Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ihangyuloveAvatar border
TS
ihangyulove
Ingat Drakor 'SKY Castle'? Kenapa Sih Relate Banget Sama Anak-anak SMA di Korea?
Masih ingat cerita drama 'SKY Castle' nggak gan? Drama hits yang tayang pada November 2018 sampai Februari 2019 ini jadi salah satu drama Korea favorit penontonnya lho. Nggak cuma penonton drama di Korea, tapi jadi drama yang juga populer secara internasional. Kenapa gitu? Soalnya ceritanya benar-benar bikin kita tau gimana beratnya perjuangan anak-anak SMA tingkat akhir di Korea Selatan.

Ingat Drakor 'SKY Castle'? Kenapa Sih Relate Banget Sama Anak-anak SMA di Korea?

sumber: hancinema.net

Drama 'SKY Castle' bercerita tentang 4 keluarga yang tinggal di kawasan elite bernama SKY Castle. Keluarga ini saling bersaing satu sama lain. Mereka pengin anaknya masing-masing terlihat sempurna dibanding yang lain. Mereka berusaha keras buat memasukkan anak-anak tersebut ke universitas bergengsi di Korea Selatan.

Caranya dengan mendidik mereka secara keras di bidang akademis. Mereka memasukkan anak-anak tersebut ke bimbingan belajar atau mengundang guru privat yang mahal. Nah, di drama ini ada karakter bernama Park Young Jae yang diperankan oleh Song Geon Hee, salah satu anak dari keluarga kaya tersebut yang mengalami stres dan depresi karena obsesi orang tuanya tentang pendidikan masa depannya.

Ingat Drakor 'SKY Castle'? Kenapa Sih Relate Banget Sama Anak-anak SMA di Korea?
sumber: hancinema.net

Lalu, gimana sih dengan realita pendidikan di Korea Selatan? Karena seperti yang kita tahu, pendidikan di Korea Selatan memang keras dan fakta mengejutkan dari Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) bahwa pada 2013, pelaku bunuh diri ada di rentang usia SMA dan mahasiswa.

Sama kayak di drama 'SKY Castle,' kompetisi antarsiswa buat jadi nomor satu terlalu ketat untuk mendapatkan kursi di universitas bergengsi. Jadi segala cara dilakukan agar mereka bisa lulus ujian dan masuk universitas seperti yang diharapkan oleh orang tuanya. Jam belajar mereka ditambah bahkan bisa hingga 12 jam sehari jika itu menjelang ujian. Nggak cuma belajar di sekolah, cerita di drama juga relate banget saat orang tua memaksa buat masuk bimbingan belajar dan les privat.

Ane pernah denger nih gan, kalau di Korea ada pepatah bilang gini: "Kalau kamu tidur 3 jam semalam, kamu bisa masuk universitas atas. Kalau kamu tidur 4 jam semalam, kamu mungkin aja masuk di universitas lainnya. Tapi kalau kamu tidur 5 jam atau lebih, apalagi saat menjelang tahun terakhir di sekolah, lupain ajalah buat masuk ke universitas manapun."Ngeri banget, gan! Karena itu, kita sering liat siswa SMA di drama pulang sekolah saat larut malam, ya karena harus mengikuti tambahan belajar.

Ingat Drakor 'SKY Castle'? Kenapa Sih Relate Banget Sama Anak-anak SMA di Korea?
sumber: hancinema.net

Belum soal tuntutan orang tua yang selalu punya harapan tinggi ke anak mereka buat bisa masuk universitas ternama dan terbaik, pasti jadi tekanan tersendiri sama kayak yang dialami Park Young Jae di 'SKY Castle'. Orang tua juga pengin mempertahankan kehormatan keluarganya dengan cara membanggakan prestasi anak-anaknya.

Kalau Agan dan Sista belum coba nonton 'SKY Castle', coba deh buat mulai menontonnya. Karena kita jadi tau kalau budaya belajar antara Indonesia dan Korea benar-benar berbeda. Kadang kalau udah gini, ane bersyukur tinggal di Indonesia hehehe. 


Shyesun.pucha
Shyesun.pucha memberi reputasi
1
1.1K
2
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan