CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kondangan, Amplop Langsung Dibuka Didepan Tamu! New Normal Hajatan Kembali Normal!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f1b617b09b5ca03236f8238/kondangan-amplop-langsung-dibuka-didepan-tamu-new-normal-hajatan-kembali-normal

Kondangan, Amplop Langsung Dibuka Didepan Tamu! New Normal Hajatan Kembali Normal!

Kondangan, Amplop Langsung Dibuka Didepan Tamu! New Normal Hajatan Kembali Normal!


Kondangan, Amplop Langsung Dibuka Didepan Tamu! New Normal Hajatan Kembali Normal!

New Normal, Hajatan kembali Normal Tumpah Ruah di bulan Juni-Juli, Bagaimana Menyikapinya? Undangan menumpuk Gan Sist.

Begitu pemerintah mengumumkan New Normal, mereka pikir semuanya kembali normal. Seperti orang-orang yang hendak mengadakan hajatan pernah tertunda akhirnya mengambil bulan Juni dan Juli untuk mengadakan hajatan.

Kondangan, Amplop Langsung Dibuka Didepan Tamu! New Normal Hajatan Kembali Normal!

Banyak sudah undangan Ane terima, baik dari sanak saudara, kenalan bahkan orang yang nggak begitu kenal ngasih undangan juga. Ada yang sampai pusing tujuh keliling menghadapi banyaknya undangan, mulai undangan pernikahan, sunatan dan juga undangan mbangun rumah, gile bener banyak kali undangannya.

Memang begitulah adanya, apalagi yang tinggal di pedesaan, ada istilah nyumbang jor-joran. Kalau nyumbang itu seharusnya ikhlas ya Gan Sis, tapi tradisi nyumbang di sini jauh dari kata ikhlas, wong nyumbangnya dikasih catatan gitu. Lho kok? Iya ada juru tulis tersendiri yang mencatatnya. Jadi jangan seneng dulu kalau dapat uang banyak dari sumbangan, karena mungkin saja sebentar lagi juga harus mengembalikan uang sumbangan itu.

Kondangan, Amplop Langsung Dibuka Didepan Tamu! New Normal Hajatan Kembali Normal!


Para penyumbang juga kudu antri untuk menyerahkan amplop pada tuan rumah.

Kondangan, Amplop Langsung Dibuka Didepan Tamu! New Normal Hajatan Kembali Normal!


Quote:


Amplop langsung dibuka di depan tamu

Kondangan, Amplop Langsung Dibuka Didepan Tamu! New Normal Hajatan Kembali Normal!


Beneran, kalau di sini hajatan nyembelih kerbau, itu kalau nyumbang amplopnya langsung di buka di depan orang yang nyumbang, nanti langsung dikasih oleh-oleh potongan daging yang sudah dibungkus daun jati dan daun kelapa.

Kondangan, Amplop Langsung Dibuka Didepan Tamu! New Normal Hajatan Kembali Normal!


Kondangan, Amplop Langsung Dibuka Didepan Tamu! New Normal Hajatan Kembali Normal!


Kondangan, Amplop Langsung Dibuka Didepan Tamu! New Normal Hajatan Kembali Normal!


Mungkin di sebagian daerah itu kurang etis, karena biasanya amplop itu dimasukan ke dalam tong, atau dikasihkan tuan rumah tapi membukanya di dalam, kalau di sini enggak. Jadi yang nyumbang banyak atau sedikit ya langsung ketahuan.
Kalau nggaknyumbang "malu" kalau ketemu orang yang bersangkutan.

Bagaimana ketika pandemi begini hajatanya? Nggak jauh beda sih. Kadang lihatnya miris juga, nggak pakai masker, biasa saja normal-normal saja.
Pokoknya hajatan kembali hajar. Karena mereka punya prinsip, sudah nyumbang ya harus kembali uangnya. Sudah menebar tinggal panen.
Tapi Ane sih punya prinsip, nyumbang sekedarnya, yang penting tidak bikin pusing kepala, jangan sampai buat nyumbang, ngutang lagi.

Bagaimana Agan Sista semua, tradisi hajatan di tempat Agan sista semuanya? Adakah yang sama seperti di tempat Ane. Yang penting nyumbang!
Okey deh Gan Sist sampai di sini Thread Ane tentang hajatan, mari diskusi santai.
Bagaimana hajatan di tempat Agan Sista semua?


Kondangan, Amplop Langsung Dibuka Didepan Tamu! New Normal Hajatan Kembali Normal!


Opini pribadi
Sumber gambar dok.pri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh trifatoyah
Halaman 1 dari 3
Musim kondangan kembali lagi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
miniadila dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Bagaimana tradisi nyumbang di tempat Gan Sist?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
miniadila dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ada yang sampai berhutang buat nyumbang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
miniadila dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Nyumbangnya dapat oleh-oleh daging kerbau gitu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
miniadila dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Wah banyak juga nyumbangnya ya, amplopnya dibuka langsung gitu?
profile-picture
profile-picture
miniadila dan trifatoyah memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Musim kondangan udah mulai lagi,
profile-picture
profile-picture
miniadila dan trifatoyah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ya ampun masa dibuka langsung sih amplopnya. Kalo ditempat aku sih ya gitu biasanya nyumbang sesuai dia keutangan dulu gt istilahnya bun. Tapi ada juga yg nakal kasih amplop kosong cuma mau numpang makan aja

Kadang ada juga yg ga balikin amplop lagi. Padahal kalo sewaktu waktu ketemu orangnya kan malu ya ga balikin lagi. Tapi kalo langsung dibuka di depan tamu gimana gitu yah.

Tetangga aku yg orang cirebon juga gitu bun cerita kalo nominal sumbangan yg harus dikasih ditulis di kartu undangan. Kalo aku sih agak risih yah kalo begitu. Ya mkn emang udah adatnya disana begitu yah.

Kalau disana biasanya potong sapi, kalau bukan sapi dianggap kurang mampu . Ngundangnya juga banyak banget kan kalo dikampung.
profile-picture
profile-picture
miniadila dan trifatoyah memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Kata disubang, amplop lngsung dibuka dab diumumkan
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
Quote:
ampunn deh ya ini, tapi emang udah adatnya di situ begitu ya? Mau gimana lagi
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Masih seperti biase. Betewe bagus juga keak gitu. Kadang ada juga yang jahil kasih amplop kosong kan, yaa
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 28 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 28 balasan
Wkwkwkw...
Tradisi yg kudu dilestarikan gan!

#DIBATA!
profile-picture
profile-picture
wimalizer dan trifatoyah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kalo ane gan,bodo amat,nyumbang semampunya,yg penting ikhlas dan ngga memberatkan,mo di buka di depan kita,ato dikasih nomor di amplopnya,cuek aja gan..
daripada kita kgk dateng kan??
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ini kayak di tempat adik saya, Pati
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
ke savage.. eh maksud saya kearifan lokal.. emoticon-Blue Guy Smile (S)

orang kita memang sopan dan santun menjaga tata krama.. emoticon-Angel
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Quote:

Yang penting dateng menuhin undangan ya
Quote:


Oh gitu yo emoticon-tempted
Buset ampe segitu nya 🤣
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Itu nyumbang dibuka dan dicatet... Gunanya bila kelak si penyumbang melakukan hajatan juga... Dibalikin sebesar dia nyumbang dulu...

Konsepnya bagus... Gotong royong....
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Yang hajatan kebo tadi kek jual beli daging ye jadinya sesemoticon-Ngakak (S)
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
hadeh itu acara senang2 apa acara peduli sosial, bersyukur keluarga saya gak sampai segitunya, nanti kalau nikah jangan sampai dah naruh kotak amal di dekat penerima tamu, karena niatnya berbagi kebahagiaan sama orang lain bukan cari untung emoticon-Malu (S)
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
wah...yg kasi kecil ketauan donk emoticon-Wakaka emoticon-Hammer2
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di