si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Budiman 'Sang Penguasa' Jalur Selatan Jawa Barat
Kembali lagi dipembahasan sejarah soal transportasi bus gan sist, setelah kesana kemari mencari referensi bacaan. Akhirnya ane putuskan untuk menulis kembali sejarah soal bus, sesuai judul. TS akan menulis sejarah bus Budiman, kita langsung mulai saja pembahasannya.




Foto dari google image, dan diedit oleh TS.



SEJARAH

Ada agan sista yang dari Tasikmalaya kah disini ? Pasti sudah tidak asing dengan nama PO Budiman, bisa dibilang bus satu ini menjadi kebanggaan warga Kota Tasik. Bus ini berjasa menemani perjalanan mereka untuk menjadi sarjana dan mengantarkan mereka untuk sukses di Ibukota.


PO bus ini pertama kali berdiri tahun 1992, didirikan oleh almarhum Bapak H. Saleh Budiman. FYI gan sist, pemilik PO ini sudah wafat. Tepatnya bulan Februari 2018 kemarin, beliau meninggal diusia 88 tahun. Semasa hidupnya beliau dikenal sebagai pekerja keras dan pribadi yang sederhana, beliau juga rutin mengecek armada busnya. Saat ini usahanya diteruskan oleh anak beliau yang bernama Bapak Dede Sudrajat, kita bahas lanjutan sejarahnya.


Pernah kah teringat nasehat guru untuk menyisihkan uang kalian untuk ditabung setiap harinya ? Filosofi menabung inilah yang mengantarkan alrmarhum Pak Saleh Budiman meraih kesuksesan. Awalnya beliau hanya pedagang kecil dikampung, kemudian beliau membuat celengan dari kayu, setiap hari beliau menyisihkan Rp 100. Sampai uangnya terkumpul Rp 80 ribu, beliau kemudian membeli mobil bekas dengan cara berkongsi dengan pengusaha dari Banjaran dan Bandung.




Dalam kenangan, almarhum Bapak Saleh Budiman, owner PO Budiman.

Sumber



Waktu itu usaha beliau pun tumbuh pesat dari waktu ke waktu, hingga memiliki sebanyak 20 unit truk atas namanya sendiri. Kemudian melihat pasar transportasi yang potensial, beliau mengubah usahanya menjadi usaha angkutan bus AKAP dengan nama "BUDIMAN", yang diambil dari nama belakangnya pada tahun 1992. Usaha bus AKAP yang beliau rintis cukup sukses, pelayanan serta kenyamanan yang diberikan sukses menjadikan Budiman sebagai bus idola baru warga Tasik untuk pergi merantau.


Bapak Saleh sendiri berasal dari keluarga yang sederhana, beliau memiliki mimpi menjadi orang kaya yang sederhana, dan mimpinya itu benar-benar terwujud. Berkat kerja kerasnya, kini Budiman sudah memiliki 700 unit bus. Dimana 1 unit busnya bernilai mencapai Rp 1,5 Miiliar, tak disangka bermodal celengan kayu dan uang Rp 100 yang dikumpulkan setiap harinya, beliau bisa membeli armada bus yang mencapai 700 unit. Armada bus yang dipakai Budiman, 90% didominiasi oleh bus kelas wahid, yaitu Mercedes Benz.



Awal Merintis Usaha

Diawal merintis usaha bus, Bapak Saleh Budiman hanya memiliki 4 unit bus saja. Bus itu adalah Mercedes Benz OF 1113, bus ini adalah bus Mercy dengan mesin yang berada didepan. Bus ini pun diberi kode OF 01-OF 04, armada perintis ini masih digunakan sampai sekarang dan tak pernah dijual. Mereka layaknya Fantastic Four bagi almarhum, bus perjuangan ini masih aktif melayani rute Bandung-Pangandaran gan sist.


PO Budiman mengambil gebrakan serius dijalur Selatan Jawa Barat gan sist pada awal berdirinya, dimana jalur disana terkenal ekstrim tapi punya pemandangan yang indah. Jalur yang terkenal disana antara lain Gentong dan Nagrek. Dulu jalur selatan ini didominasi oleh PO Merdeka Group (Gardena, Bahagia, Satria), Aladdin, Perkasa , dan Harum. Tapi bus yang TS sebut kurang terdengar lagi namanya, hanya Budiman yang masih eksis saat ini, salah satu saingannya adalah PO Primajasa yang ikut bersaing meramaikan jalur selatan.


Tak heran Budiman jadi penguasa, dengan armada mencapai 700 unit. Jika kalian melewati daerah selatan Jawa Barat, pasti akan sering berpapasan dengan bus ini, baik dari arah Jakarta maupun Tasikmalaya. Dibawah pimpinan Pak Dede Sudrajat, Budiman terus berkembang dengan baik, bus yang tidak ugal-ugalan serta pelayanan yang baik dan ramah. Membuat PO ini terus bertahan sampai sekarang, selain itu Budiman terus mengikuti tren dunia transportasi bus, baik untuk body maupun mesin busnya.




Mercy OF 1113, bus perjuangan milik PO Budiman.

Sumber



Untuk memudahkan dalam perawatan, PO Budiman memberi kode unik pada armadanya, kodenya sebagai berikut:

OF=Mercedes-Benz OF 1113, Mesin depan.

DS=Mercedes-Benz OH 1518, Donking Short Chassis.

IL  = Intercooler Long chasis, Mercy OH 1521.

DL = Donking Long chasis, Mercy OH 1518.

R = Hino RG

HP = Hino AK

VL = Volvo

E=Mercedes-Benz OH 1525 (didominasi body RS, ciri khas stiker euro 2)

XBC=OH 1518 yang sudah tersertifikasi euro 3.

2E =Mercedes-Benz OH 1525 Euro 2 (karoseri adiputro dengan body travego)

3E=Mercedes-Benz OH 1526 (NG dan NX)

BT=Mercedes-Benz OH 1836 (Bluetec)

RM=Mitsubishi RM.

RT=Mitsubishi RM Turbo.
BM=Mitsubishi BM 117L(Mesin Depan).

W =Wisata / Weichai. Mercy 1521 dengan mesin Weichai, cmiiw.


Selain itu ciri khas Budiman adalah ditempelkannya baner besar dikaca depan dan belakang, berisi rute dan kelas yang dilayani. Cukup bagus menurut TS, karena memudahkan penumpang dalam mencari trayek dan kelas yang mereka ingin naiki saat berada diterminal. Salah satu yang sering TS lihat adalah baner Bisnis AC, dan First Class.




First Class Budiman, ada tulisan Blue Tec jika kalian zoom. Memakai Mercy 1836.

Sumber





Bisnis AC, Tasik-Cimahi.

Sumber




Karoseri, Trayek Serta Bus yang Diguankan

Dengan aramada mencapai 700 unit bus, Budiman melayani trayek di Jawa Barat-Jakarta-Jogja-Jawa Tengah. Dan kebanyakan mereka menggunakan bus tipe Mercedes Benz, tak heran mereka menjadi PO bus dengan armada mewah di Jawa Barat. Kebayang gak sih naik bus AKDP dari Tasik ke Depok memakai Mercedes Benz 1626 ?, benar-benar wah sekali, biasanya TS hanya naik Hino AK-nya Sumber Kencono. Mereka juga memakai Hino RK dan RG, sempat memakai Volvo juga. Tapi gak tahu nasib Volvonya bagaimana ? TS sering melihat yang Mercedes Benz mulai seri 1521 sampai 1626.


Untuk karoseri yang digunakan adalah Rahayu Sentosa, Tri Sakti, Laksana dan Adiputro. Tapi sekarang kebanyakan bus Budiman menggunakan body Jetbus buatan dari Adiputro, Malang. Untuk busnya masih didominasi Mercedes Benz mulai dari OH 1518, OH 1521, OH 1626, sampai 1836. Untuk medium busnya menggunakan mesin Mitsubishi yang diambil dari chasis truk, medium bus ini biasanya mengisi trayek Tasik-Pangandaran. Mereka juga melayani sewa bus pariwisata gan sist, untuk trayek yang dilayani sebagai berikut, mungkin kalian nanti bisa menambahkan:

Tasik-Jakarta-Poris-Merak.

Tasik-Bekasi-Depok.

Tasik-Bandung.

Tasik-Pangandaran.

Tasik-Cimahi.

Bandung-Wonosobo.

Bandung-Banjarsari.

Bandung-Solo-Wonogiri.

Bandung-Tasik-Jogja.

Tasik-Jogja.

Tasik-Solo-Jepara.


Kelas yang dilayani Bisnis AC sampai First class, serta Premiere Class. Ada juga non AC untuk bus mediumnya. Bisnis AC dan non AC biasanya tidak dilengkapi sandaran kaki (leg rest) cmiiw, untuk Budiman ini juga biasanya akan berhenti untuk servis makan untuk semua trayeknya gan sist. Tapi khusus trayek jarak dekat ke Bekasi, Jakarta dan Bandung. Penumpang harus membayar sendiri untuk makanannya, artinya tiket tidak termasuk servis makan. Untuk rute jauh, seperti ke Solo, Jepara dan Jogja. Biasanya tiket sudah termasuk servis makan gratis.


Berikut penampakan bus dan karoseri serta trayeknya.




Mercy 1836, Jetbus HD Adiputro.






OH 1521



Mitsubisbi RM (cmiiw), bus medium.





Chasis 1521 pariwisata dengan mesin weichai.

Sumber Foto





Bandung-Jogja. OH 1526, Jetbus 3+ facelift Voyager.

Sumber





OH 1518, Banjarsari-Bandung. Jetbus HD.




Tasik-Depok, OH 1626. Jetbus 2+.




Tasik-Jogja, OH 1526. Jetbus 3+.

Sumber Foto Diatas





Tasik-Cikarang, OH 1518. Jetbus HD.




Hino RK 8, Jetbus 2+.




Bandung-Wonogiri, OH1526. Jetbus 3+.

Sumber



Untuk livery yang digunakan busnya adalah warna dasar silver dengan siluet warna biru, merah dan hijau. Serta tulisan Budiman dengan berbagai warna, menjadi ciri khas bus Budiman sampai sekarang.


Budiman juga memiliki pool pusat dikota Tasik, yang melayani trayek ke berbagai jurusan. Budiman juga sudah menerapkan online tikcketing, kalian juga bisa langsung naik dari garasi pusatnya. Seingat TS garasiya cukup luas, disediakan ruang tunggu keberangkatan, serta ada tempat makannya juga, sembari menunggu bus berangkat kalian bisa mengisi perut digarasi pusatnya.


Demikian sedikit ulasan untuk bus Budiman, semoga kita bisa mengambil hal positif dari sejarahnya. Terutama kerja keras dari almrahum Pak Saleh Budiman yang sukses membangun usaha serta mewujudkan mimpinya hingga sekarang memiliki 700 unit bus. Beliau sukses membangun usahanya benar-benar dari nol, bermodal 4 bus saja. Sekarang Budiman sudah memiliki 700 unit bus. Betapa luar biasanya sosok beliau ini, dan semua itu berawal dari menabung. Dari hal kecil seperti menabung, kini beliau sudah memiliki sesuatu hal yang sangat besar.


Bagi agan sista yang ingin berbagi pengalaman soal Budiman maupun yang mau mengkoreksi tulisan ini, silakan nanti berkomentar dibawah. Semoga kita bisa meneladani sifat almarhum Pak Saleh Budiman, serta menjadikan apa yang sudah beliau kerjakan selama ini, untuk memotivasi dan memberi semangat ditengah pandemi ini. Sampai ketemu lagi, Enjoy Kaskus emoticon-Angkat Beer


Jangan sekali-kali kamu meremehkan manfaat menabung, karena hasil dari menabung bisa membeli 700 unit bus.


Budiman 'Sang Penguasa' Jalur Selatan Jawa Barat.



Referensi: 1.2.3.4
Ilustrasi: google image
Diubah oleh si.matamalaikat 21-07-2020 15:55
gembogspeed
kepalabawah
TheGaruda
TheGaruda dan 42 lainnya memberi reputasi
41
12.5K
171
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan