CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Lifestyle /
Siapa Dalang Pembuat Tahu Bulat Sebenarnya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f1b39ce28c9914c9560984f/siapa-dalang-pembuat-tahu-bulat-sebenarnya

Siapa Dalang Pembuat Tahu Bulat Sebenarnya

Siapa Dalang Pembuat Tahu Bulat Sebenarnya


Saat banyak judul tulisan mengusung nama kelepon, tapi saya nekat nulis soal tahu. Karena menurut saya dari dulu kelepon itu ya bulet, tekstur dan isinya pun begitu dari dulu. Tak ada yang ambigu dari makanan yang warna khas nya ijo ini, dan bagian luarnya pun masih taburan kelapa bukan berganti wijen kayak onde-onde.

Tapi berbeda dengan tahu bulat, Mengapa?, Karena jelaslah tahu kan bentuknya kotak dari dulu, entah siapa sebenarnya otak dibalik dalang metamorfosis tahu yang tadinya kotak tiba-tiba menjadi bulat ini.

Nama atau kata tahu bulat ini seakan mendobrak tatanan faham dan keyakinan masyarakat Indonesia terhadap makanan khas tradisionalnya. Bayangkan saja saat mendengar kata tahu, yang muncul di otak kita adalah bentuk kotak kan?. Tapi nama ini mengusung essensi bentuk lain dari normalnya tahu, yaitu 'TAHU BULAT".

Jadi tak heran jika di awal kemunculan jajanan atau makanan dengan genre bentuk baru ini sangat menyita perhatian dan laris manis di pasaran. Tahu yang semula dominan dengan kotak tiba saja menjadi bulet atau bulat, tak hanya itu bagian dalamnya pun berasa karena ada unsur bumbu. Kalau tahu original alias tahu kotak kan yang berasa bumbu hanya bagian luar saja. Tapi ini beda karena tahu bulat di buat dengan menghancurkan tahu yang tadinya kotak kemudian di tambahkan beberapa bahan baru dan bumbu lalu di bikinlah itu bentuk baru, yaitu bulat.

Malah di sebagian wilayah ada hal yang lebih mengejutkan lagi, karena saat tahu bulat ini digigit ternyata didalamnya ada telurnya. Sungguh tak seperti tahu goreng pada umumnya kan.

Menurut sampean, ataukah apakah anda tahu, dari mana muasal perkara ini di mulai?. Jujur saya ngertinya saat makanan ini (tahu bulat) sudah nangkring di top list 10 besar jajanan siap makan di pasar, warung atau pedagang asongan. Dan saya pun tak menepis kalau itu memang enak. Namun masalahnya disini bukan soal enaknya, melainkan soal perubahan bentuknya ini loh.

Jadi jika dari agan-agan sekalian ada yang tahu kronologi lengkap dari munculnya tahu bulat ini tolong infokan di kolom komentar, atau bahkan lebih baik lagi jika kaskuser disini ada yang tahu siapa dalang pemilik ide dari gerakan tahu kotak menjadi tahu bulat ini, segeralah komentar atau PM akun saya ya.

Jadi soal kelepon abaikan saja, karena saya kira masalah tahu bulat ini lebih layak di perbincangkan. Sebab tahu yang dirasa kodratnya adalah kotak, tiba-tiba saja memproklamirkan wujud barunya yaitu bulat. Dan saya yakin kalian mengakui kan kalau tahu adalah salah satu makanan khas ala indonesia.


Sumber : Opini pribadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
salilasa dan 5 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
wkwkwk hits pada jamannya banget yaa, tapi tahu bulat emang enak sih apalagi tambah micin
profile-picture
neymevlevi memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
wah...itu jajanan favorit anak ane tuh. kli sdah suruh buatkan tahu bulat jgn ditnya dihabisin sndri tuh
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan neymevlevi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ane kenalnya tahu bulat ya sejak merantau kejakarta, enak sih rasanya apalagi digoreng dadakan anget anget dikasih bumbu cabe beuhhh mantapp deh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
tahuu bulat, digoreng, dadakan, lima ratusan,

aku tau tahu bulat pas di garut. di tempat tinggal sebelumnya, aku blm permah liat yg jualan tahu bulat
profile-picture
neymevlevi memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
sekarang kok udah jarang yang jual ya? udah abis masanya kali ya
profile-picture
neymevlevi memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Kalo gak salah awalnya sekitar jawa barat, delapan tahun silam
profile-picture
profile-picture
gojira48 dan neymevlevi memberi reputasi
Diubah oleh merseysidered
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Quote:


apa cuma gw sampe bertahun2 mikir keras gimana caranya tahu mentah bentuknya bulat gitu dan kopong di tengah

eh gara2 tahun 2019 gw naik kereta ke Malang diputer2 terus itu video chef bikin tahu bulat baru tempe gw ternyata bikin tahu bulat itu kaya bikin adonan kue, hahahaha
profile-picture
neymevlevi memberi reputasi
Agak kecewa dgn keberadaan tahu bulat digoreng dadakan dijual lima ratusan..

Ekspektasi saya awalnya itu tahunya full (sprti tahu goreng biasa) dan rasanya mantap. tp ketika udah beli dan digigit, ternyata dalamnya kosong..mirip seperti ban dalam.emoticon-Cape d...
profile-picture
neymevlevi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
tahu bulat mah dari jaman ane kecil sudah ada, tapi tahu bulat ibu ane itu gak kopong tengahnya, tahunya diancurin dikasi bumbu terus dibikin model spt pentol, kalo tahu bulat yg sekarang memang tahu yg sudah didesain bunder der tengahnya kopong, kalo ane seh dari dulu sdh familiar tahu bulat yg dimodel pentol buatan ibu
profile-picture
profile-picture
iwans2372 dan neymevlevi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
micinnya poooolll emoticon-Ngakak mantab gurihnya
profile-picture
neymevlevi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Tahu bulat banyak dijajakan pedagang dr daerah jawabarat. Didaerah ane aja yg jual pake mobil itu ya pedagang2 dr jawabarat. Padahal letak kampung ane di jatim. Mungkin bisa dilacak kesana ke jawabarat gan. Sapa yg bikin viral tahu bulat ini.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Apakah penganut bumi datar lebih suka dengan tahu bulat dibandingkan dengan tahu datar? emoticon-Bingung
profile-picture
neymevlevi memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
tahu bulat itu sama kaya tahu pong. Bedanya bentuknya aja.
profile-picture
neymevlevi memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
dulu waktu ane kecil mama ane sering bikin tahu bulat
Masih suka tahu sumedang gans..
Gurih nya mantull
profile-picture
profile-picture
kiki85sbg dan Remif memberi reputasi
kaya mkn kerupuk

gw kira apaan
Kabarin jg gan klo udh tau knp tahu bulat digorengnya dadakan
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
sdh ada blm tahu segitiga ya hahaha, yg pasti jika mau usaha dan sukses kerja giat bikin ide orsinil, dan tentunya berdoa
profile-picture
profile-picture
snoopze dan neymevlevi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
sedang menunggu kali aja ada yg buat tahu segitiga sama kaki.

emoticon-Toast
profile-picture
neymevlevi memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
ane pertama kali jajan tahu bulat sekitar tahun 2007, di toko tepat depan pabrik pembuatannya, lokasinya di Ciamis....banyak tetangga ane yang merantau jualin tahu bulat ke kota lain bahkan ke provinsi lain (tahu mentahnya dibawa dari Ciamis tiap minggu), contohnya yg ane tau, semarang, cirebon, kuningan, bogor
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dieq41 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di