sonyabonithaAvatar border
TS
sonyabonitha
Masih Belum Tau Makanan Probiotik Tinggi? Yuk Cek Apa Makananmu termasuk


Haii guyss…

Kali ini gua bakal bahas tentang makanan probiotik, kalian tau ga sih apa itu makanan probitiotik?. Masih ada yang belum tau apa makanan probiotik itu? Yuk simak penjelasannya!

Apasih probiotik?

Probiotik adalah mikroorganisme hidup berupa bakteri atau jamur yang berada di sistem pencernaan manusia. Dengan adanya probiotik dapat membantu melindungi dan memelihara kesehatan sistem pencernaan, terutama pada bagian lambung dan usus, dari beragam serangan penyakit. Probiotik juga dapat berperan dalam meneruskan makanan atau minuman yang sudah kita telan agar bisa dicerna.

Dan apasih manfaat mengkonsumsi makanan probiotik?

emoticon-Kiss (S)Memperkuat sistem kekebalan tubuh

emoticon-Kiss (S) Mengurangi efek antibiotik

emoticon-Kiss (S) Mencegah peradangan 

emoticon-Kiss (S) Mencegah eksim atau perdangan kulit, penyakit ini sering menyerang bayi dan anak-anak karena mereka memiliki sistem kekebalan tubuh yang belum matang atau tidak sekuat orang dewasa. Tetapi untuk orang dewasa probiotik dapat menenangkan gejalanya.

emoticon-Kiss (S) Menyehatkan sistem percernaan 

emoticon-Kiss (S) Meningkatkan kesehatan vagina

emoticon-Kiss (S) Mengurangi intoleransi laktosa, probiotik terdiri dari asam laktat yang membantu dalam mengonveksi laktosa menjadi asam laktat sehingga dapat menghindarkan orang dari alergi produk susu yang mengandung laktosa.

emoticon-Kiss (S) Membersihkan saluran usus

Banyak banget kan manfaat bila kita mengkonsumsi makanan probiotik. Dan berikut ini gua bakal kasih tau beberapa makanan yang mengandung probiotik tinggi, antara lain :

1. Kimchi
Spoiler for :

Siapa yang tidak tau kimchi? pasti bagi kalian yang sering menonton drama Korea tidak asing lagi  dengan makanan yang satu ini. Kimchi  merupakan makanan tradisional Korea yang terbuat dari sayuran asin dan fermentasi seperti sawi, kol dan lobak. Makanan ini dibumbui dengan bubuk cabai, jahe dan bawang putih.

Makanan tersebut dapat memberikan banyak manfaat kesehatan lho, seperti mengatur keseimbangan mikroflora di usus, mengurangi masalah perut seperti diare dan sembelit serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


2. Yogurt
Spoiler for :

Yogurt memang tidak terlalu populer untuk sarapan pagi, tapi ternyata yogurt memiliki banyak manfaat besar lho. Menurut Toby Amidor selaku penulis The Healthy Meal Prep Cookbook, yogurt mengandung bakteri baik untuk pencernaan, seperti lactobacillus bulgaricus.

Lactobacillus bulgaricus mampu menghasilkan asam laktat yang membantu melawan bakteri buruk. Ia juga merekomendasikan kita untuk mengonsumsi yogurt yunani, yang memiliki lebih sedikit gula dan sodium dan lebih banyak protein daripada jenis lainnya.

Nih salah satu yogurt yang memiliki probiotik tinggi adalah Yummy Yofit, sebab didalam Yogurt Yummy Yofit terdapat banyak bakteri baik yang bermanfaat untuk memelihara sistem pencernaan tubuh kita. Selain itu, yofit juga merupakan yogurt yang fat free alias bebas lemak. Kalian bisa membeli produk Yummy Yofit dengan mudah disini


3. Asinan kubis
Spoiler for :

Asinan kubis adalah hasil fermentasi asam laktat, proses di mana bakteri mengubah gula menjadi asam laktat. Menurut Becky Kerkenbush, asinan kubis ini dapat membantu menjaga usus tetap sehat dengan mencegah perkembangan bakteri jahat. Dan Amidor juga mengatakan bahwa satu cangkir asinan kubis menyediakan sekitar 30 kalori dan merupakan sumber vitamin A, C dan K yang sangat baik. Makanan ini juga menyediakan serat dan zat besi.


4. Acar
Spoiler for :

Selain mengandung probiotik yang bermanfaat bagi usus, Becky Kerkenbush mengatakan bahwa makanan ini rendah lemak dan kalori, namun, kaya akan serat dan Vitamin A serta K. Meski demikian ia menyarankan agar kita mengonsumsi acar secukupnya saja, karena acar mengandung natrium yang tinggi.


5. Tempe
Spoiler for :

Menurut Jamie Johnson dari Ingraining Nutrion, makanan yang terbuat dari kedelai difermentasi ini mengandung sejumlah manfaat kesehatan, seperti protein yang membantu membangun dan memperbaiki otot dan membuat kita merasa kenyang. Johnson juga menyarankan untuk menambahkan tempe dalam makanan seperti sup, hidangan tumis atau sandwich, atau sebagai pengganti daging dalam hidangan pasta.


6. Miso
Spoiler for :

Miso adalah pasta yang terbuat dari kedelai yang difermentasi. Makanan ini biasanya digunakan sebagai bahan utama dalam sup miso. Stephanie McKercher pemilik The Grateful Grazer - sebuah laman yang menyediakan resep makanan sehat - mengatakan bahwa makanan ini adalah sumber mineral antioksidan yang baik.


6. Kefir
Spoiler for :

Kefir adalah minuman susu fermentasi yang tak hanya mengandung probiotik. Menurut Leslie Bonci, makanan ini merupakan sumber kalsium dan protein. Protein dapat meningkatkan perasaan kenyang, yang dapat membantu mengendalikan nafsu makan.


7. Kombucha atau teh jamur
Spoiler for :

Teh yang sedikit bersoda dan asam ini tidak hanya mengandung probiotik lho, tapi juga mengandung vitamin B, yang membantu menopang sistem kekebalan tubuh dan menurunkan risiko penyakit jantung. Namun, Amidor mengatakan bahwa minuman ini mengandung hingga 3 sendok teh gula dalam setiap botolnya.


Nah itu dia beberapa makanan yang mengandung probiotik tinggi, apakah makanan kalian termasuk? Yuk sebutkan nomer berapa!

sumber

Diubah oleh sonyabonitha 25-06-2020 22:25
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
745
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan