syerrilelizhafaAvatar border
TS
syerrilelizhafa
Menulis Versi Saya
Tulisan yang baik itu, judul dulu baru isi, atau isi dulu baru judul?

Sebagian orang mungkin memilih yang pertama, iyalah emang siapa mau jadi yang kedua. Eh, bercanda. Maksud saya, banyak penulis yang berpatokan "kalau ga ada judul, tulisan gue ancur." Mereka ini berdisiplin tinggi karena sudah menentukan tujuan dan arah, ya harus ngikutin itu kalau ingin apa yang diketik pas di hati pembaca.

Nulis cerita berpart-part misalnya. Lucu kan kalau part satu tentang cinta, part tiganya tentang demit. Wajib butuh tema, judul, outline sebagai kerangka kalau sewaktu-waktu lupa atau malas (bahasa kerennya itu writer's block)

Namun apa jadinya kalau ketiga hal itu diterapkan untuk nulis prosa atau puisi yang harus sekali jalan, jadi? Kurang pas. Saya tidak jarang diam-diam ketawa baca puisi atau prosa yang dari tema sampai titimangsa ditulis satu teks (diam-diam lho ya, takut nyinyir soale). Terlihat sekali dia itu pengen disiplin kayak ikut event, tapi bingung menyelaraskan ketiga unsur.

Emang ga boleh? Boleh, sah-sah saja. Tapi kalau untuk tulisan sendiri kok ga enak dibaca (versi saya)

Kalau kakak gimana?

Saya pilih yang kedua dong, jadi simpanan kan banyak duit. Ish, nyrempet lagi, haha. Karena nulisnya prosa sama puisi doang, ga bisa cerita yang panjaaaang seperti rel kereta api. Lha mau jadi rujak nurutin kerangka dulu, terus ngetik.

Aku ngetik dulu sampai kelar, baru deh judul ketemu tanpa mikir. Ibarat bikin boneka, badan dulu dicetak sedemikian sempurna (lagi-lagi versi saya) ntar kepalanya nyomot punya orang. Kan asik boneka beruang pakai kepala pelakor atau tukang nyinyir, lebih manis gitu.

Judul adalah pemanis, ga pakai tema. Titik.

Soalnya pernah pakai metode pertama pas awal-awal nyemplung di literasi, diajarin taat kaidah berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Lha seharian bolak-balikin layar hp sambil mikir, berujung game cacing, Gaes. Huahaha, parah.

Hayoo yang baca ini biasa judul dulu apa isi dulu kalau ngetik?

Baik semua lho digunakan.

Udah yaa, mau sarapan. Capek aku ngetik.

Diubah oleh syerrilelizhafa 18-06-2020 02:58
novitasari94
Bgssusanto88
Bgssusanto88 dan novitasari94 memberi reputasi
2
296
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan