CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / UKM /
Cara Berbisnis Sukses dengan Modal Kecil yang Wajib Anda Tahu
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f11514f5cf6c473b66a70b2/cara-berbisnis-sukses-dengan-modal-kecil-yang-wajib-anda-tahu

Cara Berbisnis Sukses dengan Modal Kecil yang Wajib Anda Tahu


Menjadi pengusaha sukses adalah cita-cita setiap orang baik tua maupun muda, apalagi jika mengetahui ada banyak cara berbisnis sukses dengan modal kecil. Banyak yang memilih menjadi wirausaha dibandingkan bekerja kantoran, dikarenakan memiliki usaha sendiri bisa menghasilkan pendapatan yang lebih.

 

Namun untuk membangun usaha perlu perjuangan, tidak semudah mengatakannya, karena ada banyak hal yang harus Anda siapkan terutama modal usaha. Hal ini jangan membuat Anda ragu dalam memulai usaha, karena pada kenyataannya banyak usaha dengan modal pas-pasan bisa sukses dan memberikan omset yang besar.

 

Selain modal, hal yang juga penting dalam menerapkan cara berbisnis sukses dengan modal kecil adalah memiliki keberanian, ide kreatif dan keunikan, wajar jika banyak pemuda yang ingin menekuni dunia bisnis karena jiwa mereka yang masih sangat bersemangat.

 

Apa saja cara berbisnis sukses dengan modal kecil yang perlu Anda ketahui? Semuanya akan kami sampaikan di dalam artikel ini, maka dari itu simak artikel ini sampai habis.

 

1. Kreatif dan Inovatif

 

Seorang yang memiliki bakat pebisnis biasanya tidak takut dalam mengambil risiko dan berani mencoba hal baru demi inovasi bisnisnya. Mereka juga akan mengubah segala kekurangan menjadi sebuah peluang yang menguntungkan. 

  

Seorang pengusaha harus mampu memberikan ide-ide kreatif serta gampang mencari solusi sendiri untuk berbagai urusan. Ingat kreatif serta memiliki keberanian untuk tampil beda dan inovasi produk dibutuhkan dalam mempertahankan dan mengembangkan usaha.

 

2. Pilih Usaha yang Ditekuni

 

Pilihlah bisnis yang sesuai dengan hobi dan passion Anda. Dengan begitu Anda akan menguasai tentang kelebihan dan kekurangan bisnis tersebut serta merasa nyaman menjalaninya.

 

Jenis usaha yang dipilih juga akan menentukan modal yang harus dikeluarkan. Anda harus selektif dalam memilih jenis usaha yang akan ditekuni. Misalnya Anda hobi masak, maka Anda bisa usaha mendirikan katering, atau hobi jalan-jalan bisa buka jasa tour guide, fotografer dan banyak lainnya.

 

3. Lakukan Riset Pasar

 

Sebagai pengusaha Anda harus bisa melihat peluang usaha, sebelum melakukan usaha sebaiknya Anda meriset pasar secara mendalam. Seperti usaha kuliner pinggir jalan, salah satu contohnya menghidangkan menu-menu makanan olahan tertentu yang kekinian dan hits.

 

Riset pasar akan menentukan pesaing yang memiliki usaha yang sama. Dari hasil riset tersebut Anda bisa mendapatkan referensi tentang apa yang sedang diminati orang-orang, jenis usahanya, cara mengelolanya dan bagaimana cara bertahan di tengah banyaknya pesaing.

 

4. Manfaatkan Sosial Media

 

Untuk melakukan promosi secara gratis dan menghemat modal yang dikeluarkan, Anda bisa menggunakan sosial media. Dengan kecanggihan teknologi ini Anda juga bisa menjangkau kalangan yang ingin ditarget semakin luas.

 

Saat ini media sosial merupakan salah satu sarana yang paling efektif dalam melakukan promosi, apalagi di era digital ini. Cobalah mengunggah dengan gambar-gambar yang menarik secara visual dan berikan promo-promo setiap harinya, dijamin akan banyak orang-orang yang datang karena penasaran ingin mencoba.

5. Tentukan Lokasi Bisnis

 

Lokasi merupakan aspek penting dalam melakukan usaha. Dengan memilih lokasi yang ramai dapat membuat usaha lebih cepat berkembang. Namun semakin strategis lokasi semakin tinggi tarif sewanya, hal ini yang menjadi kendala bagi orang yang memiliki modal pas-pasan.

 

Namun Anda tidak perlu khawatir karena bisa menyiasatinya dengan memanfaatkan ruangan di sekitar rumah seperti garasi. Bahkan dengan memberikan layanan delivery. Sehingga bisa bisa mengurangi modal yang harus dikeluarkan, cukup menambah pengeluaran untuk BBM yang tentunya tidak akan sebesar modal sewa toko.

 

6. Meminimalisir Pengeluaran

 

Memanfaatkan peralatan yang dimiliki untuk meminimalisir pengeluaran. Bisa juga menggunakan barang second yang masih layak pakai. Tentunya biaya yang dikeluarkan tidak sebesar jika Anda membeli barang baru.

 

7. Pandai Mengelola Keuangan

 

Dengan modal pas-pasan tentunya harus pandai dalam mengelola keuangan. Anda harus memiliki perhitungan modal yang harus dikeluarkan untuk usaha. Lakukan perhitungan seteliti dan sehemat mungkin.

 

Sebaiknya buatlah daftar rencana belanja secara lengkap dan terperinci, agar nantinya tidak salah langkah membelanjakan modal usaha. Hindari jangan sampai membeli barang yang tidak begitu penting dalam usaha.

 

8. Tak Perlu Merekrut Karyawan

 

Anda bisa melakukan usaha dengan cukup mengandalkan kemampuan yang Anda miliki. Misalnya Anda memiliki kemampuan memasak, Anda bisa bisnis masakan rumahan sendiri tanpa harus merekrut pegawai.

 

Pada saat awal memulai usaha Anda bisa melibatkan orang-orang disekitarmu seperti suami, anak, adik ataupun kakak untuk membantu usaha itu. Karena dengan mengajak orang-orang yang terdekat, mereka tidak akan banyak menuntut kepada Anda.

 

9. Pandai Mengatur Waktu

 

Pengelolaan waktu sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis, apalagi setiap harinya para kompetitor selalu memiliki target dan inovasi-inovasi yang baru. Menggunakan waktu secara efisien dan efektif akan menguntungkan bagi seorang pengusaha.

 

Diperlukan juga untuk membuat rencana atau timeline selama satu bulan ke depan mengenai apa saja yang harus dilakukan dan ditargetkan agar tidak ada waktu yang terbuang begitu saja.


kami dari CARESSEN CHESSTER memintakan kesempatan baik dgn keterlibatan female investor untuk dgn kelanjutan dari rancangan project dgn layanan adalah medium on online soccom tasks with mobile apk.

$400

Diubah oleh viva1791


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di