CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Kebingungan Penyusup Belanda Ke Islam Jawa
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f1b4fdef4d6956b9452505c/kebingungan-penyusup-belanda-ke-islam-jawa

Kebingungan Penyusup Belanda Ke Islam Jawa


Kebingungan Penyusup Belanda Ke Islam Jawa

Jaman dulu ada di saat Indonesia masih menjadi jajahan Belanda, ada orang Belanda namanya Snouck Hurgronje. Dia ini hafal Alquran, Sahih Bukhori, Sahih Muslim, Alfiyyah Ibnu Malik, Fathul Mu’in , tapi tidak islam, sebab tugasnya menghancurkan Islam Indonesia.


Mengapa? Karena Islam Indonesia selalu melawan Belanda. Sultan Hasanuddin, santri. Pangeran Diponegoro atau Mbah Abdul Hamid, santri. Sultan Agung, santri. Mbah Zaenal Mustofa, santri. Semua santri kok melawan Belanda.


Akhirnya ada orang belajar secara khusus tentang Islam, untuk mencari rahasia bagaimana caranya Islam Indonesia ini remuk. Snouck Hurgronje masuk ke Indonesia dengan menyamar namanya Syekh Abdul Ghaffar. Dia belajar Islam, menghafalkan Alquran dan Hadis di Arab. Maka akhirnya paham betul Islam.


Hanya saja begitu ke Indonesia, Snouck Hurgronje bingung: mencari Islam dengan wajah Islam, tidak ketemu. Ternyata Islam yang dibayangkan dan dipelajari Snouck Hurgronje itu tidak ada.


Mencari Allah disini tidak ketemu, ketemunya Pangeran. Ketemunya Gusti. Padahal ada pangeran namanya Pangeran Diponegoro. Ada Gusti namanya Gusti Kanjeng. Mencari istilah shalat tidak ketemu, ketemunya sembahyang. Mencari syaikhun, ustadzun , tidak ketemu, ketemunya kiai. Padahal ada nama kerbau namanya kiai slamet. Mencari mushalla tidak ketemu, ketemunya langgar.


Maka, ketika Snouck Hurgronje bingung, dia dibantu Van Der Plas. Ia menyamar dengan nama Syekh Abdurrahman. Mereka memulai dengan belajar bahasa Jawa. Karena ketika masuk Indonesia, mereka sudah bisa bahasa Indonesia, bahasa Melayu, tapi tidak bisa bahasa Jawa.


Begitu belajar bahasa Jawa, mereka bingung, strees. Orang disini makanannya nasi (sego). Snouck Hurgronje dan Van Der Plas tahu bahasa beras itu, bahasa inggrisnya rice, bahasa arabnya ar-ruz .


Yang disebut ruz, ketika di sawah, namanya pari, padi. Disana masih ruz, rice. Begitu padi dipanen, namanya ulen-ulen, ulenan. Disana masih ruz, rice. Jadi ilmunya sudah mulai kucluk , korslet.


Begitu ditutu, ditumbuk, digiling, mereka masih mahami ruz, rice , padahal disini sudah dinamai gabah. Begitu dibuka, disini namanya beras, disana masih ruz, rice . Begitu bukanya cuil, disini namanya menir, disana masih ruz, rice. Begitu dimasak, disini sudah dinamai sego , nasi, disana masih ruz, rice.


Begitu diambil cicak satu, disini namanya

upa, disana namanya masih ruz, rice. Begitu dibungkus daun pisang, disini namanya lontong, sana masih ruz, rice. Begitu dibungkus janur kuning namanya ketupat, sana masih ruz, rice. Ketika diaduk dan hancur, lembut, disini namanya bubur, sana namanya masih ruz, rice.


Inilah bangsa aneh, yang membuat Snouck Hurgronje judeg, pusing.

Mempelajari Islam Indonesia tidak paham, akhirnya mencirikan Islam Indonesia dengan tiga hal. Pertama, kethune miring sarunge nglinting (berkopiah miring dan bersarung ngelinting). Kedua, mambu rokok (bau rokok). Ketiga, tangane gudigen (tangannya berpenyakit kulit).


Cuma tiga hal itu catatan (pencirian Islam Indonesia) Snouck Hurgronje di Perpustakaan Leiden, Belanda. Tidak pernah ada cerita apa-apa, yang lain sudah biasa. 



Sekian gan, terima kasih udah ngebaca post ane semoga menambah wawasan.



profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
emoticon-Ngakak. Belom kenal domir makin puyengemoticon-Ngakak. MengkonoMengkonoMengkonoemoticon-Ngakak
Diubah oleh flothermow
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kethune mireng sarung e nglinting 😂, ane ngakak gan bacanya 😅
Islam jawa hahaha,....
nyleneh sih,...jaman gw kecil dulu tiap ada orang melahirkan orang2 tua pada ngumpul pakai sarung lengkap dengn peci, bukan ngaji tapi malah maen dadu hahahaha.....
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
hah? apa hububganny ama nasi dll.
agak bingung baca bya
Quote:


maksudnya gini, kebudayaan Islam di Jawa berbeda jauh dengan kebudayaan Islam global yang ada di Timur Tengah, khususnya di tempat Snouck belajar, yaitu Makkah. dia menemukan tradisi yang berbeda jauh di Jawa, karena Islam berakulturasi dengan kearifan lokal di Jawa, sesuatu yang anomali kalo di Timur Tengah dimana Islam dibedakan dengan kearifan lokal.

sebenernya sih bukannya Snouck gak ngerti kebudayaan Islam di Jawa, tapi dia menemukan sebaliknya, santri-santri tradisional di Jawa mengedepankan kehidupan asketik (zuhud) daripada politik, sehingga Snouck tidak melihat mereka sebagai ancaman politik bagi pemerintah kolonial.

btw gelar Snouck itu "khawajah" (Khwaja), setara dengan "syaikh" dari Makkah dan itu bukan sembarangan, artinya Snouck benar-benar memahami kebudayaan Islam, mulai dari tradisi doktrin, pengajaran, hingga sistem. sebelum ke Indonesia, bisa dibilang Snouck adalah salah seorang pakar Islam terbaik dari Barat (meskipun menurutku sih dia belum cukup tajam bila dibandingkan Ignaz Goldziher karena dia hanya fokus pada kebudayaan).
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan mbd22 memberi reputasi
Diubah oleh tyrodinthor
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Snouck Hurgronje, bapaknya hukum adat ya ini. emoticon-Malu
mana sumbernye Om?


emoticon-Traveller
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
yg dibingungin snock cuma masalah bahasa. Wajarlah... Dia ga ngerti...
profile-picture
red.bezos memberi reputasi
Snouck ini ke Jawa atau ke Aceh sih? Apa mungkin dia pernah mempelajari budaya jawa sebelum ke aceh? emoticon-Bingung
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di