CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Bikin Bawang Goreng Sendiri Dirumah Ternyata Gampang Loh, Inilah Langkahnya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efb535982d4955453311b44/bikin-bawang-goreng-sendiri-dirumah-ternyata-gampang-loh-inilah-langkahnya

Bikin Bawang Goreng Sendiri Dirumah Ternyata Gampang Loh, Inilah Langkahnya

Membuat bawang goreng sendiri dirumah

Bikin Bawang Goreng Sendiri Dirumah Ternyata Gampang Loh, Inilah Langkahnya

Hallo agan sista, ada yang suka bawang goreng untuk campuran memasak, taburan nasi goreng, atau taburan bakso dan soto?

Kalau suka berarti samaan dong sama TS. Karena bawang goreng yang ditambahkan dalam makanan menjadikannya bertambah enak dan sedap baunya.

Ane biasanya membeli bawang goreng siap konsumsi dipasar. Tapi kali ini mau nyoba membuatnya sendiri dirumah.

Ada yang mau ikutan juga?

Yuk, cekidot.


Tahapan membuat bawang goreng ala ane

1. Memilih bawang

Bikin Bawang Goreng Sendiri Dirumah Ternyata Gampang Loh, Inilah Langkahnya

Agan dan sista bisa memilih bawang sesuai selera. Namun bila ingin mendapat hasil bawang goreng yang besar dan tidak hancur, maka gansis bisa memilih bawang yang ukurannya besar. Hasil gorengannya pun jadi terlihat lebih banyak.

Misalnya bawang merah jenis karet. Selain ukurannya yang besar, harganya juga dibawah harga bawang merah biasa. Jadi lebih ekinomis kan.

2. Mengupas

Bikin Bawang Goreng Sendiri Dirumah Ternyata Gampang Loh, Inilah Langkahnya

Kalau sudah dipilih bawang merah yang pas dengan selera, maka bawang bisa langsung dikupas sampai bersih. Lalu dicuci dibawah air mengalir.

Bagian ujungnya tidak perlu dipotong ya, untuk pegangan gansis saat memotong.

3. Mengiris

Bikin Bawang Goreng Sendiri Dirumah Ternyata Gampang Loh, Inilah Langkahnya

Bawang yang sudah dicuci, bisa diiris tipis-tipis menggunakan pisau,
Slicer atau pemotong sayuran.

Jika diiris manual menggunakan pisau, maka harus diperhatikan ketebalannya. Agar nanti matang merata dan tidak ada yg gosong duluan.

4. Menggoreng

Bikin Bawang Goreng Sendiri Dirumah Ternyata Gampang Loh, Inilah Langkahnya

Bawang bisa digoreng dalam minyak panas dan banyak, agar semua bagian terendam minyak sehingga bisa matang merata.

Juga beberapa kali harus diaduk ya.

Bikin Bawang Goreng Sendiri Dirumah Ternyata Gampang Loh, Inilah Langkahnya

Ini nih kalau bawang gorengnya sudah matang, akan berwarna coklat dan baunya harum khas bawang goreng.

5. Menyimpan

Bikin Bawang Goreng Sendiri Dirumah Ternyata Gampang Loh, Inilah Langkahnya

Bawang goreng yang sudah ditiriskan dan didinginkan bisa disimpan dalam wadah yang tertutup rapat agar tetap terjaga kerenyahannya. Atau bisa disimpan dalam kulkas.

Bisa juga dibungkus dengan plastik kecil-kecil, sehingga digunakan sekali pakai tiap bungkusnya.

Inilah tips ala TS dalam membuat bawang goreng sendiri.

Semoga bermanfaat.

Selamat mencoba ya.

Silahkan beri komen yang baik, cendol dan rate bintang


Sumber gambar. Dokpri
Sumber tulisan. Opini pribadi

Bikin Bawang Goreng Sendiri Dirumah Ternyata Gampang Loh, Inilah Langkahnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yunandita dan 24 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh betiatina
Halaman 1 dari 2
selamat mencoba ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riwidy dan 5 lainnya memberi reputasi
kriuk-kriuk yang menambah gorengan makin lezat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riwidy dan 5 lainnya memberi reputasi
hmm gampang banget ya emang bikin bawang goreng tuh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
di rumah juga suka bikin sendiri, kalau banyak capek sih ngirisnya misal masih manual hehehe
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
udah pernah coba tapi ta berhasil bu. besok nek hrg brambang dah turun panen raya ta drop yo...lmyn mendongkrak hrg brambang klo pas murah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
cara bikin bawang goreng adalah :

bawang, digoreng...udah
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Ini wajib nih kalo ane di rumah harus ada di meja makan. emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
rmh di kasih tepung atau apa gt ( ga lihat )
kalo polosan cmn loyo
sering lupa tutup emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Quote:


Quote:


Coba digaremin dulu trus diperes airnya
Krn digoreng di minyak panas, moisture yg di dalem kan gabisa keluar pas digoreng
Jadinya pas uda adem baru keluar tuh air dan bikin lembek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
0w. ,gtu cara'a baru tadi pagi ane beLi bawang goreng Rp 12 rb yg d bungKus d pLastiK sampai pLastiKnya kembung ad angin kayak d tiup trus klo d pecahin bunyi x.. maKLum hanya bs beLi & mKn..hehe
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
yaAllah ini kesukaan ane, kalo di rumah lagi ada bawang goreng pasti ane cemilin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
kalau kalau ane bikin bawang goreng begini mah nggak bakalan bisa awet lama secara ane demen sama bawang goreng bisa bisa nyemilin bawang goreng ditoples emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Wah asyik nih bisa buat masakan tambah nikmat, apalagi kalau bikin mie taburi ini top dah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 4 lainnya memberi reputasi
Wah nyetok bawang goreng banyak banget buat apaan tuh sis?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
rajin amat sist bikin bawang goreng, memang enak dibuat taburan masakan yg sdh matang seperti sop.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
ane nihh suka bantuin emak ane bikin bawang goreng, udh gitu lebih enak kl goreng dewekkk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
Info yang bagus nih, semoga ntar bisa bikin bawang goreng yang renyah dan enak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
Terima kasih tipsnya, Sist. Bawang goreng kriuk-kriuk, enak dan harum ditabur di atas berbagai macam masakan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
saran dari koki handal. kalo mau tahan lama dan krispi sebelum goreng diaduk dengan garam lalu cuci. atau direndam minyak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
kalau disimpan di kulkas tetep renyah juga ya? nggak jadi lembek?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di