Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

lynna123Avatar border
TS
lynna123
TikTok Analytics : Seberapa Penting Peran Pemasaran TikTok Dalam Bisnis?
Di masa sekarang ini, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi rasanya sulit untuk dihindari. Hampir seluruh aspek kehidupan manusia dapat dikerjakan dengan teknologi canggih yang tentunya lebih mudah dan praktis dibanding menggunakan cara lama.

Salah satu yang mengalami perubahan ke arah yang lebih canggih adalah dalam bidang bisnis. Mungkin Anda juga sudah menyadari jika pemasaran melalui sosial media saat ini semakin meningkat. Ya, sosial media saat ini memang sedang sangat digandrungi. Terutama oleh generasi muda. 

Berbagai platform digunakan untuk menjangkau khalayak pengguna media sosial tersebut. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, hingga TikTok.

Tiktok? Ya, TikTok. Anda mungkin merasa heran bagaimana aplikasi dari negeri tirai bambu ini bisa meraih hasrat para pengguna media sosial. Aplikasi ini menjadi wadah bagi para pengguna media sosial untuk menunjukkan sisi kreatif mereka dalam bentuk video, music dan foto. TikTok menyediakan beragam fitur menarik yang bisa digunakan untuk menuangkan imajinasi penggunanya, seperti efek khusus, klip music, duet, rekaman klip pendek, serta pilihan musik latar.

Menurut informasi dari Datareportal, hingga tahun 2019 TikTok sudah memiliki sekitar 500 juta pengguna aktif.  Bagaimana bisa sampai sebanyak itu? Jawabannya adalah karena mayoritas penggunanya merupakan kaum remaja yang sedang dalam proses mencari jati diri. Sehingga aplikasi TikTok dianggap dapat menjadi media pengekspresian diri mereka di dunia maya.

Berbagai ide kreatif selalu bermunculan di aplikasi TikTok. Meski begitu, tidak semua pengguna TikTok merupakan pelaku utama dari berbagai ide kreatif tersebut. Banyak pula yang menggunakan aplikasi ini hanya untuk sekadar mencari hiburan semata. Berbagai konten di aplikasi Tiktok memang terbilang cukup menghibur. Perpaduan antara ide kreatif dengan fitur-fitur menarik menjadi yang bertanggung jawab atas kemunculan beragam konten unik di TikTok.

TikTok Analytics.

Sejak dua tahun kemunculannya, aplikasi TikTok telah berhasil mengumpulkan hingga 500 juta pengguna atau setengah dari pengguna Instagram. Menariknya, TikTok  merupakan aplikasi Android yang paling banyak diunduh di AS dengan total unduhan mencapai 9,14 juta. Jumlah ini berhasil mengalahkan Instagram yang ‘hanya’ diunduh sebanyak 2,47 juta kali.

Dari sini Anda pasti sudah bisa merasakan bagaimana peran TikTok yang makin berusaha ‘merajai’ platform media sosial di masa ini. Terlebih dengan 41% penggunanya yang berada di rentang usia 16-24 tahun. Usia tersebut biasanya akan lebih konsumtif, di mana mereka membeli sesuatu atas dasar keinginan, bukan kebutuhan. Tentunya menjadi sasaran yang sangat tepat untuk pemasaran produk Anda bukan?

Karenanya, perencanaan strategi pemasaran yang tepat dengan menggunakan TikTok diyakini akan menjadi cara yang  tepat untuk menyebarkan produk-produk Anda.

Lalu bagaimana cara mengetahui tingkat keberhasilan upaya pemasaran TikTok tersebut? Jawabannya adalah dengan TikTok Analytics.

Sesuai namanya, TikTok Analytics akan membantu Anda mengetahui kinerja dari konten yang dibuat terhadap audiens. Alat analisis ini bisa dibilang mirip dengan Instagram Creator.  Untuk mengakses TikTok Analytics ini, Anda harus menggunakan akun pro terlebih dahulu.

Caranya mudah. Anda hanya perlu masuk ke pengaturan profil akun TikTok Anda lalu pilih opsi Kelola Akun Saya. Kemudian pilih Beralih ke Akun Pro. Setelah itu Anda akan diminta memilih kategori fitur untuk akun Anda. Terakhir, masukkan nomor telepon untuk akun Anda serta kode yang akan Anda terima melalui SMS.

Setelah akun Pro siap, kembali ke menu pengaturan. Anda akan melihat opsi Analytics. Sedikit informasi, Anda harus menunggu sekitar satu minggu untuk mendapatkan cukup data mengenai kinerja konten dengan TikTok Analytics. Sembari menunggu, baiknya Anda membuat konten yang banyak untuk mempromosikan produk Anda. Dengan begitu, analisis yang didapat akan semakin mendalam.

TikTok Analytics akan memungkinkan Anda mengetahui total penayangan konten Anda, seberapa banyak pengguna yang mengunjungi akun Anda, konten apa yang mendorong pengguna melihat akun Anda, grafik pengikut akun Anda, hingga data wilayah dari para audiens.

Trend pemasaran produk harus terus mengikuti perkembangan minat masyarakat. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi TikTok, aplikasi yang sedang digandrungi para generasi muda saat ini. Kepopulerannya membuat aplikasi TikTokturut berperan penting dalam pemasaran suatu produk.  Tertarik menggunakan pemasaran TikTok untuk bisnis Anda?


Diubah oleh lynna123 06-12-2019 07:10
magnum.firman
magnum.firman memberi reputasi
1
843
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan