CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Bisnis /
[Coc Bisnis] Kebab Bisnis Kuliner di Masa Pandemi Ala Ane
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef20da9365c4f58030c6001/coc-bisnis-kebab-bisnis-kuliner-di-masa-pandemi-ala-ane

[Coc Bisnis] Kebab Bisnis Kuliner di Masa Pandemi Ala Ane


[Coc Bisnis] Kebab Bisnis Kuliner di Masa Pandemi Ala Ane

Salam sejahtera para kaskuser. Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga sobat Kaskuser dalam keadaan sehat wal afiat ya? Amin. Ane mau ingetin nih buat sobat Kaskuser, jangan lupa sering cuci tangan setelah selesai melakukan aktifitas atau setelah memegang sesuatu. Pakailah masker saat melakukan kegiatan di luar rumah atau ketika berpergian. 

Covid-19 emang bikin kita bergidik ngeri, tak hanya sosialisasi yang dibatasi ruang gerak pun menjadi sangat minim. Bukan hanya itu sobat Kaskuser, karena pandemi ini banyak pula efek luar biasa bagi masyarakat negara kita, salah satunya merajalelanya PHK dan pengangguran dimana-mana ditambah lagi kejahatan yang diharapkan bisa berkurang justru kian meroket naik.

Nah, kali ini ane mau berbagi sedikit cerita nih! Tentang bisnis rumahan yang sudah ane geluti bersama suami sebelum pandemi muncul. Bisnisnya adalah jualan kebab. Bisnis ala rumahan yang baru berjalan beberapa bulan itu terancam gulung tikar akibat adanya wabah corona.
[Coc Bisnis] Kebab Bisnis Kuliner di Masa Pandemi Ala Ane
Sumber: Pintarest

Namun, kami gak putus asa. Meski awalnya serba sulit, tapi kami yakin dengan niat, doa dan terus berusaha gak ada yang sia-sia sobat Kaskuser. Langsung aja, yuk! Dengerin ceritaku dan suami.

Merintis bisnis kecil-kecilan dari rumah memang tak memiliki pendapatan yang besar, layaknya produksi dari pabrik dan semacamnya yang sudah memiliki branded di luar sana. Selain karena berproduksi sesuai target pasaran yang sudah didapat jangkauannya pun masih bersifat lokal atau berada dalam satu wilayah saja.
[Coc Bisnis] Kebab Bisnis Kuliner di Masa Pandemi Ala Ane
Sumber: Dokpri


Awalnya ane dan suami jualan di depan pasar saat sore hingga malam hari, berhubung ada covid-19, pedagang kaki lima dilarang berjualan kami stop berdagang sementara waktu sambil nunggu ijin jualan keluar. Sela beberapa hari izin berdagang beredar dengan segala syarat dan protokol kesehatan yang ada. 

Kami pikir setelah diizinkan jualan kembali akan ada pemasukan meski hasilnya gak sebanyak sebelum ada pandemi yang penting ada pemasukan lah ya. Sayangnya, hal itu gak berlaku alias salah kaprah. Bukannya mendapat pemasukan tapi justru jualan merugi drastis karena tidak laku. 

Al hasil, kami pun putar otak mencari solusi. Saat itu gi masa lockdownd total bahkan para ojek online pun tak diperbolehkan lagi beroperasi. Setiap daerah tak boleh dimasuki orang asing ojek online juga ikut serta dalam daftar mereka. Akibatnya, sistem jualan online yang kami ambil pun gak berlaku alias gak berjalan.

Dalam masa serba sulit akhirnya suami memutuskan untuk tak menyerah dan mencari jalan keluar lainnya. Seperti pepatah bilang banyak jalan menuju roma. Bila niat sudah tertanam kuat, Insya Allah ada jalan begitulah kata suami waktu itu. 

Lalu, kami memilih untuk jualan keliling. Mulai dari satu desa ke desa lainnya hingga ke pelosok kampung. Awal mula tidak berjalan baik, karena tiap desa atau tempat yang dimasukin menggunakan sistem buka tutup portal, terkadang bisa masuk tapi gak bisa keluar, akhirnya harus muter jauh nyari jalan tikus buat bisa keluar dari daerah tersebut.

[Coc Bisnis] Kebab Bisnis Kuliner di Masa Pandemi Ala Ane
Sumber: Dokpri

Usaha emang gak bisa mengkhianati hasil sobat Kaskuser, meski sering mendapat penolakan di tempat yang kami datangi karena sistem buka tutup jalan. Namun, alhamdulillahnya masih ada jalan lain yang bersedia dilewati sehingga jualan tetap bisa laku bahkan sering habis.


Ane punya sedikit tips nih buat sobat Kaskuser yang mau berbisnis di masa pandemi.


*Jangan mudah menyerah

*Buang kata malu

* Tentukan target pemasaran sebelum memutuskan untuk buka usaha/bisnis 

* Lakukan evaluasi berdasarkan minat pasar


Nah, itu sedikit tips dari ane. Oh ya sobat Kaskuser, ane lupa bilang nih jika target penjualan ane adalah mayoritas anak-anak dan orang dewasa jadi kebab hasil produksi rumahan pun dibuat mengikuti kantong sang pembeli kita yaitu dua ribu rupiah aja untuk versi anak-anak dan sepuluh ribuan untuk orang dewasa dengan berbagai variasi rasa tentunya.


Gimana sobat kaskuser, ramah di kantong bukan? Itulah sedikit cerita dari kami si penjual kebab keliling. Ini ceritaku dan suami, mana ceritamu? 


Yuk! Saling berbagi cerita. Bertukar pengalaman itu menyenangkan, lho!

Sekian dulu thread dari ane. Kurang lebihnya mohon maaf bila ada salah-salah kata. Sampai jumpa di thread berikutnya.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
TaraAnggara dan 11 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Pejwan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Selamat datang di threed ane. Silahkan komen no oot ya🙏🙏
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agoey89 dan 4 lainnya memberi reputasi
Bagikan pengalaman di sini bersama kita bisa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
Salam plat AD
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
aku doyan banget nih kalo kebab. bocah juga sering minta dibuatin. tipsnya lumayan solutif. semoga usahanya makin lancar dan barokah ya, sis 😘😘
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan sriwijayapuisis memberi reputasi
Quote:


salam AD jua untuk wilayah sekitarnya

Quote:


aamiin
iya disini jua, anak kecil pada suka
say mau? ayo ketempatku gak jauh kok
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan makola memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Perjuangannya sungguh mengagumkan, benar hilangkan rasa malu asal kita di jalan yang benar
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan sriwijayapuisis memberi reputasi
Tetiba pengen kebab gegara baca ini. Semoga lancar usahanga Kakak😇
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan sriwijayapuisis memberi reputasi
Quote:


Iya bun, banyak yang malu jika jualan keliling, entahlah mungkin bagi mereka bukan lefelnya kali😂😂

Quote:


gak jua. kan sekalian jalan jalan dan kopdar say hehehe. mumpung mau new normal.

Quote:


Aamiin makasih atas doanya say. ayuk ke tempatku gratis kebab kok hehehe
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan makola memberi reputasi
Lihat 1 balasan
@makola jika bisa ya. gak janji untuk saat ini hehehe. kemaren emang rencana mau ke jogja eh ada pendemi jdi dibatalin😂😂
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan makola memberi reputasi
Lihat 1 balasan
wih tetap semangat aka.

maju terus pantang mundur
profile-picture
profile-picture
sriwijayapuisis dan embunsuci memberi reputasi
ts terima kerjasama ga?
profile-picture
profile-picture
sriwijayapuisis dan embunsuci memberi reputasi
Kebab 😍 andalan nih
profile-picture
profile-picture
sriwijayapuisis dan embunsuci memberi reputasi
wah keren ada kebab keliling, di Magelang belom ada Gan.
profile-picture
profile-picture
sriwijayapuisis dan embunsuci memberi reputasi
Enak tuh kebab, Beibh. Waah cuba deket ya, emm
profile-picture
sriwijayapuisis memberi reputasi
mantap omset rata-rata Berapa
profile-picture
sriwijayapuisis memberi reputasi
Quote:


iya beib tetep semangat meski pandemi

Quote:


kerja sama dalam bentuk apa nih

Quote:


pool enaknya, mau coba?

Quote:


iya, buat terobosan baru di dunia kuliner

Quote:


hek'em. kita jauh ya say jika dekat enak ja

Quote:


tergantung habis atau gaknya dalam satu kali jualan
profile-picture
profile-picture
rens09 dan embunsuci memberi reputasi
Lihat 7 balasan
@embunsuci kok berasa ada aroma horor ya😂😂
yang dicium apanya nih😁
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
@rens09 aamiin doanya saja sob semoga bisa buka
profile-picture
rens09 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
@rens09 iya siapa tahu bisa buka usaha kuliner dalam jangkuan luas hehehe
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di