iskrimAvatar border
TS
iskrim
Wow, Serangga Indah Berusia 99 Juta Tahun Ditemukan Utuh Terjebak Dalam Getah Damar
Mungkin di negeri kita serangga ini lebih dikenal dengan sebutan Tonggeret/Garengpung/Kinjeng tangis, dll atau bisa jadi ini malah sejenis lebah purba yang amat tua, tentu saja menurut ahli dari Chinese Academy of Science, Pan Yanhongserangga purba ini diperkirakan berusia 99 JUTA tahun!

[ HT# 626 ]


Temuan super langka dan menakjubkan ini tersimpan sempurna terjebak dan terawetkan di dalam getah pohon damar, utuh, dan masih memiliki warna yang lengkap.

Menurut Pan Yanhong, warna hewan ini sungguh menakjubkan. Sebuah warna alam yang mewakili zaman prasejarah, semakin kita detail memperhatikannya maka semakin indah dan rumit untuk di jelaskan terlebih sebagian besar fosil dan tulang mereka tidak banyak memberi informasi yang cukup, maka semakin banyak misterilah yang harus di ungkap.

Menurutnya, warna-warna alami pada dasarnya berasal dari tiga sumber, yaitu bioluminesensi, pigmen, dan warna struktural. Warna struktural, diproduksi oleh struktur biofotonik berskala nano, adalah warna yang paling murni dan intens di alam.


Tekstur warnanya seperti memancarkan permukaan nano yang menyebarkan cahaya dengan panjang gelombang tertentu dan menghasilkan warna indah yang sangat intens.

Pan Yanhong beserta peneliti lainnya sebelumnya telah mengumpulkan 35 spesimen getah damar kering yang mengandung banyak fosil serangga berwarna cerah, dan sebagian besar sejenis tawon purba dan studinya telah di terbitkan dalam judul Proceedings of the Royal Society B: Biological Sciences.


Seperti sejenis tawon Kukuk yang terjebak di dalam getah damar terlihat tampak kehijauan yang warnanya sangat mirip dengan kumbang Kukuk zaman modern saat ini.


Gimana gan, melihat temuan Pan Yanhong beserta teamnya ini apakah kamu juga takjub melihatnya? Buat saya sendiri sih ini memang termasuk temuan yang luar biasa, karena secara fisik dan warna serangga ini masih tersimpan amat baik di dalam getah pohon damar.

Saya jadi berandai seumpama ada ahli arkeolog menemukan bangkai sejenis Dinosaurus yang juga tersimpan utuh, lengkap dengan struktur kulit, daging, tulang, gigi, mata, bulu, dan lain sebagainya di sebuah tempat pastinya dunia akan di buatnya geger dan otomatis sang ahli akan semakin terkenal di buatnya. Hanya berandai... siapa tahu menjadi kenyataan. Hm.

Sebuah opini
Sumur. scitechdaily, societypublishing
Img.science-online




Copyright © 2016 - 2020 iskrim

All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 23-07-2020 11:01
jangkrikgirl32
nde021097
alvi7272
alvi7272 dan 39 lainnya memberi reputasi
40
10K
143
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan