Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fanny.tjandraAvatar border
TS
fanny.tjandra
Alasan Starbucks 'Gagal' di Australia
Alasan Starbucks 'Gagal' di Australia

Siapa sih yang ga kenal sama Starbucks? Ane yakin agan sekalian pasti familiar banget sama merk kopi satu ini. ? Iya dong Starbucks ada di seluruh dunia tepatnya lebih dari 28.000 lokasi, bahkan di China sendiri setiap 15 jam 1 toko Starbucks muncul! emoticon-WakakaTapi agan tahu ga kalau Starbucks menganggap Australia termasuk salah satu negara tersulit untuk diterobos pangsa pasarnya. Bahkan di tahun 2008, Starbucks harus menutup 2/3 toko di Australia karena tidak profitable! Kira-kira apa ya yang membuat Starbucks kesulitan di Australia? emoticon-Confused

1. Terburu-buru melakukan ekspansi
Ane cerita dikit deh sejarahnya, jadi tahun 2000 Starbucks pertama kali buka cabangnya di Sydney dan langsung gencar buka cabang dimana-mana karena optimis melihat orang Australia demen minum kopi. Ini dia yang menjadi batu sandungan Starbucks karena terburu-buru buka cabang dan ga survey pasar dan memberi konsumen kesempatan mengenal Starbucks perlahan.

2. Terlilit hutang yang besar
Karena tindakan tadi akhirnya di tahun 2007 Starbucks mengalami kerugian sebesar $105 juta. emoticon-Frown Belum lagi ditambah hutangnya sebesar $54 juta. Makanya di tahun 2008 Starbucks menutup 75 cabangnya menyisakan 23 cabang saja di Australia.

3. Perbedaan budaya ngopi orang Australia dan Amerika 
Salah satu faktor kenapa orang Australia ga demen sama Starbucks karena budaya mereka dalam ngopi gan. Budaya ngopi orang Australia cenderung menganggap kalau tempat ngopi itu area buat berinteraksi, berbeda sama orang Amerika yang sukanya minum kopi sambil jalan buat kerja atau beraktivitas. 

4. Harga kopi Starbucks kalah bersaing dengan kopi lokal
Wah kalau ini sih di Indonesia juga ya gan. Kopi warteg bisa dapat 5.000 kalau di Starbucks bisa 30.000 huaaa menjerit dompet ane. emoticon-Frown Ini juga berlaku di Australia gan, jadi orang Australia mikir Starbucks sudah mahal banget dan rasa kopinya ga seenak buatan kopi lokal makanya mereka mikir 2x buat beli kopi Starbucks.

5. Menu kopi yang tidak sesuai selera orang Australia
Siapa sih yang ga tahu kopi andalan negara kangguru ini? Iya dong kopi Flat white dan Australian macchiato sudah jadi menu wajib buat cafe-cafe Australia! emoticon-Wowcantik Sayangnya 2 menu ini ga ada di Starbucks makanya orang Australia pada ga demen gan.

Itu dia gan beberapa alasan kenapa Starbucks kesulitan masuk ke pangsa pasar Australia. Kalau bermanfaat boleh lah lempari ane cendol gan hehehe
emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Source: CNBC & VOX
Diubah oleh fanny.tjandra 20-07-2020 00:08
sylvette
budak.cinta
budak.cinta dan sylvette memberi reputasi
2
2.8K
4
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan