ceuhettyAvatar border
TS
ceuhetty
Percayakah Gansist, Jika Warna Biru Mampu Menghilangkan Kasus Bunuh Diri?
Holla Kaskuser!



... Kamu adalah warna dalam pucat piasnya kehidupan ....

Ada yang ingat dengan penggalan puisi di atas? Ane lupa sih, penciptanya siapa. Btw, kali ini ane bukan mau ngebahas puisi sih, melainkan ngebahas efek dari salah satu warna primer yang ada di muka bumi ini.

Tahukah Gansist, bahwa warna dasar di muka bumi itu ada tiga? Warna tersebut ialah, biru, merah, dan kuning. Warna dasar atau disebut juga dengan warna primer merupakan warna yang tidak dapat dihasilkan dengan cara mencampurkan warna lain.

Google

Tapi, kok pelangi warnanya ada tujuh? Mari cek warna yang biasa dikenalkan sejak belia pada kita. Kumpulan warna yang biasa diingat dalam akronim ME-JING-KU-HI-BI-NI-U, Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Biru, Nila, dan Ungu.

Nah, kalo ternyata warna dasar itu cuma ada biru, merah, dan kuning. Lalu, dari manakah warna jingga, hijau, nila, dan ungu berasal? Ke-empat warna tersebut biasa dikenal dengan sebutan warna sekunder. Artinya, warna yang dihasilkan dari campuran warna-warna dasar. Misal, warna ungu adalah hasil dari campuran warna merah dan biru. Sementara hijau, campuran dari warna biru dan kuning. Udah jelas ya?

Okeey, kali ini ane mau ngumpulin penyuka warna biru, cung!

Ane suka banget sih, tapi, kalo ditanya alasannya kenapa? Gak tau juga, menurut ane menyukai sesuatu itu tidak selalu harus memerlukan alasan.

Banyak yang beranggapan bahwa warna biru simbol dari sebuah kedamaian dan bisa memberikan efek menenangkan. Hal ini karena, warna biru menyerupai dua unsur bumi, laut dan langit.

Dokpri

Namun, menurut ane pribadi biru merupakan lambang dari kemuliaan atau sesuatu yang dianggap berharga.

Coba lihat, istilah darah biru dipakai untuk menggambarkan para bangsawan. Permata yang biru juga dianggap sebagai batu yang sangat berharga dan menjadi simbol kekuatan jiwa. Lalu, iris mata yang memiliki warna biru pun dianggap sebagai kesempurnaan dari sebuah kerupawanan. Gansist sepakat?

Kembali pada kepercayaan yang menyebutkan bahwa biru memiliki efek yang menenangkan. Di abad modern seperti sekarang ini, hal demikian justru sangat dipercayai oleh dua negara maju, yakni Jepang dan Skotlandia.



Meski belum ada penelitian yang menyatakan kebenaran akan hal itu, tetapi pemerintah setempat telah membuktikan mitos tersebut.

Hal itu bermula saat pemerintah Skotlandia mengubah lampu jalanan dengan sinar lampu berwarna biru. Tak dinyana, hal itu kemudian menimbulkan ketenangan hingga menyebabkan pada penurunan angka kriminal.

Sementara itu, Jepang yang disinyalir sebagai salah satu negeri paling stress di dunia, kini menggunakan cahaya lampu berwarna biru dibeberapa stasiun kereta. Hal ini karena warga setempat menjadikan stasiun sebagai tempat terfavorit untuk bunuh diri.
emoticon-Takutemoticon-Betty

Menakjubkan, sebab efek menenangkan dari sinar lampu berwarna biru tersebut, menyebabkan penurunan drastis pada kasus bunuh diri. Bahkan di sebuah stasiun kereta, kasus tersebut telah dinyatakan hilang sama sekali. Wah luar biasa ya?
emoticon-Ultah :tepuktangan emoticon-Jempol

[QUOTE]Mizuki Takashashi dari Japan Institute Of Color Psychology mengatakan pada New york Time, "Kita mengasosiasikan warna biru dengan laut dan langit. Warna ini memiliki efek menenangkan bagi orang yang sedang terobsesi pada suatu hal, seperti yang biasa dialami oleh orang yang memiliki niat bunuh diri.



Dewasa ini, warna biru telah memiliki banyak turunan, semisal warna navy, lagoon, toska, dan Cyan.

Warna biru juga menjadi warna favorit sebagian kaum pria, setelah warna hitam. Karenanya, sebagian orang berpendapat jika warna biru juga menyimbolkan kemaskulinan, sama halnya dengan warna pink yang dianggap simbol dari kefemininan.

Google


Setiap warna memiliki sejarah dan arti tersendiri, yang perlu diketahui adalah setiap warna itu penting di dalam kehidupan. Bahkan warna hitam dan putih yang dianggap "kurang hidup" sekalipun. Jadi, ketika seseorang yang tengah merasakan kehampaan dalam hidupnya mengatakan bahwa hidupnya tidak lagi berwarna, itu bullshit!

Okeyyy, cukup sekian thread ane kali ini. Terima kasih bagi yang sudah mampir. See you next time, Insya Allah and papay.



Opini pribadi
Referensi :
1&2







Kunjungi Blog Group Kompak di Kaskus. Klik banner di bawah ini.

Diubah oleh ceuhetty 20-07-2020 10:20
hpykurnia
jungyeon96
AtkaHasena
AtkaHasena dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.8K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan