ummusalihaAvatar border
TS
ummusaliha
[Coc_Ramadhan2020] Masak Menu Buka Puasa Simpel Dan Sehat Tidak Menyita Waktu!
Tahu lember dan ayam bumbu kuning


Assalamu'alaikum Agan Sista nggak udah masuk hari ke 9. Pastinya sudah banyak yang kita lewati selama 9 hari ini, ditambah kita puasa dalam masa covid-19 yang belum juga mereda. Semoga kita semua selalu ada dalam keadaan sehat ya. Aamiin


Nah kali ini Ane mau berbagi menu sekaligus resep masakan simpel dan masaknya nggak menyita waktu. Ane namain masakan ini dengan sebutan Tahu lember dan Ayam Kampung bumbu kuning.

Menu ini wajib Agan dan Sista ikuti, utamanya untuk para mahmud atau pengantin baru yang lagi belajar masak. Selain cara masaknya yang mudah dan tidak menyita banyak waktu. Ane juga bagi tips agar masakan tidak cepat basi. Oke tanpa membuat waktu kita mulai resep pertama.


Quote:


Langkah pertama yang di lakukan adalah merebus ayam kampung selama 30 menit. Tips penting biar rasanya nggak alot, saat merebus Agan/Sista bisa menambahkan 2 biji kemiri. Kalau orang kampung sini ada juga yang pake obat sakit kepala, memang mujarab daging ayam kampung akan lembut. Tapi kalau ane pribadi takut untuk make, sebagai gantinya ane pake kemiri aja.

Setelah ayam mejeng di kompor kalau ada 2 tungku di sebelahnya kalian bisa sambil menggoreng tahu. Seperti ini :



Sambil menunggu ayam di rebus dan tahu setengah matang. Iris bumbu untuk tumisan tahu jamur yang berupa bawang putih, bawang merah, tomat, jika suka pedas silahkan tambahkan sedikit cabe rawit.

Selesai mengiris bumbu tahu, kemudian ulek bumbu untuk ayam bumbu kuning yang berupa, bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, kunyit, takaran bumbu lainnya pakai feeling aja. Karena selera kita sudah pasti tidak sama dan tips biar mudah menguleg semua bahan. Tambahkan garam agar bawang dan kawan-kawan tidak licin saat di uleg.


Seperti ini penampakannya.



Spoiler for Cara masak tahu jamur:


Masakan kedua yaitu ayam bumbu kuning juga sama nggak ribetnya. Tumis ulegan bumbu hingga harum. Pakai api kecil saja agar bumbu matang merata, tumis hingga bau kemiri tidak tercium lagi.




Agar masakan tidak mudah basi karena pakai santan, apalagi yang nggak punya kulkas. Ane kasih tips nih, pas bumbu udah terasa matang. Santan di tumis bareng bumbu, lalu tambahkan sedikit air kaldu ayam sampe terlihat mendidih. Baru masukkan lagi sisa air kaldu ayam, kalau kurang tambahkan saja air secukupnya. Disini kalian harus agak sabar.



Masukkan ayam kemudian tutup wajan. Sebelum ditutup pastikan rasa sudah pas, karena nggak boleh dibuka selama 25 menit proses memasak.

Dann taraaa beginilah penampakan Ayam Bumbu Kuning & Tahu Jamur Lember




Dan inilah menu lengkap juga sehat ala keluarga kecil ane. Ada sayur dan tumisan, buah, kurma dan teh manis. Kalau buka kami minum teh manis juga makan kurma 3 biji, shalat dulu baru makan makanan berat.



Sekian thread kali ini dari Ane emak dua anak, semoga Agan dan Sista tertarik mencobanya. Selagi masak jangan lupa ya sampah jangan sampai berserakan, sediakan kantong plastik untuk sampah. Kalau ada kotoran minyak atau air menetes segeralah lap. Supaya ketika Agan/Sista selesai masak, nggak perlu capek kerja dua kali. Hanya untuk merapihkan dapur.

Jika suka silahkan Rate, Share dan Cendolin. Hatur nuhunemoticon-Angel

All Sumber Dokumen Pribadi


Spoiler for Berbagi cendol:


Diubah oleh ummusaliha 15-07-2020 02:04
riwidy
miftakhana
salilasa
salilasa dan 53 lainnya memberi reputasi
54
2.3K
118
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan