Kaskus

Automotive

salamsetirkiriAvatar border
TS
salamsetirkiri
Selain Motor Sport, Ternyata MV Agusta Juga Punya Motor Roda 3

Ngomongin motor sport dengan kubikasi mesin yang besar, salah satu nama yang bisa dikesampingan adalah MV Agusta. Brutale 1000 RR atau Superveloce menjadi nama yang cukup terkenal dari jejeran motor MV Agusta. Namun, ternyata dibalik gaharnya motor – motor bikinan produsen asal Italia tersebut, mereka pernah bikin motor roda 3. Uniknya motor tersebut berdesain mirip bajaj.

Dari akun Instagram MV Agusta diungkap kalau motor tersebut pertama kali dibikin pada masa perang dunia II. Kala itu Italia lagi mengalami masa – masa sulit dan banyak orang yang butuh kendaraan multifungsi yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. MV Agusta menanggapi kondisi tersebut dengan menelurkan motor roda tiga 98 Motocarro. Motor ini memiliki kapasitas angkut 250 kg. Motor ini dibangun pada tahun 1946, setahun setelah sepeda motor pertama MV 98 muncul. Hmmm...berarti pabrikan ini udah lama juga ya GanSis...

 Selain Motor Sport, Ternyata MV Agusta Juga Punya Motor Roda 3

Motor roda 3 pertama MV Agusta ini memiliki mesin 98 cc dengan satu silinder dua tak. Motor ini mempunyai platform kargo berbahan kayu yang diposisikan di bagian depan pengemudi. Tahun 1949, Motocarro 98 diperbaharui dengan mesin 125 cc dan transmisi 4 percepatan.

Pada tahun 1954, MV Agusta kembali mengenalkan motor roda 3 mereka. Kali ini diberi nama 175 Motocarro. Berbeda dengan pendahulunya, motor ini memiliki bak kargo berbahan logam yang diletakkan di bagian belakang pengemudi. Motor ini memiliki mesin 172,3 cc.

 Selain Motor Sport, Ternyata MV Agusta Juga Punya Motor Roda 3

Selang empat tahun, tepatnya pada 1958, peran 175 Motocarro digantikan oleh skuter kargo 150 Centauro RF (Rapido Furgone). Motor roda tiga ini memiliki bobot 350 kg dan digerakkan dengan mesin 4 langkah bertenaga 7 dk. Sesuai dengan namanya, motor ini memiliki mesin berkapasitas 150,1 cc. Model ini lumayan sukses di pasaran, sekitar 4.160 unit berhasil terjual.

 Selain Motor Sport, Ternyata MV Agusta Juga Punya Motor Roda 3

Pada tahun 1961, skuter roda tiga ini mendapatkan facelift dan berganti nama menjadi 150 Centauro RFB. Perubahan ini tidak hanya mendongkrak penampilan, namun juga membuat mesin lebih bertenaga. Model ini diproduksi sepanjang 1961 hingga 1965 dan terjual 1.610 unit.

Model roda tiga MV Agusta selanjutnya adalah Trasporto Tevere, yang masuk lini produksi pada 1960. Motor ini bertenagakan mesin 9 dk dengan volume silinder 232 cc. Motor ini bisa membawa beban hingga 700 kg. 



turkusumaAvatar border
forwader.indoneAvatar border
tien212700Avatar border
tien212700 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.5K
14
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan