Kaskus

News

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jaka.sembvngAvatar border
TS
jaka.sembvng
Mengenal Festival Peh Cun, Tradisi Kebudayaan Masyarakat Tionghoa


Mengenal Festival Peh Cun, Tradisi Kebudayaan Masyarakat TionghoaLomba Perahu Naga rangkaian Festival Peh Cun (Foto : Exptat Living Hong Kong)

Kamis 25 Juni 2020, masyarakat keturunan Tionghoa di Indonesia merayakan festiaval Duan Wu Jie atau biasa di kenal dengan Peh Cun dalam bahasa Hokkien. Peh Cun adalah salah satu festival penting dalam kebudayaan dan sejarah Tionghoa. Peh Cun kerap dirayakan di berbagai daerah di Indonesia di mana terdapat banyak populasi masyarakat Tionghoa seperti Medan dan Tangerang.


Merangkum dari situs resmi Wonderfull Indonesia, Kamis (25/6/2020), dalam legenda Tionghoa, Peh Cun diyakini mengandung berbagai nilai positif dalam kehidupan seperti kerjasama, ketekunan, kebaikan dan kesediaan berkorban saat dibutuhkan.

Mengenal Festival Peh Cun, Tradisi Kebudayaan Masyarakat Tionghoa
(Foto : Ilustrasi Lomba Perahu Naga/Exptat Living Hong Kong)

Di Indonesia sendiri Peh Cun kerap dirayakan dengan berbagai aktivitas unik. Beberapa di antaranya adalah lomba perahu naga, membuat bacang membuat telur berdiri dengan tegak, tarian naga dan singa (barongsai) dan mandi bersama di sungai pada siang hari.


Mengenal Festival Peh Cun, Tradisi Kebudayaan Masyarakat Tionghoa

Di beberapa kawasan lain lomba perahu naga kerap di lakukan dan menjadi kegiatan yang rutin di lakukan setiap tahun. Sementara bacang menjadi makanan wajib yang ada dalam perayaan ini. Sebagian masyarakat Tionghoa pun mencoba untuk membuat telur dapat berdiri dengan tegak selama perayaan ini.

Kebiasaan mandi pada siang hari di sungai masih dilakukan di kawasan Tanjung Balai, Sumatera Utara. Anak-anak menyelam ke dalam air pada siang hari untuk menghindari panas terik. Masyarakat Tionghoa percaya bahwa air yang dibawa ke hilir oleh naga membawa keberuntungan dan kemakmuran.




sumber: https://lifestyle.okezone.com/read/2...rakat-tionghoa

tradisi unik emoticon-Traveller
nomorelies
nomorelies memberi reputasi
1
786
9
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan