CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Budaya /
Batik Diklaim China, Benarkah? Jadi Bingung!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f0beb625cf6c414740a45c4/batik-diklaim-china-benarkah-jadi-bingung

Batik Diklaim China, Benarkah? Jadi Bingung!

Tampilkan isi Thread
Halaman 3 dari 8
Memang sejarah awalnya batik itu dr negri china, cuma indonesia lebih mengembangkan tradisi itu. Gk perlu khawatir jg, soalnyakan UNESCO sdh mengakui batik indonesia, duniapun tahu. Gk usah uring2an.
profile-picture
quae memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Wolah cina
emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Marah emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Marah
profile-picture
quae memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Hujat dulu, goblok belakangan
profile-picture
quae memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ane jadi binggung gan ...
profile-picture
quae memberi reputasi
Opini yang bagus...


Sekarang bayar hutang

😅
profile-picture
quae memberi reputasi
Quote:

bingung kenape gan? emoticon-Bingung
Quote:


wah wah saya gak merasa berhutang. emoticon-Leh Uga

indo belum mampu bayar utang bejibun.. emoticon-Cape d...
Apa mungkin efek karna batik uda besar di dunia sebagai fashion? lebih besar dari yang dulu?
sehingga ada klaim2 sesuatu,

Kalo masalah "sejarahnya" mah ga ada yang akan eksak tau gan/sis,
sekarang diklaim cina bener...jangan2 sebelum cina ada yang teknik waxing diatas kain dari hasil tinta celup (apa karena tinta dari cina???belum tentu juga)....karna sejarah ada periode kosongnya alias ga diketahui...kecuali fakta bicara laen bukan katanya-katanya...

profile-picture
quae memberi reputasi
ada apa lg nih negara penyebar virus
profile-picture
profile-picture
atfaserpihan dan quae memberi reputasi
ini si namanya ngaku2. kalaupun punya seni yg mirip emang harus gitu di kasih nama batik?. jgn suka dompleng nama yg sudah terkenal lah. ini pelanggaran gak cipta. kalau pun mirip silahkan kasih nama yg lain jangan batik. tingkat kemiripan pun kalau terlalu mirip tetap melanggar hak cipta. karena sudah ada aturan internasional nya. tentang hak cipta.
profile-picture
quae memberi reputasi
Diubah oleh atfaserpihan
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Quote:

itu salah paham aja gan, lagian Xinhua juga sudah meluruskan..
banyak dari kita yang belum tahu kalau batik itu sudah jadi kosakata bahasa Inggris..
Quote:

batik gan, batik bikin heboh sadunia Twitter.. emoticon-Leh Uga
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
negara penyebar virus gak punya etika. kemarin baru aja masalah natuna eh sekarang batik. dasar negara komunis
profile-picture
quae memberi reputasi
semua negara tahu cara celup kain bermotif, tapi yang namanya batik dengan motif dan desainya HANYA ADA DI INDONESIA..TITIK..
profile-picture
quae memberi reputasi
Klo ane sih setuju klo batik termasuk seni melukis dikain. Perlu pendalaman sejarah awal munculnya batik. Mungkin lbh ke seni melukis kain di indonesia disebut batik, sedangkan di lain tempat disevut berbeda. Cuman ya, batik indonesia lbh terkenal (keknya) emoticon-Bingung
profile-picture
quae memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:

bantai deh gan kalau sanggup.. emoticon-Leh Uga
Quote:

iya gan, UNESCO juga udah tahu..
cuman kita juga harus tahu kalau kata batik sekarang juga termasuk kosakata bahasa Inggris..
cuma klaim sepihak.. apalagi dr salah satu media aja.. gk usah seakan kebakaran jenggot gitu.. dunia udah tau kalo batik itu diakui sbg kekayaan budaya kita, bahkan unesco pun mengakuinya.. so, slama gk ada perubahan disitu.. ya anggep aja angin lalu
profile-picture
quae memberi reputasi
setuju sm pendapat agan!!! mnrt ane kalo di klaim2 gini malah rawan org2 jd pd rebutan ini itu si. entahlahhh oendapat ane aja
profile-picture
quae memberi reputasi
ya bisa aj.. budaya indo kan jga di pengaruhi/niru dari pedagang2 luar macam arab cina india eropa dll yg dulu mampir kesini.. klo ada yg mirip2 bisa jd
profile-picture
quae memberi reputasi
ga usah panik 2009 UNICEF sudah mencatat batik warisan dunia dari indonesia
profile-picture
quae memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Quote:

yep, itukan cuma masalah penyebutan aja..
keknya kata batik gak boleh digunakan untuk menyebut kerajinan serupa dari negara lain padahal batik itu sendiri adalah kosakata bahasa Inggris, udah di serap soalnya..
Quote:

iya gan, soalnya sejarah batik kayak gini mahal harganya..
turun temurun sejak era dahulu sampai bertahan di era modern itu kan sebuah kebanggaan tersendiri, dan itu nggak cuma di indo aja cuman dunia udah kepalang tanggung dengan nama batik yang merujuk kepada seni, sekaligus tekniknya..
Lihat 19 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 19 balasan
Quote:

yep, sebelum ngamuk-ngamuk sih baiknya ditelaah dahulu ye gan..
bijak gitu.. emoticon-Leh Uga
Quote:

iya gan, batik berserta teknik dan motifnya udah diakui Indonesia, tetapi di samping itu bersamaan dengan ketenaran trade mark batik yanh udah jadi kosakata bahasa Inggris sehingga tak heran orang luar menyebut seni yang menyerupai batik di negaranya tetep di sebut batik..

semacam pasta gigi (odol) air mineral (aqua) 🤣
Halaman 3 dari 8


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di