CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Nasabah Sulit Tarik Uang, Begini Respon Bank Bukopin
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efc33d268cc95563b5805a3/nasabah-sulit-tarik-uang-begini-respon-bank-bukopin

Nasabah Sulit Tarik Uang, Begini Respon Bank Bukopin

Sejak kemarin (30/06), nasabah Bank Bukopin mengeluhkan kesulitan menarik uang tunai karena pembatasan penarikan dana. Berikut penjelasannya.

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!
 
Bank Bukopin: Nasabah Tak Perlu Khawatir!

Pada Selasa (30/06) kemarin nasabah Bank Bukopin kesulitan untuk menarik duit tabungan karena likuiditas seret.

Kumparan mewartakan para nasabah tersebut harus menunggu berjam-jam dan antre sejak dini hari untuk bisa menarik uang di Kantor Pusat di Jalan MT Haryono, Cikoko, Jakarta Selatan.

Nasabah mengeluh dengan kondisi seperti ini. Belum lagi mesin ATM tak berfungsi, sehingga mau tidak mau mereka rela antre berjam-jam di kantor pusat untuk bisa menarik uang tabungan.

Gerutu nasabah merembet hingga ke ranah media sosial yang makin hari makin rame. Di Twitter, misalnya, Selasa (30/6), riuh keluhan nasabah Bukopin yang kesulitan menarik dananya.
Beberapa di antara mereka juga mempertanyakan pembatasan penarikan dana di sejumlah kantor cabang Bank Bukopin.

Bukan hanya itu saja foto ATM Bank Bukopin yang tak bisa digunakan, sampai adanya pengumuman kalau ATM Bukopin untuk sementara tak bisa digunakan juga ramai dicuitkan.

Pemilik akun @heyakumada mengaku kesulitan mengambil uang dari ATM, sehingga terpaksa mendatangi langsung kantor cabang.

"aku dom (domisili) klaten, tapi ambilnya di solo maks 3-5 jt," tulisnya.
Kondisi serupa dialami oleh nasabah Bank Bukopin asal Riau, @andriandjaya_. Dirinya mengaku tak bisa mengambil uang dari ATM Bank Bukopin.

"Kami di kep riau jg tdk bisa narik di atm2 bukopin," tulisnya.

Nasabah Sulit Tarik Uang, Begini Respon Bank Bukopin

 
Menanggapi hal ini, Direktur Utama Bank Bukopin (BBKP) Rivan A Purwantono menegaskan bahwa tidak ada permasalah yang perlu dikhawatirkan oleh nasabah.

Dia menerangkan, dua pemegang saham terbesar Bukopin, yakni Bosowa Corporation dan Kookmin Bank, berkomitmen tetap mendukung Bank Bukopin.

Asal tahu saja, saat ini PT Bosowa Corporindo dan KB Kookmin Co Ltd tercatat sebagai dua pemegang saham terbesar Bukopin.

Bosowa memiliki sebesar 23,39% saham Bukopin, sementara Kookmin dari Korea Selatan memiliki sekitar 21,99% saham Bukopin. 
Perihal kebijakan pembatasan penarikan dana nasabah di sejumlah cabang, Sekretaris Perusahaan Meliawati mengatakan, pihaknya telah menyelesaikan permasalahan nasabah dalam hal pencairan dana dan nasabah dapat menerima penjelasan atas kondisi tersebut.

"Pembatasan penarikan dana di beberapa cabang dilakukan dalam kondisi situasional, agar perseroan dapat memenuhi kebutuhan transaksi nasabah," ujarnya sebagaimana dikutip dari Kompas, Rabu (01/06).

Bukopin juga menyinggung kembali rencana KB Kookmin Bank terkait proses penambahan modal oleh pemegang saham utama untuk memperkuat fundamental Bukopin. 

"Proses tersebut saat ini dalam kajian final oleh regulator, baik di Indonesia maupun di Korea Selatan," terangnya.
Selain itu, Bukopin juga menegaskan sedang mengupayakan berbagai alternatif strategis untuk penguatan kondisi terutama dalam mengatasi pandemi Covid-19.

Antara lain, pendampingan oleh bank pemerintah dalam bentuk technical assistance (TA), perluasan money market line antar bank, program promosi simpanan dana nasabah dengan pilihan jangka waktu tertentu, dan sebagainya.

Nasabah Sulit Tarik Uang, Begini Respon Bank Bukopin
 
Bagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan!

Jika membutuhkan bantuan berupa solusi jitu tentang mengatur keuangan pribadi bisnis atau keluarga, kamu dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku.

Semoga bermanfaat, ya.
 
Sumber Referensi:
Finansialku.com - https://www.finansialku.com/nasabah-bank-bukopin/

Spoiler for referensi lain:



profile-picture
nomorelies memberi reputasi
pinokuwi effect
OJK ga ada yg dipecat atau dipenggal gitu pemimpin2nya emoticon-Tai: emoticon-anjing
Buru2 dah lu tarik duitnya.
Ini mah bau2 mau kolaps bank nya.
profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ya semoga dengan adanya penjelasan dari pihak Bukopin terkait isu likuiditas yang sempat membayangi Bank Bukopin. Semoga para nasabah ( Rata² nasabahnya UMKM dan juga koperasi ) bisa tetap tenang, jangan panik, jangan khawatir, dananya aman, santai aja. Karena pemerintah lewat BRI ( Dengan technical assistance ), regulator dan pemegang saham serta manajemen baru katanya sudah berkomitmen untuk menjaga bank Bukopin jauh lebih bagus. Sebab jika sampai ada perbankan yang mengalami likuidasi, maka dampaknya ke perbankan lain.
Takut rush ???
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
untung ane di bca
Puji Tuhan BNI dan BCA aman sentosa emoticon-Kiss
maybank aman
kapan lagi bisa nabung dengan bunga setinggi depositoemoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
wuih. bahaya.
Biang masalah Bukopin sebenarnya bermula dari dirinya sendiri. Selama beberapa tahun terakhir, Bukopin punya masalah kredit macet yang serius. Masalah ini baru terkuak ke publik pada 31 Desember 2019 dalam laporan Badan Pemeriksa Keuangan kepada Otoritas Jasa Keuangan. Pada Desember 2017, BPK menemukan ada kredit macet Bukopin senilai Rp 824,64 miliar di PT Amanah Finance, perusahaan pembiayaan syariah milik Kalla Group. Mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, adalah paman Erwin Aksa, Presiden Komisaris PT Bosowa Corporindo, yang mengendalikan Bukopin. Pada 2015-2017, laporan keuangan Bukopin juga sempat direvisi gara-gara temuan penggelembungan pendapatan kartu kredit.
Diubah oleh cahmlg123456


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di