepon onlinee aja kmren mau pesenn habisss teruusss
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Firdaus272 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
penggiringan opini yg membawa berkah emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Firdaus272 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kalau di sana kleponnya ada macem2 yah, di sini kebanyakan liat yg bulet isi gula merah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Firdaus272 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Iya ayo cepat sebelum diklaim.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Firdaus272 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
klepon itu enak... jajanan trradisional.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Firdaus272 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
berarti kemaren konspirasi kang klepon biar laris, hmmm
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Firdaus272 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
terimakasih ibu irene. emoticon-Imlek
Viral Klepon 'Tidak Islami', Pedagang Klepon di Solo di Serbu Pembeli
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Firdaus272 dan 3 lainnya memberi reputasi
Kadrun goblok makan tai onta aja halal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Firdaus272 dan 3 lainnya memberi reputasi
brengzek harusnya korma yang laku emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Firdaus272 dan 5 lainnya memberi reputasi
bini gua jg minta klepon abis liat tuh viral klepon. Gue yg budeg nyari tukang kue putu skg dimane. Di daerah jakarta barat hampir musnah malem ga ada putu lewat lg emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Firdaus272 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
bisa jadi "klepon tidak islami" itu kampanye marketing tapi pake mode = negatif, jadinya pada laku si klepon

:-D

tapi kenapa laskar ngk pada demo ya, biasanya kalo ada "tidak islami" tapi halal, biasanya mereka langsung gass polll
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Firdaus272 dan 4 lainnya memberi reputasi
Klepon langka..
Saatnya senin harga naik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Firdaus272 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Borong klepon....!!!!

emoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Firdaus272 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Gw akui kurma emang enak sih, tp klepon jauh lebih enak drpd kurma, sensasi pas crot di mulut itu rasanya alamakjang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Firdaus272 dan 5 lainnya memberi reputasi
pesan moral: Tradisional tak bisa dikalahken emoticon-I Love Indonesia (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
37sanchi dan 5 lainnya memberi reputasi
Tolong untuk daftar jajanan tradisional yang tidak islaminya ditambah, biar tambah laku jajanan tradisional dan para generasi sekarang pada tahu jajanan tradisional itu banyak banget macamnya dan enyak-enyak...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Firdaus272 dan 6 lainnya memberi reputasi
klepon tuh enak ... klo sudah kegigit di mulut, hmmm muncrat itu anu gula merahnya emoticon-Wowcantik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Firdaus272 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di