CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kenapa Gaji TKA Asal China Lebih Tinggi dari Indonesia, Ini Jawabannya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef425eca2d195427b0bc3c2/kenapa-gaji-tka-asal-china-lebih-tinggi-dari-indonesia-ini-jawabannya

Kenapa Gaji TKA Asal China Lebih Tinggi dari Indonesia, Ini Jawabannya

Kenapa Gaji TKA Asal China Lebih Tinggi dari Indonesia, Ini JawabannyaTerkait dengan akan dipekerjakannya Pekerja asal China di Indonesia menjadi tanda tanya besar. Dan salah satunya adalah terkait dengan pembayaran upah pekerja (Gaji). Yang mana Gaji dari TKA asal China nominalnya dianggap lebih gede dibandingkan dengan pekerja asal Indonesia sendiri (Lokal). 

Wang Liping selaku Bisnis kedutaan besar China & Konselor Bidang Ekonomi memaparkan terkait hal itu. Ia berpendapat bahwa sebenarnya perusahaan asal China membayar upah (gaji) karyawannya berdasarkan kompetensi dari pekerja itu sendiri.

Dan bukan itu saja yang akan menjadi penilaian, penilaian juga akan dilihat dari kontribusi serta produktivitas sang penkerja. Wang Liping juga mempertegas terkait gaji, perusahaan asal China yang berada di Indonesia juga tak memandang  latar belakang kebangsaan dari pada pegawainya.

Wang Liping juga mengatakan bahwa terdapat juga pekerja asal Indonesia yang menjabat sebagai ahli teknis serta memperoleh upah yang gede. Dan nominal tersebut mengalahakan upah dari pekerja asal tiongkok sendiri.

Quote:


Sang kedutaan besar China & Konselor Bidang Ekonomi tersebut juga memaparkan jika melihat dilapangan sendiri, TKA asal China rata rata adalah pekerja yang memiliki

kompetensi yang tinggi sehingga pekerja tersebut layak untuk memperoleh upah yang gede dibandingkan pekerja lokal (Indonesia).


Quote:


Secara detailnya Sang kedutaan besar China & Konselor Bidang Ekonomi tersebut juga mengatakan jika TKA asal China dapat memperoleh upah sebessar US $30 ribu/ tahun. Dan sjika dibandingan dengan pekerja loka, mereka mendapatkan upah hanya 10% nya saja dari pekerja TKA Asal China.


Quote:


Sang kedutaan besar China & Konselor Bidang Ekonomi juga berharap agar para pekerja asal Indonesia sendiri tak perlu merasa cems akan hal tersebut. Wang Liping juga berpendapat bahwa TKA asal China tersebut akan berbagi ilmu dengan para tenga kerja Indonesia, selama mereka masih bekerja di Indonesia.

Maka secara tidak langsung para tenaga kerja Indonesia nantinya dapat menambah wawasan kerja yang diberikan oleh para TKA Asal China. Dan manfaat dalam hal ini adalah, nantinya para pekerja Indonesia bisa memperoleh bayaran berdasarkan kompetensi yang mereka miliki.

Quote:

Sang kedutaan besar China & Konselor Bidang Ekonomi  juga menambahkan bahwa, semua perusahaan asal China yang berada di Indonesia mencoba untuk mencari para pekerja Indonesia dalam hal menyelesaikan proyek yang mereka miliki.

Akan tetapi mereka tak dapat menemukan pekerja yang memiliki kompetensi yang diharapkan mereka, sehingga mereka mau tak mau mencari TKA asal China yang sudah memiliki kompetensi yang sesuai dengan mereka harapkan.

Quote:


Sang kedutaan besar China & Konselor Bidang Ekonomi juga menambahkan jika para TKA asal Chini ini tak kan permanen bekerja di tanah air. Ini terbukti dengan kontrak yang disodorkan tak jangka panjang. Begitu pekerjaan mereka selesai, para TKA asal China ini nantinya akan bertolak ke negaranya (China).

Quote:

Sumber : finance.detik.com 


profile-picture
profile-picture
profile-picture
HernandezJoe dan 26 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 7
Gaji yg punya skill mau disama in yg unskill..

Susah kalo dah iri hati...

emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
redjupie dan 26 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Enak aja! emoticon-Mad

Pokoknya kadrun maunya kadrun yang kerjanya ongkang-ongkang kaki dan demo sewaktu-waktu juga digaji tinggi! emoticon-Mad
profile-picture
profile-picture
profile-picture
juman dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Di sini freshgraduate pengalaman 2 tahun udah berani minta 20jt bos emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ekaputra19 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
karena konspirasi agar pribumi ga bisa sejahtera emoticon-Marah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dewaminyak dan 6 lainnya memberi reputasi
di indonesia mah dari dulu kayak gini
orang rantau datang sukses pribuminya iri
padahal pribuminya ongkang-ongkang saja
minta keistimewaan sebagai penduduk asli
profile-picture
profile-picture
profile-picture
redjupie dan 16 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Di kota ane, ada tambangnya abu rizal bakrie, awal2 pake pekerja cina, sekarang di ganti pekerja lokal. Perusahaan mana mau gaji karyawannya gede, makanya karyawan lokal perlu dididik dulu sama orang cina.

Sisanya cina2 datang untuk maintenance mesin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Amrozi.cs dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ga usah jauh2

Gua bawa tukang dari jawa langsung aja kesini
Dinyinyirin
Padahal gua uda kasi kesempatan 2x ke tukang lokal... Hasilnya bikin rugi
Kenapa yg ketiga kalinya wa memutuskan ambil tukang luar pulau pada dinyinyirin?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan 18 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
yang demo macam kadrun modal bacot gede doang suka berontak tapi minta gaji sekelas engineer spesialis yang harus taat prosedur dan ngerti detail teknis serta ilmunya. khan taek banget tuh.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
joki.ngepot dan 7 lainnya memberi reputasi
soal duit itu nggak kenal nasionalisme, pasti akan cari yang paling ekonomis. kalau lokal yang setara lebih murah, pasti pakai orang lokal itu. bisnis bukan kerja sosial...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan 13 lainnya memberi reputasi
ada kasus di sulawesi
ga usah sebut usaha apa

sebelum masuk tka china
pernah ditawarkan ke penduduk lokal sana
tapi semua ga berani krn kerjaan sgt sulit dan di tempat yg tinggi

begitu dimasukkan tka china
penduduk sana pada ribut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
joki.ngepot dan 15 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Skyland999
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
murah dong bujer ebong di bayar nasi bungkus aj
siang mlem siap nyebok majikan
emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yulian34 dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 13 balasan
itu perusahaan swasta, punya keluarga. suka2 yg punya perusahaan lah

kalo mau bayaran gede, pilih: punya skill, atau bikin perusahaan sendiri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
juman dan 6 lainnya memberi reputasi
kalo di kantor yg bos nya orang itu, biasannya yg 1 geng gajinya lebih gede dari yg karyawan lokal walopun jabatan sama job desk sama.


ga percaya ? tanya aje rekan kerja ente udah jadi rahasia umum itumah emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lonelyboy13 dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
Orang TKA China ga suka dipanggil siang-siang terus cuma harus jawab Alo Apa Kabar??? Kalo orang sini lagi kerja juga ditinggal kalo ada yang manggil Alo Apa Kabar? emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 5 lainnya memberi reputasi
dari pengalaman dan pengamatan ane, yang koar2 seperti tu ialah orang yang tidak cukup kemampuan nya tapi ingin digaji besar seperti yang berkemampuan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
juman dan 6 lainnya memberi reputasi
pertanyaan apa itu? kenapa gaji expat lebih tinggi dr pesuruh lokal?
Lu mau gw kirim ke Burundi dgn gaji lokal sana?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh sibuk.nyaleg
Mungkin karena mereka bisa bahasa cina emoticon-Hammer2


Mereka SDM nya lebih terampil dan siap untuk kerja. Disini pemilih dan tukang demo emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
juman dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
yaiyalah lebih tinggi, namanya jg ekspat dan lokal...

kecuali mereka disini kerjanya jadi babu, baru lebih rendah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
juman dan 5 lainnya memberi reputasi
CUMA ORANG DENGKI AJA ITU MAH
Pakai TKA kan buat awal2 doang
biar tau mekanisme teknologi dan etos kerja ny bagaimana
Tar jg lama2 pakai lokal kok kalau dah pada mahir

Liat ASTRA sekarang dah hampir 80% bisa bikin mobil lokal punya
tenaga kerja ny lokal semua
emang ny dl pas berdiri langsung pakai Tenaga lokal semua?
pasti gak lah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lonelyboy13 dan 10 lainnya memberi reputasi
Karena tka asing jauh lebih loyalitas terhadap perusahaan sama sekali tidak pernah demo di minta lembur bersedia sedangkan tenaga kerja lokal di minta lembur sangat susah boro" bersedia ga pernah yang namanya puas dengan gaji yang sebelum"nya selalu tiap tahun minta naik gaji loyalitas terhadap perusahaan sama sekali tidak ada
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rambutan dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di