CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Dana Rp 2,7 T Segera Masuk ke 21 Ribu Pondok Pesantren
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f164819349d0f2a097864c1/dana-rp-27-t-segera-masuk-ke-21-ribu-pondok-pesantren

Dana Rp 2,7 T Segera Masuk ke 21 Ribu Pondok Pesantren

Dana Rp 2,7 T Segera Masuk ke 21 Ribu Pondok Pesantren
Menteri Agama Fachrul Razi. Foto : Iwan Tri Wahyudi/ FAJAR INDONESIA NETWROK

JAKARTA – Dana Rp2,7 triliun yang digelontorkan untuk 21 ribu pondok pesantren harus segera tersalurkan. Dana tersebut sebagai penunjang operasional selama masa pandemi COVID-19. Wakil Presiden Ma’ruf Amin menegaskan dana bantuan Rp2,7 triliun harus tersalurkan kepada 21.000 lembaga pesantren dalam waktu satu hingga dua bulan ini. Sebab dana tersebut sudah berada di kantong Kementerian Agama. Dana tersebut diperuntukkan untuk kegiatan operasional dan dukungan pembelajaran dalam jaringan (daring).

“Pemerintah mengalokasikan dukungan anggaran untuk 21.000 lembaga pesantren sebesar Rp2,7 triliun. Dananya sudah di kantongnya Pak Menteri Agama (Fachrul Razi) dan harus selesai dalam satu hingga dua bulan ini,” Tegas Wapres Ma’ruf Amin dalam video yang diunggah di akun youtube resminya, Minggu (19/7). Dijelaskan Ma’ruf, dana bantuan untuk kegiatan operasional pesantren sebesar Rp2,38 triliun.

Sedangkan untuk pembangunan dan perbaikan jaringan internet guna mendukung kegiatan pembelajaran daring sebesar Rp317 miliar. Terkait besaran bantuan tiap pesantren, Ma’ruf mengatakan pemberian berdasarkan kategori jumlah santri di masing-masing pesantren. Nilainya mulai Rp 25 juta, Rp 40 juta hingga Rp 50 juta.

“Ada yang Rp50 juta untuk masker, untuk ini dan itu; ada yang Rp40 juta; ada yang Rp25 juta. Menurut hitungannya Pak Menteri Agama ini untuk 21.000 lembaga pesantren dengan bantuan operasionalnya Rp2,38 triliun,” katanya. Ditambahkan Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama, Waryono mengatakan Bantuan Operasional (BOP) itu diberikan untuk 21.173 pesantren.

Jumlah ini terdiri atas 14.906 pesantren dengan kategori kecil (50-500 santri) yang mendapat bantuan Rp25 juta. Lalu, 4.032 pesantren kategori sedang (500-1.500 santri) yang akan mendapat bantuan Rp40 juta. “Bantuan juga akan diberikan kepada 2.235 pesantren kategori besar dengan santri di atas 1.500 orang.

Nilai bantuannya adalah Rp50 juta,” katanya. Selain pesantren, bantuan juga akan disalurkan sebagai BOP untuk 62.153 Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT). Masing-masing MDT akan mendapat Rp10 juta. Tidak hanya itu, bantuan juga akan menyasar pada 112.008 Lembaga Pendidikan Alquran (LPQ). Nilai bantuan masing-masing LPQ sebesar Rp10 juta. “Kemenag juga berikan bantuan pembelajaran daring kepada 14.115 lembaga.

Masing-masing lembaga akan mendapat Rp15 juta, namun diberikan per bulan Rp5 juta selama tiga bulan,” tuturnya. Terkait prosedur penyaluran, dijelaskan Waryono, BOP diberikan kepada pesantren dan pendidikan Keagamaan Islam yang aktif menyelenggarakan kegiatan pembelajaran serta terdaftar pada Kantor Kementerian Agama. Status terdaftar ini dibuktikan dengan Nomor Statistik Lembaga.

“BOP berbentuk bantuan uang tunai yang berasal dari DIPA Pusat/DIPA Daerah Tahun 2020,” katanya. Menurutnya, BOP ini dapat digunakan untuk pembiayaan operasional pesantren dan pendidikan keagamaan Islam. Misalnya, untuk membayar listrik, air, dan keamanan. “BOP juga bisa digunakan untuk pembiayaan kebutuhan protokol kesehatan, misalnya sabun, hand sanitizer, masker, thermal scanner, penyemprotan desinfektan, dan lainnya,” ungkapnya.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Keuangan bantuan adaptasi kebiasaan baru (AKB) diberikan total sebesar Rp2,6 triliun, dengan rincian Rp2,38 triliun untuk Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) dan Rp211,7 miliar untuk bantuan pembelajaran daring selama tiga bulan. Dana BOP tersebut akan diberikan untuk membantu 21.173 lembaga pesantren, 62.153 lembaga Madrasah Diniyah Takmiliyah, dan 112.008 lembaga pendidikan Alquran (LPA).

Sementara dana bantuan pembelajaran daring diberikan kepada 14.115 lembaga sebesar Rp5 juta setiap bulannya.(gw/fin)

Sumber: https://radarbanyumas.co.id/dana-rp-...dok-pesantren/

menteri semua agama emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
arvinnoer dan 5 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Dana Rp 2,7 T Segera Masuk ke 21 Ribu Pondok Pesantren
profile-picture
profile-picture
yp9nn dan galuhsuda memberi reputasi
Kira kira dananya cukup gak untuk mencetak bibit telorrice emoticon-No Sara Please
profile-picture
profile-picture
alfinando dan PrinScrup memberi reputasi
Pesantren emang ga dapat bantuan dari kemendikbud? Statusnya milik negara kayak sekolah negri atau swasta? Kalau milik swasta apa dasarnya dikasih bantuan?
Ini mentri agama atau mentri agama islam?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Skyland999 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh vangoz
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Alhamdulillah ya sesuatuu..emoticon-Traveller
Makasih paklek
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
Posthink aja, lembaga agama lain dianggap udah mampu dan gak perlu dibantu emoticon-Nyepi
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan galuhsuda memberi reputasi
Alhamdulillah.
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
si kakak cembokur....

ayo lebi giat lagi cari downline..

emoticon-Shakehand2
profile-picture
wiskey31 memberi reputasi
terimakasih pak jokowi.
Klean para santriwan dan santriwati akan menerima jatah per orang 5-10jt. Semoga duid 2.7T yg dibagikan bisak dipergunakan sebaek2 nya, seperti..
Cari enthod an, miras, bli baju2.. dan buku2 baru.
emoticon-Hansip Paham klean ?!
profile-picture
PrinScrup memberi reputasi
Diubah oleh mibmobz
NU juga dapat bantuan pemberdayaan ekonomi pesantern keknya berapa T gitu

hasil dukung jokowi di pilpres kemarin
Suka suka menteri satu agama lah...

emoticon-Leh Uga
2.700.000.000.000
------------------------------- = 128.571.428,57 emoticon-Malu mau donk
21.000
Seharusnya ditambah, masa sih cuma 2,7 T padahal kan tujuanya agar Pesantren jadi benteng NKRI yang menghalau islam transnasional



halah program gak jelas. makin gede angkanya, makin gak jelas juga distribusinya.
palingan ya klo gak nguap d jalan, tu uang ya jatuhnya k situ2 aja.
k kalangan kitak2. lol
Alhamdulillah,trm ksh pak mentri
alhamdulilah..... lahan subur ya gan emoticon-Shakehand2
Mantap betul menteri agama kristen ini .. emoticon-Leh Uga
profile-picture
PrinScrup memberi reputasi
Disaat yang sama, sunda wiwitan ditindas di kuningan emoticon-Recommended Seller

Spoiler for Mulusss:


emoticon-Angkat Beer
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Terima kasih jokowi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di