Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

hpykurniaAvatar border
TS
hpykurnia
Apakah Albert Einstein Ada Dibalik Bom Atom Hirosima dan Nagasaki ?
Hi Agan-agan, kali ini ane mau ngebahas sejarah besar yang mempengaruhi peradaban di dunia. Salah satunya adalah pengeboman Hirosima dan Nagasaki di Jepang oleh sekutu pada tanggal 6 Agustus 1945 dan tanggal 9 Agustus 1945. Peristiwa ini berdampak menewaskan 90.000–146.000 orang di Hiroshima dan 39.000–80.000 di Nagasaki. Kurang lebih separuh korban di setiap kota tewas pada hari pertama.

Apakah Albert Einstein Ada Dibalik Bom Atom Hirosima dan Nagasaki ?
Pict by : ceknricek.com

Sedikit mengingatkan kembali mengenai awal mula pengeboman dua pulau di Jepang ini yang di sebabkan Jepang tidak setuju akan hasil keputusan perang dunia 1 yang menyatakan bahwa negara-negara barat yang mendominasi tatanan dunia. 
Para pemimpin dan rakyat Jepang merasa Jepang sudah ditakdirkan memimpin Asia. Jepang berhak atas sumber daya alam yang berlimpah ruah di Asia, yang saat itu berada di bawah kekuasaan Amerika Serikat, Inggris, Belanda, dan negeri Barat lainnya. Lalu tanpa adanya deklarasi, pada tanggal 7 Agustus 1941 Jepang mengebom Pearl Harbor. Amerika kaget dan merasa di khianati padahal pada saat itu Jepang sedang mengusahakan diplomasi perdamaian dan akhirnya Amerika Serikat menjatuhkan bom atom pada tanggal 6 Agustus 1945 di pulau Hirosima dan di pulau Nagasaki pada tanggal 9 Agustus 1945.

Nah itu flashback sejarahnya ya Gan. Nah sekarang ane mau bahas siapa di balik pembuatan bom atom tersebut yang dapat memusnahkan banyak orang yang nggak tau apa-apa.

Banyak banget informasi bahwa penemu bom atom tersebut adalah yang empunya rumus relativitas yang terkenal, yaappzzz Mbah Albert Einstein dengan rumus E=m.c[sup]2[/sup]
Memang benar rumus Relativitas tersebut adalah landasan utama dalam pembuatan bom atom tersebut namun peran Einstein sangat kecil dalam pembuatan bom atom tersebut karena tidak secara langsung terjun dalam pembuatan bom atom tersebut. 
Kemudian Einstein memberikan surat kepada presiden Amerika ke 32 Franklin Delano Roosevelt bahwa pihak Nazi sedang dalam proyek pembuatan bom atom sebagai senjata baru yang kuat. Karena surat dari Einsten  tersebut, maka pihak Amerika Serikat membuat proyek yang dinamakan 'Proyek Manhattan' dengan anggota Robert Oppenheimer dan 3.000 ilmuan fisika lainnya. 

Robert Oppenheimer  adalah orang yang bertanggung jawab atas Proyek Manhattan dalam pembuatan bom atom dan juga desain bom tersebut dengan menggunakan rumus Energi Albert Einstein yang terkenal E=m.c[sup]2 [/sup]
Setahun sebelum Proyek Manhattan diluncurkan, Robert Oppenheimer sudah meneliti kecepatan neutron dan seberapa banyak material yang di perlukan untuk pembuatan suatu bom atom.

Setelah bom atom selesai di buat dan di jatuhkan di Hirosima dan Nagasaki pada tahun 1945 Robert Oppenheimer pun menyesal dan mengkampanyekan bom atom untuk kedamaian.

Nah, begitu Gansist, jadi bom atom memang berlandaskan dari rumus relativitas yang diciptakan Einstein namun dalam pembuatan dan desainnya, yang berperan besar adalah Robert Oppenheimer.

Semoga menambah wawasan ya emoticon-Smilie

Kurang lebihnya mohon maaf dan terima kasih emoticon-Smilie

emoticon-Toast
keenan09
sheedzzz
basqi
basqi dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.3K
12
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan