ih.sulAvatar border
TS
ih.sul
Negara Negara Pemberi Hutang Ke Indonesia. Yang Terbesar Bukan China


Hutang adalah sebuah kegiatan berupa meminjam barang atau uang pada seseorang. Hutang tidak hanya dilakukan oleh individu namun juga oleh organisasi maupun negara.

Tercatat pada Mei 2020 hutang luar negeri indonesia dan bank indonesia sekitar 5258,57 trilyun rupiah. Wow, uang sebanyak itu dalam mimpi pun saya nggak pernah lihat.

Lalu darimana asal semua uang uang itu? Kan nggak mungkin negara minta duit sama pesawat yang lewat. Pasti ada sumber dari uang uang tersebut.

Ternyata negara berhutang pada banyak pihak gan. Sebagian uang berasal dari organisasi ekonomi dunia seperti bank dunia dan sebagian lagi berutang pada beberapa negara. Berikut daftarnya.


Australia



Negara tetangga yang dikenal sebagai negara kangguru ini ternyata meminjamkan ratusan juta dolar pada indonesia. Tercatat hutang Indonesia pada Australia adalah 372 juta US dolar.


Singapura



Masih negara serumpun. Meski merupakan negara yang kecil namun Singapura memberikan total 552 juta US dolar sebagai hutang.


Amerika serikat



Negeri yang dipimpin Donald trump ini meminjamkan uang senilai 847 juta US dolar. Awalnya saya kira indonesia punya hutang terbanyak pada negara ini namun ternyata tidak.


Korea selatan



Negeri yang terkenal akan k-pop, boyband dan drama nya ini ternyata cujup makmur untuk memberikan pinjaman pada negara lain. Indonesia berhutang 1,2 milyar USD pada Korsel.


China



Karna konflik di natuna negara China sempat membawa bawa hutang negara ke permukaan. Negara ini memang suka memberikan pinjaman pada negara lain dan saat ini indonesia berhutang 1,7 milyar USD pada China.


Perancis



Tapi bukan china negara pemasok hutang terbesar bagi negeri kita. Ada 3 negara lagi diatas China dan yang diurutan ketiga adalah Perancis dengan 2,5 milyar USD.


Jerman



Jumlah itu pun dilampaui oleh negara Jerman dengan total 3,2 milyar USD. Biasanya Jerman memberi hutang pada bidang infrastruktur atau militer.

Lalu negara mana yang paling banyak meminjamkan uang pada Indonesia? Jawabannya tak lain dan tak bukan adalah.........


JEPANG



Mungkin agak mengejutkan namun jumlah hutang Indonesia pada jepang mencapai nilai 12 milyar USD. Indonesia memang punya hubungan baik dengan jepang dan sering menjalin kerjasama dalam bidang teknologi, informasi dan komunikasi.



Well, apa kalian terkejut? Harus dong karna disini kita berbicara tentang uang senilai ribuan trilyun. Entah kapan hutang tersebut bisa lunas sepenuhnya, kita hanya bisa berharap untuk indonesia yang lebih baik ke depannya.

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.


sumur sumur
Diubah oleh ih.sul 20-06-2020 08:43
sayassaja
u209033
kekefadilah
kekefadilah dan 8 lainnya memberi reputasi
9
2.5K
60
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan