CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Tak Punya "Smartphone", Siswa SMP Ini Tetap Bersekolah meski Sendirian di
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f1a808edbf764188770084c/tak-punya-quotsmartphonequot-siswa-smp-ini-tetap-bersekolah-meski-sendirian-di

Tak Punya "Smartphone", Siswa SMP Ini Tetap Bersekolah meski Sendirian di

KOMPAS.com - Meski hanya sendirian di kelas, Dimas Ibnu Alias tetap berangkat ke sekolah di SMPN 1 Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Siswa kelas VII itu terpaksa mengikuti pelajaran di kelas saat teman-temannya belajar lewat daring menggunakan smartphone (ponsel pintar) karena ia tak punya ponsel.

"Barangkali, bagi keluarganya, beras jauh lebih dibutuhkan daripada ponsel pintar dan kuota internet," kata Kepala SMPN 1 Rembang Isti Chomawati, Kamis (23/7/2020), seperti ditulis Tribun Jateng.

Dimas adalah anak dari pasangan Didik Suroyo, seorang nelayan, dan Asiatun, yang bekerja sebagai buruh pengeringan ikan. Mereka tinggal di RT 1 RW 1 Desa Pantiharjo, Kecamatan Kaliori, Kabupaten Rembang.

Setiap hari, Dimas berangkat ke sekolah diantar ibunya. Dia lalu pulang dengan diantar wali kelasnya sampai di rumahnya.

"Ia datang diantar ibunya naik sepeda motor. Setelah itu ditinggal lantaran ibunya bekerja sebagai karyawan pengeringan ikan. Selesai pembelajaran, Dimas diantar wali kelas sampai rumah," jelas Isti.

Isti menyebutkan, Dimas merupakan satu dari banyak siswa yang tak mempunyai fasilitas ponsel pintar untuk belajar daring.

Pihak sekolah belum selesai mendata jumlah siswa yang tak memiliki ponsel pintar sehingga tak bisa belajar online (daring) dari rumah.

Oleh sebab itu, pihak sekolah sengaja membuat kebijakan khusus bagi siswa yang tak memiliki gawai untuk belajar offline (luring) di sekolah.

"Tentu saja, dengan protokoler ketat, seperti cek suhu badan, pelindung wajah, masker, dan lainnya. Kami sudah inventarisasi, ada beberapa siswa yang memang tidak memiliki fasilitas daring. Nanti mereka akan kami bantu belajar offline," ujar Isti.

https://regional.kompas.com/read/202...ource=autonext
Harusny sistem kayak gini juga diadain disemua daerah sih. Beberapa sekolah yang online kadang udh siswany gak mampu, malah siswany juga yang bodoamat. Mungkin ortuny juga udh pasrah. Kemendikbud lambat banget untuk nangangin beginian emoticon-Cape deeehh
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
kondisi tidak mampunya murid memiliki smartphone sepertinya tidak dalam jumlah yang sangat banyak, tapi terjadi.
Kondisi kayak gini sebenernya bisa diselesaikan dengan banyak cara. Sekolah bisa saja membuka pos bantuan dengan sumbangan untuk membantu siswa yang tidak mampu.
Negara bisa hadir dengan mengalokasikan dana berupa bantuan khusus untuk tiap tiap sekolah agar disalurkan ke murid yg tidak mampu memiliki HP.
Karena kalau semua siswa belajar melalui daring kemudian ada hanya 1 siswa yg hadir di sekolah, itu juga ga baik untuk si anak.
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Yuk
Tak Punya "Smartphone", Siswa SMP Ini Tetap Bersekolah meski Sendirian di
salut sama pelajar & guru2 nya......

:siapgan
Salut sama bill gates berkat dia orang yang tadinya tidak peduli dunia internet jadi peduli.

bill gate berkata bahwa komputer dan internet itu sangat penting.

Sukses buat bill gates.
profile-picture
sosismalam memberi reputasi
Diubah oleh ekliptika
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
dana pendidikan dari apbn 20% ga bisa pinjamin hp buat anak didik, guru ga da yang angkat masalh ini, giliran uang sertifikt dipotong ribut giliran anak didik susah beljar diamemoticon-Malu
profile-picture
judogal memberi reputasi
Kita patungan untuk beliin dia, mw ga? Juga patungan bwt beliin pc dan Internet untuk dia.. 👍 💕
Coba minta bantuan ke baim wong. Mungkin bisa belikan hp yg mantep. Buat adik kita ini lho.


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di