CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Do It Yourself /
DIY Ramah Lingkungan, Daur Ulang Sedotan Bekas Menjadi Taplak Meja Warna-Warni
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f17ff642637720e2d742972/diy-ramah-lingkungan-daur-ulang-sedotan-bekas-menjadi-taplak-meja-warna-warni

DIY Ramah Lingkungan, Daur Ulang Sedotan Bekas Menjadi Taplak Meja Warna-Warni

DIY Ramah Lingkungan, Daur Ulang Sedotan Bekas Menjadi Taplak Meja Warna-Warni
Halo Gan n Sist, sebelumnya ane mengucapkan terima kasih karena Agan dan Sista sudah berkenan mampir ke thread ane yang sederhana ini. Kali ini ane mau membagikan tutorial DIY (Do It Yourself) cara membuat taplak meja dari sedotan bekas.

Jadi kenapa ane memilih ide ini? Karena Nyokap ane punya warung Gan, jual beraneka macam minuman pula. Maka banyak sedotan bekas minum orang yang ane kumpulkan di warung Nyokap ane. Sedotan yang dipakai nyokap ane adalah sedotan plastik yang warna warni.

Kalau dikumpulin, lumayan banyak tuh sampah sedotan plastik bekasnya. Jadi daripada sedotan plastik tersebut terbuang sia-sia dan mencemari lingkungan, lebih baik ane manfaatkan menjadi sesuatu yang lebih berguna.

Sebenarnya ide membuat taplak meja dari sedotan ini sudah pernah ane terapkan di pelajaran prakarya sewaktu SD. Tapi demi Agan Kaskus semua yang ada di sini, ane akan membuat ulang lagi berbekal ingatan ane membuat kerajinan ini sewaktu SD.

Tanpa berlama-lama. Langsung saja kita mulai. Berikut ini adalah tahapan dalam membuatnya.


BAHAN DAN PERLENGKAPAN:

- Sedotan plastik bekas
- Benang wol
- Jarum untuk benang wol, atau bisa di'akali pakai lidi (yang penting bisa memasukkan benang wol ke lubang sedotan)
- Gunting


CARA MEMBUAT:

1. Gunting semua sedotan sampai menjadi potongan kecil-kecil, kurang lebih sepanjang 3 cm (tergantung selera).

DIY Ramah Lingkungan, Daur Ulang Sedotan Bekas Menjadi Taplak Meja Warna-Warni


2. Siapkan benang wol yang telah dipasangkan dengan jarum untuk menyatukan potongan tersebut. Karena ane nggak ada jarum, ane menggantinya dengan lidi gan. Seperti inilah cara ane.

DIY Ramah Lingkungan, Daur Ulang Sedotan Bekas Menjadi Taplak Meja Warna-Warni


3. Ibarat membuat pondasi, ambil satu potongan pertama dan diikat seperti ini supaya tidak lepas.

DIY Ramah Lingkungan, Daur Ulang Sedotan Bekas Menjadi Taplak Meja Warna-Warni


4. Kemudian masukkan dua potongan lagi seperti ini. Sehingga ada total 3 potongan.

DIY Ramah Lingkungan, Daur Ulang Sedotan Bekas Menjadi Taplak Meja Warna-Warni


5. Satukan ketiga potongan tersebut sehingga berbentuk segitiga seperti ini.

DIY Ramah Lingkungan, Daur Ulang Sedotan Bekas Menjadi Taplak Meja Warna-Warni


6. Setelah itu lanjutkan masukkan dua potongan lagi dan jadikan bentuk segitiga lagi disebelahnya, begitulah seterusnya dan dikerjakan dengan arah melingkar. Ingat bahwa ujung benang harus berada di bagian terluar ya guys.

DIY Ramah Lingkungan, Daur Ulang Sedotan Bekas Menjadi Taplak Meja Warna-Warni
DIY Ramah Lingkungan, Daur Ulang Sedotan Bekas Menjadi Taplak Meja Warna-Warni


7. Ini adalah pola yang terbentuk jika potongan segitiga yang telah kita rangkai melingkar sudah menyatu. Polanya seperti bunga ya guys.

DIY Ramah Lingkungan, Daur Ulang Sedotan Bekas Menjadi Taplak Meja Warna-Warni


8. Setelah itu kita lanjutkan lagi merangkai dan menyatukan sisa potongan dengan cara yang sama, kali ini boleh menggunakan warna yang berbeda agar warna taplak mejamu bervariasi dan lebih menarik ya. Setelah merah, ane pakai warna kuning gan.

DIY Ramah Lingkungan, Daur Ulang Sedotan Bekas Menjadi Taplak Meja Warna-Warni
DIY Ramah Lingkungan, Daur Ulang Sedotan Bekas Menjadi Taplak Meja Warna-Warni
Rangkai warna sesuai selera saja ya guys.


9. Satukan semua potongan sampai membentuk luas taplak meja yang kamu butuhkan. Kalau sudah selesai, jangan lupa ujung talinya diikat di potongan sedotan terakhir supaya tidak lepas.

DIY Ramah Lingkungan, Daur Ulang Sedotan Bekas Menjadi Taplak Meja Warna-Warni

DIY Ramah Lingkungan, Daur Ulang Sedotan Bekas Menjadi Taplak Meja Warna-Warni


Akhirnya tampilan akhirnya seperti ini guys. Simple kan cara membuatnya?

DIY Ramah Lingkungan, Daur Ulang Sedotan Bekas Menjadi Taplak Meja Warna-Warni

Itulah tutorial DIY dari ane. Lumayan simple dan pasti semua orang bisa membuatnya. Selain itu DIY ini juga ramah lingkungan loh karena memanfaatkan sampah plastik menjadi barang berguna. Membuat ide daur ulang seperti ini dapat mengasah kreativitas kita. Apakah Gan n Sist tertarik mencobanya?


*Semua foto di atas adalah hasil dokumentasi pribadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sunshii32 dan 6 lainnya memberi reputasi
keren uy
profile-picture
profile-picture
bat4k0 dan iminimin7719 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
telaten banget bikin giniii👍👍
profile-picture
profile-picture
bat4k0 dan iminimin7719 memberi reputasi
Diubah oleh neey123
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
bagus hasilnya.. gk kepikiran sedotan bisa diginiin sih hehehe.. tp butuh kesabaran pasti bikinnya
profile-picture
profile-picture
bat4k0 dan iminimin7719 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
wah jni udah super kreatifnya ya gan haha leren nih bisa buat ngisi waktu luang
profile-picture
profile-picture
iminimin7719 dan bat4k0 memberi reputasi
Wow...agan memang kreatif, tengkiu sharingnya gan
profile-picture
iminimin7719 memberi reputasi
Syantik bingits, sista jd pengen nich buat. Thanks y
profile-picture
iminimin7719 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
harus penuh kejelian dan kesabaran untuk ngebuatnya nih
profile-picture
iminimin7719 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
harus sabar sih bikinnya.. prosesnya jg mayan dari ngukur, motong, trus dibentuk sampe jadi taplak disatuin pake benang. kreatif sih.. ini klo disuruh bikin prakarya boleh sih dicoba bikin taplak plastik dari sedotan bekas
profile-picture
iminimin7719 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
cakep juga jadi dekorasi dinding nih
profile-picture
iminimin7719 memberi reputasi
IDE YANG SANGAT MENARIK !
dengan melakukan hal ini kita dapat mengurangi polusi plastik yang semakin membeludak tiap saatnya,
dimana hampir segala minuman yang kita beli pasti menggunakan sedotan plastik dan hal ini kurang disadari oleh orang-orang bahwa sampah plastik dari sedotan sangat banyak,
semoga ada yang memproduksi hal ini secara masal dan dapat mengurangi sampah sedotan plastik
profile-picture
profile-picture
iminimin7719 dan sunshii32 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
waa keren keren niih tipsnya gan.. bisa dicoba untuk dirumah ini mah
profile-picture
iminimin7719 memberi reputasi
Memanfaatkan barang2 bekas.. kerennnn
profile-picture
iminimin7719 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Iyaa gam semakin sabar semakin rapu jaminannya


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di