CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Mau Saldo GoPay? Yuk ikutan Survei ini GanSis!
Home / FORUM / All / Story / Heart to Heart /
soal cinta beda agama, menurut kalian?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efc7e95f0bdb24923701081/soal-cinta-beda-agama-menurut-kalian

soal cinta beda agama, menurut kalian?

Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 3
tergantung orangnya sih gan, kalo menurut gue nikah beda agama ga akan terlalu jadi masalah untuk orang2 yg engga religius, karena bersatu karena punya tujuan yang sama.
tapi....
kadang kalo udah tua dan orang dalam posisi kepepet sering banget tuh gan yang nyari secercah harapan entah karena masalah atau penyakit, ujung2nya mengadu ke tuhan, nah kalo kondisi udah kaya gini bisa buyar tuh pernikahan gan.

kita perhatiin deh gan di Indonesia influencer kaya reza arab aja dia bilang di acara dedy corbuzier, dia ga peduli masalah agama, malah sampe berani bilang kalo dia sendiri itu agnostik, tapi kalo gue analisa dia berani bilang gitu karena dia keadaanya lagi sangat muda, lagi sehat, dan punya segalanya. coba deh kalo dia mulai tua, akhirnya ya bakal kaya lawan bicaranya ya si om dedi itu sendiri mulai mikirin yg namanya agama emoticon-Big Grin

nah balik lg ke masalah hubungan, gue inget omongan calon istri gue, yang namanya negara itu kaga ada yang namanya negara sahabat. yang ada itu kedua negara yang memiliki kepentingan yang sama2 menguntungkan mereka sendiri. terus kalo gue pikir2 sama aja kaya manusia ya ga sih...
profile-picture
Sebatangduarebu memberi reputasi
GK bisa di terusin, gk akan bisa bersatu
profile-picture
Sebatangduarebu memberi reputasi
kalau negara sih sah kaya nya , tapi yang paling penting itu menurut agama , kalau ga seiman sama aja boong , meskipun sudah menikah tetep aja kalau berhubungan termasuk zina karna beda agama . agama itu paling penting sih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
id.mahlukplanet dan 2 lainnya memberi reputasi
kl mau ya kimpoi lari (dulu), ini kl yg cowok islam. kl sebaliknya ndak akan bisa
profile-picture
Sebatangduarebu memberi reputasi
Ini kasus terjadi dalam hidup gue dan tak bisa di generalisir .

Ayah gue seorang kristen (gue gak bakal sebut marga ) dan ibuku islam menikah lah mereka. Ayah gue masuk islam demi menikahi pujaan hatinya (ibu gue) dan pernikahan dari pihak ayah gue cuma di hadiri abg ayah gue(paman gue). Keluarga dari pihak ayah gue menentang keras hal ini.

Dan sampai kisah paling kelam dalam hidup gue yg mungkin gue gak tau rasanya saat itu . Singkat cerita , ayah gue dihasut keluarganya untuk balik ke
Agama nya kristen dan ayah gue pun balik ke kristen dan mengajak ibu gue ikut ke agama kristen , tapi ibu gue menolak dan ayah gue pun meninggalkan ibu gue dengan kondisi hamil 3 bulan . Bahkan setelah gue lahir , gue hampir diculik nenek gue (pihak ayah gue) untung tante gue (pihak ibu gue) Melihat itu dan berhasil mencegahnya.

Ayah gue datang setelah umur gue 3 tahun. Dengan itikad baik datang ingin melihat gue. Namun , ketika dia datang malah disodori minuman mansion oleh paman gue dan sebilah parang di tangan (ngajak ribut) dan ayah gue pergilah dan tak muncul lagi dalam hidup gue sampai saat ini.

Lebih baik tak usah dilanjutkan hubungan beda agama jika ada salah satu pihak keluarga yg tak setuju.
Gue gak mau aja kejadian dalam hidup gue terjadi dalam hidup orang lain.

Anjir malah curhat ane emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
id.mahlukplanet dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Lelo11
Oh, gitu ya... makasih ya dibantu lengkapi, nice info. emoticon-thumbsup
Agamanya apa dulu gan ? Siapa tau saya bisa bantu jawab
profile-picture
Sebatangduarebu memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Agamanya apa dulu gan, soalnya lelaki muslim menikah dengan ahli kitab itu masih sah
profile-picture
profile-picture
dindademiyanti2 dan Sebatangduarebu memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Ane coba bantu jawab dari sudut pandang islam yah gan.
Di surat Al Maidah:5 "Makanan (sembelihan) orang-orang yang diberi Al-Kitab itu halal bagimu, dan makanan kamu halal pula bagi mereka. (Dan dihalalkan mengawini) wanita-wanita yang menjaga kehormatan di antara orang-orang yang diberi Al-Kitab sebelum kamu"
Wanita dari kalangan Ahli kitab (yahudi & nasrani) halal dinikahi. Pendapat ini juga dibenarkan dengan 4 mahzab jumhur ulama dari kalangan Hanafiyah, Malikiyah, Syafi’iyah, dan Hanabilah (Hanbali).
Tetapi dalam mahzab syafi'i wanita ahli kitab haru benar2 keturunan murni yang nasab nya masih tersabung dengan nenek moyang yang memegang agama yang benar nasrani (pada saat itu). Namun untuk mahzab hambali selama wanita tersebut beragama yahudi atau nasrani boleh dinikahi. Mereka semua halal dan sah selama lelaki muslim menikahinya, tapi klo wanita muslim dinikahi lelaki ahli kitab itu hukumnya mutlak haram. Wallahu a'lam.
profile-picture
profile-picture
id.mahlukplanet dan Sebatangduarebu memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Silahkan bertabayun lagi gan, banyak koq gan dari ustad yang sudah berkapasitas dalam hal itu. Ohiyaa ini khusu wanita ahli kitab ya (nasrani dan yahudi), klo wanita musyrik (budha, hindu, d.l.l) gak berlaku gan.
Lebih baik juga pertimbangkan juga semisal nih pas udah nikah selama 3 tahun dan punya anak berumur 2 tahun tiba2 suaminya mati, trus anaknya gimana ? Karena gak ada jaminan bahwa si ibu akan membawa anak tersebut ke islam, makanya semisal di negara islam pernikahan beda agama seperti diatas boleh, namun jika sang suami meninggal maka anak teersebut diambil oleh negara dan di didik menjadi muslim dan tetap menghargai ibu nya meskipun seorang ahli kitab
profile-picture
profile-picture
id.mahlukplanet dan Sebatangduarebu memberi reputasi
Lihat 1 balasan
katakan tidak untuk nikah beda agama.... msh byk wanita/pria diluar sana yg seagama....
profile-picture
Sebatangduarebu memberi reputasi
selama pasangan nya open minded dan mau menerima perbedaan pasangannya baik dari agama, kebiasaan sertakan kekurangannya mungkin aja rumah tangganya bisa langgeng tapi balik lagi syarat sebuah pernikahan adanya restu dari orang tua... meski udah open minded dan mau menerima semua perbedaan kalo gak dapat restu orang tua gak bakal bisa tenang...
profile-picture
Sebatangduarebu memberi reputasi
mendingan kelarin aja deh. kaya saya 🤣🤣
profile-picture
Sebatangduarebu memberi reputasi
thank you buat semua jawaban agan yang udah ditulis disini, seneng banget bisa dapat banyak respon dan banyak input, jadi podcastnya bisa tambah relate & bisa jadi refrensi yang masuk akal buat yang dengerin nanti, nanti kalo udah tayang jangan lupa disuport ya gan,hehehe
.
.
https://www.youtube.com/channel/UCdI...Oki_-ZowqmB7vw
kebanyakan di indonesia pindah agama karena pernikahan.
ada suami istri beda agama jamal nirdad lidya kandow
profile-picture
Sebatangduarebu memberi reputasi
pacaran beda agama ok2 aja sih buat ane asal kedepannya punya komitmen utk jdi 1 agama.....istria ane mualaf setelah pacaran 5 th....cuma dari awal ane udh bilangin klau ane mau nyari istri dan syaratnya harus ikut agama ane....klau mau lanjut kalau ga bubar......alhamdulillah sekarang kami bahagia
profile-picture
profile-picture
id.mahlukplanet dan Sebatangduarebu memberi reputasi
thank you agan semua buat atensi sama thread gue, akhirnya gue jadi nemu point kemana gue harus ngebawa omongan gue buat podcast soal "Cinta Beda Agama" ini, kalo sempet, cek & komentari ya gan, jgn lupa support subscribe, like ama sharenya..

link:
Kl menurut gw sih sebaiknya jangan beda agama, krn selain emg dlm ajaran agama gw dilarang, gw juga punya alasan pribadi misalnya

1. Anak
Salah satu tujuan menikah ya untuk punya keturunan dan anak yang dibesarkan oleh org tua yg berbeda keyakinan akan bingung dan tumbuh menjadi kacau dengan keyakinannya sendiri. Yah emg ada yg akhirnya memutuskan utk mencari jawaban dr kegalauan dlm keyakinannya, tp banyak juga yg ga peduli sehingga ga punya keyakinan yg kuat.

2. Visi & Misi Keluarga
Membangun sebuah keluarga dgn dua dasar yg berbeda itu berbahaya, ibaratnya perusahaan yg dipimpin oleh 2 bos yg memiliki visi & misi berbeda, maka arah perusahaan tersebut akan bercabang. Krn membangun keluarga harus memiliki 1 visi & misi yg sama dimulai dari suami istri dan kemudian anak mereka. Kl visi misi aja ud ga sama, tinggal menghitung waktu kapan bom waktu itu meledak.

3. Diskusi mengenai kerohanian
Untuk memiliki keluarga yg harmonis, kondisi kerohanian juga menjadi suatu hal yg penting. Bila suami istri memiliki keyakinan yg berbeda, bagaimana mereka dapat berdiskusi untuk saling membangun kerohanian masing-masing? Yg dapat dilakukan hanya mendoakan pasangan menurut keyakinan masing-masing.

Itu 3 hal yg menjadi pertimbangan gw saat memilih pasangan yg berbeda agama. Karena membangun keluarga adalah perjalanan jangka panjang, jadi berpikirlah panjang sebelum memutuskan untuk menikah beda agama.
Surem gan.. Kecuali ada yang mo mengalah salah satu
Selama tidak ada restu orang tua,sampai kapanpun tidak akan berjalan lancar.
Halaman 2 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di