CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Data Telkomsel Dibobol, Denny Siregar Pindah Rumah & Siapkan Gugatan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f0eb417f4d695283d122522/data-telkomsel-dibobol-denny-siregar-pindah-rumah-amp-siapkan-gugatan

Data Telkomsel Dibobol, Denny Siregar Pindah Rumah & Siapkan Gugatan

Data Telkomsel Dibobol, Denny Siregar Pindah Rumah & Siapkan Gugatan

Jakarta - Pegiat media sosial Denny Siregar dan keluarga pindah rumah atau pindah tempat tinggal, mengganti kartu tanda penduduk atau KTP, juga mengganti kartu keluarga atau KK. Anak-anaknya otomatis pindah sekolah juga demi keamanan. Denny melakukan itu, tidak ada pilihan lain, setelah data pribadinya di Telkomsel dibobol, disebarluaskan di media sosial, dan keluarganya diteror.  

Kabar terkini Denny Siregar tersebut disampaikan Muannas Alaidid, kuasa hukum Denny Siregar, kepada Tagar, Selasa, 14 Juli 2020.

"Banyak hal yang kemudian sangat mengganggu kenyamanan, bukan cuma diri Denny, tapi juga keluarganya. Ada beberapa peristiwa kemudian sekelompok orang mendatangi rumahnya, seolah-olah ingin memberikan pesan tentang bagaimana ada sekelompok orang yang sangat tidak suka kepada Denny," tutur Muannas.

Muannas mengatakan kasus bocornya data pribadi Denny di Telkomsel ini bukan semata persoalan Denny pribadi, tapi juga persoalan 160 juta pemilik data yang berlangganan Telkomsel. "Mereka bisa mengalami hal sama seperti dialami Denny Siregar. Jadi, polisi secara hukum pidana harus mengusut tuntas peristiwa itu."

Ia mengatakan pihaknya sedang mempersiapkan gugatan kepada Telkomsel. "Pembelajaran berikutnya adalah bagi provider, sebuah korporasi besar, mereka harus berpikir bukan hanya keuntungan, juga harus bertanggung jawab soal sanksi termasuk misalnya denda kalau memang diperlukan untuk itu."

Ketika terjadi peristiwa Denny ini, kata Muannas, ia secara pribadi sebagai kuasa hukum Denny, baru merasakan betapa pentingnya Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP) segera disahkan.

"Karena sama sekali tidak ada perangkat hukum yang cukup untuk menjatuhkan sanksi terhadap penyelenggara sistem elektronik kalau mereka melakukan kesalahan seperti itu. Lagi lagi kemudian pelanggan yang justru dikorbankan, nah ini kan kemudian yang tidak ada solusi," tutur Muannas.

Data Telkomsel Dibobol, Denny Siregar Pindah Rumah & Siapkan Gugatan
Jumlah pelanggan Telkomsel tahun 2018. (Foto: Dok Tagar)

Muannas mengatakan dulu sebenarnya ada Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi akan disahkan, salah satu poinnya adalah memberikan sanksi kepada penyelenggara sistem elektronik, bisa hukuman penjara dan denda, untuk diberikan kompensasi kepada pelanggan

"Tapi banyak asosiasi provider itu menolak, makanya itu kemudian tidak jadi disahkan," ujar Muannas. "Padahal kerugian yang diderita itu nyata. Ketika Denny datanya disebar, dia mengalami kesulitan hebat. Mungkin Denny salah satu pelanggan. Banyak juga pelanggan-pelanggan lainnya."

Telkomsel, kata Muannas, selalu membanggakan sertifikat ISO, sertifikat keamanan data berstandar internasional. "Selalu mengatakan normatif bahwa seolah-olah sudah terjamin keamanan, itu kan yang disampaikan, tapi faktanya dia melupakan kejadian bahwa ada kegagalan, sistemnya berarti dipertanyaakn juga."

Tentang Febriansyah Puji Handoko, 27 tahun, karyawan lepas atau outsourcing Telkomsel di Surabaya yang sudah ditangkap polisi, tersangka pelaku pembobolan data Denny Siregar, Muannas sulit menerimanya.

"Bagaimana mungkin seorang karyawan outsourcing bisa membuka data, itu kan sulit kita terima, padahal kalau kita melihat akses data ini harusnya merupakan domain atau otoritas yang paling berhak di dalam internal penyelenggara elektronik, Telkomsel. Bayangkan begitu mudah data itu dibuka hanya levelan seorang pegawai lepas outsourcing, betapa bahayanya," ujar Muannas.

Kalau proses hukum hanya dibebankan pada pegawai outsourcing itu, kata Muannas, itu tidak pas. "Justru harus dibongkar, karena persoalan ini pun ternyata dikeluhkan banyak pelanggan. Jangan-jangan di dalam situ ada sindikat, jangan-jangan ada jual beli data, masalah data pribadi, antarkepentingan yang terjadi di dalam."

Denny Siregar, kata Muannas, mengatakan ini harus terus diperjuangkan, sampai publik memahami betapa pentingnya undang-undang perlindungan tehadap data pribdi, sehingga itu bisa segera disahkan. Tentang nilai kerugian Denny, kata Muannas, biar nanti hakim di pengadilan yang memutuskan. 

Sebelumnya, Badan Reserse Kriminal Kepolisian Negara Republik Indonesia (Bareskrim Polri) menangkap tersangka pelaku pembobolan data pribadi milik Denny Siregar. Tersangka bernama Febriansyah Puji Handoko, 27 tahun, karyawan kontrak atau outsourcing Telkomsel di Surabaya. Ia ditangkap di kawasan Rungkut Surabaya, Jawa Timur.

Usai membobol data pribadi Denny Siregar, Febriansyah memotretnya kemudian menyebarkannya di akun Twitter @opposite6890.

Febriansyah Puji Handoko dijerat Pasal 46 atau 48 UU nomor 11 tahun 2008 tentang ITE, atau pasal 50 UU nomor 36 tahun 1999 tentang telekomunikasi dan atau Pasal 362 KUHP atau Pasal 95 UU nomor 24 tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan dengan ancaman pidana paling lama 10 tahun penjara atau denda Rp 10 miliar. []

https://www.tagar.id/data-telkomsel-...r-pindah-rumah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bengukrawe dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh joko.win
Kalaurnang bisa pakai jasa kuasa hukum nih.
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
DS vs Kadrun cabang Telkomsel ini, menang banyak ini DS emoticon-Ngakak
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
terkaing kaing kokk dibilang menang banyak.....emoticon-Wkwkwk
deny siregar nyari duit jd buzzer penguasa
Ciri khas kadrun banget. Kalo uda ga suka, disamperin, mungkin kalo ketemu bakal di...... di.... pokoknya yang diajarin di manual book itu lah emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan gabener.edan memberi reputasi
kenapa den kok pindah rumah?
Kemungkinan DS ga bakal menang sih.. sampai sekarang ragu ragu dia maju gugat.. Wong yang nyebarin data tsb entah kebetulan petugas CS yang secara otorisasi memang ada akses ke data pengguna.. Dan telkomsel mestinya sudah dilindungi pakai NDA jaga jaga disebar dgn sengaja oleh petugasnya.. Kecuali yang nyebarin misalnya dari tim marketing atau finance.. Yang memang ga otorize ke database pengguna..
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
pindah rumah pun tidak menjamin ente gak ketemu kadrun ditempat yang baru
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Katanya mo Jihad kok malah pindah rumah sih Bang Zul emoticon-Big Grin

Apalagi sampe ngrubah ktp, kk dan nyuruh anak pindah sekolah segala, kayak menderita banget geetu loh, atau ini bagian dari pencitraan dizolimin biar dapat 15 T??

Ternyata ga enak jadi buzzeRp yang sudah kebongkar ya Bang Zul emoticon-Big Grin
profile-picture
chisaa memberi reputasi
Mantab dapat miliaran dah dari telkadrun.
Bisa pensiun nih desi...

Desi juga bukan orang sembarangan kali. Kek bisa aja kadrooners sentuh densi. Doi kuatir keluarganya aja.
Koneksi nya desi banyak itu droon.. doi salah satu jendral lapangan pemenangan jokowi sejak 2014
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Diubah oleh ikardus
Kok dibikin terzalimi sekali? emoticon-Bingung (S)

Emang selama ini gak ada yang tau alamat makhluk satu ini? emoticon-Bingung (S)
























































emoticon-Cape d... (S)
karena sudah fix nyata si haikal bayar orang buat nyari tau data desi.
telkomsel bakal ikut bayar ini...dan sebaiknya mahal...karena telah ceroboh membahayakan data pribadi pelanggannya.

emoticon-Ngakak
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
santai ajalah,... kalo ga ada salah,...
kamu kga bakalan di apa2in....
palingan itu rombongan orang yang mau ngajak ngopi....emoticon-Cendol (S)

Sini temenin gw cari tuhan di cangkir kopi...
tapi kopinya dah gw aduk2...
tuhannya ikutan lumer kga yak emoticon-Bingung (S) emoticon-Hammer
nantang nantang giliran dijabanin langsung kabur, anjrit emoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
chisaa dan reid2 memberi reputasi
Paling Gugatan Niet Onvankelijke Verklaard
Bisa dibilang belum matang berdemokrasi. Segala cara dihalalken!!.


emoticon-Leh Uga
Kasihan sih, suruh telkomsel urunan gih ama outsource-nya buat bayarin.
Kelihatan jahatnya selama ini


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di