CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Surat Pembaca /
Perihal Tokopedia Soal Retur Barang
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f06acf768cc9528e978fbfd/perihal-tokopedia-soal-retur-barang

Perihal Tokopedia Soal Retur Barang

Hi juragan sekalian!
Apa kabar sekalian?
Semoga sehat-sehat selalu ya... emoticon-Wowcantik

Nah disini TS, mau minta sedikit saran nih. Entah TS yang salah atau bagaimana sih system Tokopedia mengenai Pengembalian barang.

Ceritanya TS seorang reseller. Karena TS ga punya modal yang bisa stok barang, makanya TS cuman bisa jadi reseller hehe.

Jadi systemnya, TS post product yang dari agen di Tokopedia. Lalu setiap ada orang yang order, TS langsung ke agen membeli produknya dan packing serapi mungkin untuk di kirim ke pembeli. Nah karena barang ini berupa LCD Handphone, LCD ga bisa TS test sebelom kirim, karena TS ga ada mesin dari merek ponsel tersebut buat test. Karena alasan itu juga, TS tulis di descripsi saat post produk di TOPED, " NO GARANSI / NO REFUND". Jelas donk peraturannya... Alasan kedua, TS pun saat beli itu LCD dari agen tidak ada Garansi, harus test di tempat. Alasan ketiga, bisa saja kerusakan terjadi saat pembeli melakukan test ke ponselnya (tertekan terlalu keras lah atau jatuh tampa sengaja).

Nah, kebetulan nih tiba-tiba ada yang order dari TS.
Beli lah TS ke agen dan packing serapi mungkin dan kirim ke alamat penjual.
Eh pas di tes oleh pembeli, ternyata LCD berkendala dan pembeli request untuk refund. Padahal sudah jelas di deskripsi produk tertulis tidak ada refund tidak ada garansi. Malah admin TOPED, setuju dengan pembeli untuk melakukan refund saat resolusi.

Ya sangat di sayangkan sekali, ternyata peraturan yang kita buat di deskripsi itu TIDAK berlaku. Akibatnya, saya mengalami kerugian jualan di toped. Jadi ga berani lagi jualan disana. Barang di balikan kesaya, sedangkan saya tidak bisa claim ke agen. 

Menurut juragan sekalian bagaimana?

Saya jadi trauma mau jualan di TOPED.
Mungkin kedepannya, kalau agen tidak memberikan garansi ke reseller, mendingan jgn jual ditoped deh. Soalnya peraturan di deskripsi yang kita tulis itu tidak berlaku.

profile-picture
profile-picture
Quadpixel dan adnanami memberi reputasi
yg ada harusnya supplier tes bukti barang jalan, dan pembeli jg unboxing sampai proses barang jalan /gak -- keduanya berupa video
kalau ada masalah masuk pusat resolusi
nanti disana dibuktikan siapa salah siapa benar , bukan maen larang2an sama peraturan yg dibuat sepihak, ga adil itu namanya...

ga peduli juga agan dropship atau bukan....

saran ane dropship jangan barang ginian... ribet

klo ane liat ga ada yg salah sih dr tokpednya, udah berimbang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
citizen88 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 17 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 17 balasan
masuknya dropship kali ya buka reseller emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
adnanami dan 08888573788 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
brarti ya barang dagangan ente ga cocok di marketplace bro.
marketplace rame karena buyer merasa dilindungi / ada jaminan ketika barangvyg dibeli tidak sesuai.
jd aturan no refund dan no retur ga bakal di anggep sama yg punya marketplace karena ga sejalan ma visi mereka.

btw ane ga bilang ente salah ya. tp emang ga cocok model kyk gitu
profile-picture
profile-picture
kudoSinichii dan 08888573788 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
namanya numpang dagang ya terima aja.. klo mau 'my place my rule' bukin web sendiri aja atau jualan di IG
profile-picture
profile-picture
adnanami dan 08888573788 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


lampirkan dulu buktinya
profile-picture
08888573788 memberi reputasi

Ada di syarat dan ketentuan

Hal ini diatur di syarat dan ketentuan toped Gan. Lihat poin no.4 berikut
Perihal Tokopedia Soal Retur Barang
Saran saya kalau mau jualan di platform pihak ketiga, dibaca dulu s&k nya spy klo knapa2 bisa protes.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Quadpixel dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
ente cari agen lain aja gan yg ada garansinya.
karena pengalaman ane sih udah berapa kali belanja LCD di toko ijo, emank selalu ada garansinya selama 7 hari. jadi coba cari agen lain
profile-picture
meowzie memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Berjualan di market place manapun, yang berlaku adalah peraturan market place, jadi peraturan apa pun yang TS buat itu tidak ada gunanya
Peraturan market place jelas, pembeli membeli barang bagus, jika TS tidak yakin barang yang dikirim bagus atau rusak, dan pembeli bisa membuktikan bahwa saat barang diterima , barang sudah sudah dalam kondisi rusak, maka memang harus refund

profile-picture
08888573788 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di