Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dirawan09Avatar border
TS
dirawan09
Klepon Dikatakan tidak Islami, Slogan Pemasaran yang Salah Sekaligus Buruk
Selamat Datang di Threadku
Tadi siang ane membaca berita dan melihat postngan sebuah akun di sebuah sosial media yang berbunyi "klepon bukan makanan islami", entah apa yang merasuki pembuat iklan tersebut, tapi dari yang dilihat juga akun tersebut juga tengah memasarkan Kurma di lapak dagangannya.

Hal yang ane tangkap adalah buruknya pemilihan kata-kata

Quote:

Klepon tidak islami
hal ini adalah yang salah, maksud kata islami di sini itu tidak jelas dan menjatuhkan juga. karena sebagaimana kita tahu bahwa klepon itu makanan khas dari Pasuruan yang notabene orang-orang di sana Islam, yang beli Islam dan yang jualan juga Islam. lah jadi orang-orang yang menjual dan membeli tidak islami dong kalo makan Klepon. kan enggak sama sekali uiii. dan juga makanan ini dibuat dengan cara yang halal tuh di pasuruan ada deh pengakuannya dari penjualnya. jadi sangat tidak tepat mengatakan klepon itu tidak islami

Tinggalkan Jajanan non Islami
Yang kedua adalah penulisnya menyuruh untuk meninggalkan jajanan klepon ini yang menurutnya pribadi tidak islami. padahal itu salah, memerintah meninggalkan makanan tersebut setelah menjatuhkan nilai makanan itu tanpa dasar yang jelas sudah berarti fitnah. ini salah satu praktik yang buruk dalam pemasaran dan juga tidak bermoral gitu. ala-ala sinetron azab tapi lebih halus aja caranya.
iya ane tahu kalian pingin laku, tapi caranya juga tidak dengan menuduh yang tidak-tidak. ya pake juga lah cara yang baik seperti "klepon di makan dengan kurma lebih nikmat" makanan islami itu adalah semua makanan yang diolah dengan cara yang halal dan bahan yang halal juga. kalo nih orang jualan Kurma dengan memfitnah juga yah duitnya haram juga, gak islami dong bisnisnya.

Toko Syariah kami(?)
Mereka mengatakan kalau toko mereka itu syariah. yakin? dengan metode mengatakan yang tidak-tidak gitu. jika mereka mengklaim begitu setelah perbuatan ini pastinya sudah tercoreng nama toko ini. karena syariah itu berhubungan dengan Allah yang berarti harus ikut aturan Allah yang artinya dengan menggunakan cara yang islami yang baik dan yang halal. kalau sudah mengatakan yang tidak sepatutnya kayak gini ya sudah tidak memenuhi keinginan Allah. Membawa nama Syariah itu berat dan pertanggungjawabannya juga berat.CMIIW

Penutup
Ane tahu bukan seorang yang pintar dalam beragama. Tapi ane setidaknya tahu lah metode baik dan metode buruk khas islam gitu, kan gak perlu lah menggunakan cara kayak gini demi mendapatkan uang, menggunakan klaim-klaim yang tidak pada tempatnya tanpa pengetahuan kalau itu juga hal yang salah.masih ada kok cara yang lebih baik dalam memasarkan makanan. seperti yang ane sebutin di atas.
semoga nih akun cepat meminta maaf dan pastinya bakal meminta maaf, gue yakin. Karena udah dibacotin warganet seramai gitu dan jadi berita, sungguh terlalu kalau gak sadar.
Terima kasih sudah menyimak
emoticon-Hammer2
Dirawan
Diubah oleh dirawan09 21-07-2020 13:12
jangkrikgokil
apollion
apollion dan jangkrikgokil memberi reputasi
2
2.2K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan