CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
[Hari Ini dalam Sejarah] Kisah 2,5 Jam Pijakan Pertama Manusia di Bulan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f168ef64601cf6fa330fbbc/hari-ini-dalam-sejarah-kisah-25-jam-pijakan-pertama-manusia-di-bulan

[Hari Ini dalam Sejarah] Kisah 2,5 Jam Pijakan Pertama Manusia di Bulan

[Hari Ini dalam Sejarah] Kisah 2,5 Jam Pijakan Pertama Manusia di Bulan

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Tepat pada hari ini 51 tahun yang lalu, umat manusia mencetak sejarah lewat seorang pria yang pertama kali memijakkan kakinya di Bulan.

Misi di Bulan ini sukses dilaksanakan oleh tiga astronot Amerika Serikat ( AS), yang dua di antaranya namanya sangat populer yakni Neil Armstrong dan Edwin "Buzz" Aldrin.

Neil Armstrong jadi manusia pertama yang menginjakkan kakinya di Bulan, dan disusul Buzz Aldrin 19 menit kemudian.

Selain kedua pria tersebut, Apollo 11 juga mencetak sejarah dengan menjadi pesawat luar angkasa berawak pertama yang mendarat di Bulan.

Apollo 11 meluncur pada 16 Juli 1969 pukul 09.32 waktu setempat dari Florida.

Peluncurannya disiarkan secara luas oleh televisi, dan dunia pun turut menyaksikannya.

Detik-detik pelepasan Apollo 11 dari roket pelontar pun bisa disaksikan dari layar kaca saat itu.

Kata-kata legendaris yang diucapkan Armstrong adalah, "Tranquility Base di sini, the Eagle telah mendarat."

Sekitar 6,5 jam kemudian tepatnya pukul 22.56 pada 20 Juli 1969 waktu setempat, Armstrong sah menjadi manusia pertama yang menginjakkan kaki di bulan.

Selain kalimat legendaris saat mendarat, kata-kata lainnya yang sangat populer dari Armstrong adalah ketika kakinya menjejak bulan.

"Itu satu langkah kecil dari laki-laki, satu lompatan besar bagi umat manusia."

Perjuangan
Kesuksesan Armstrong dan tim tidak didapat dengan mudah.

Perjalanan ke Bulan adalah kali kedua Neil Armstrong ke luar angkasa. Pertama pada 1966 sebagai komandan misi Gemini 8 dan hampir berakhir dengan bencana.

Namun dia tetap tenang dan berhasil mendaratkan lagi pesawat luar angkasanya di Bumi dengan aman, meski roket pendorongnya tidak berfungsi dan ia pun berputar-putar tanpa kendali.

Neil Armstrong meninggal pada 25 Agustus 2012 di Cincinnati, Ohio.

Ia menjadi orang pertama yang menginjakkan kaki di bulan, tiga tahun setelah insiden Gemini 8. Usianya saat itu 38 tahun.

Perjalanan 4 hari dari 3 awak
Apollo 11 dihuni oleh 3 awak, yaitu Armstrong sebagai komandan misi, Buzz Aldrin sebagai pilot modul Bulan, dan Michael Collins sebagai pilot modul komando.

Jarak dari Bumi ke Bulan lebih dari 402.000 kilometer (km), dan mereka butuh empat hari perjalanan untuk mencapai tujuan.

Armstrong menjelajahi permukaan bulan selama 2 jam 32 menit dan Aldrin yang menyusulnya, menghabiskan waktu sekitar 15 menit lebih pendek dari rekannya.

Keduanya lalu menancapkan bendera AS, mengambil sampel batuan di Bulan, dan merancang eksperimen ilmiah sebelum kembali ke pesawat luar angkasa.

Mereka juga berkomunikasi langsung dengan Presiden Richard Nixon melalui radio dari Oval Office.

Ketiga astronot itu lalu kembali ke rumah dan disambut bak pahlawan. Meski begitu, tak ada satu pun dari mereka yang kembali ke luar angkasa setelahnya.

Tantangan dari Presiden Kennedy
Dilansir dari CNN, pada Mei 1961 atau 8 tahun sebelum Apollo 11 melesat menembus angkasa, Presiden John F Kennedy dengan berani menyampaikan visinya di sidang gabungan Kongres.

Dia berjanji untuk mengirim seorang manusia ke bulan pada akhir dekade tersebut.

Beberapa orang menyebut mimpinya gila, dan yang lain memandangnya hanya sebagai akal-akalan strategis lainnya dalam Perang Dingin antara AS dan Uni Soviet

Namun, tekad Kennedy sudah bulat.

"Tidak ada proyek luar angkasa dalam periode ini yang akan lebih mengesankan bagi umat manusia, atau lebih penting untuk eksplorasi jangka panjang luar angkasa, dan tak ada yang sangat sulit atau mahal untuk dicapai," ujar Kennedy dikutip dari CNN Senin (20/7/2020).

sumber

Blm pernah ada manusia injakan kaki d bulan, logika saja knapa setelah misi Amstrong tdk d lnjutkan lagi. Padahal skr jaman sdh canggih. Brarti hnya fiksi nyata amerika memberikan berita palsu
Hoax tercanggih sistematis dan terahasia yg pernah dibuat manusia dimuka bumi mudah2an ada negara yg bneran kesana biar kepalsuan terbongkar
Cuman di Al_Quran yg terdapat kebenaran tentang bulan,yg mana atas seizin dan kuasa Allah swt Rasulullah saw dapat mmbelahnya mnjadi dua bagian.. Ma syaa Allah
lho bukannya bulan terbelah jadi 2 bagian ?

lalu fungsinya buat apa bulan di belah ?

emoticon-Ngakak
Diubah oleh ThinSkunk
ada beberapa hal menjadikan mengapa sampai detik ini manusia tidak lagi mendaratdi bulan,
1. adalah kurangnya dana yang di keluarkan oleh pemerintah amerika serikat dalam misi ruang angkasa
2. adalah kurangnya dukungan politik untuk melaksanakan program ini.

kalau bener2 ingin melaksanan program ini ayo kita patungan buat nasa emoticon-Wow
lha kalau udeh mendarat di bulat
mau sholat ngadep kemane bre ?
Tetap hoax terbesar abad 20

ente pake logika saja

teknologi tahun 1960an terbang sampai ke bulan

komputer saja segeda gaban waktu itu emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
lah yg sebelumnya ke sorga hanya naik kuda poni nyampe pulang pergi hanya 4 jam
hebat dong bre

malaikat aje butuh 100000 tahun PP pulang pergi

emoticon-Ngakak
Diubah oleh ThinSkunk
memang mau ngapain ke bulan lagi, perang dinginnya udah end pula.
mulai dari pemberangkatan, landing, sampe step di bulan, komunikasi
lalu terbang lagi dari bulan, komunikasi
mendarat di stasiun, lalu balik ke bumi
kemudian capsule landing di laut
sulit dibantah kalo itu bohongan
"part of a highly specialized highly
trained, merited, professional group
assigned to take on the most dangerous mission in human history
di yt full coverage ada tuh
Diubah oleh music9000
harusnya tuh bulan diambil untuk menerangi tidurku yang lelap di malam gelap
Hoax dobol yg dibawa sampai mati oleh para pelakunya!

Take emoticon-Angkat Beer
Yang pasti hingga detik ini di negara kita masih berdebat Tuhan siapa yang paling benar, blablabla.
Daaaaan mereka sudah pergi ke bulan sejak 1969.

Bagi yang berpikir pergi ke bulan itu hoax, boleh disimak pemikiran Neil deGrasse Tyson (kalau nggak tahu dia siapa silahkan di-googling) :





emoticon-norose
Bulan datar kagak bre? emoticon-Malu
profile-picture
pertotperbaik memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh KS06


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di