CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Sate Ondol-ondol, Jajanan Tradisional yang Harganya Masih di Dasar Jurang Rp 500 Saja
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eeab2b2f0bdb259892f7e87/sate-ondol-ondol-jajanan-tradisional-yang-harganya-masih-di-dasar-jurang-rp-500-saja

Sate Ondol-ondol, Jajanan Tradisional yang Harganya Masih di Dasar Jurang Rp 500 Saja

Sate Ondol-ondol, Jajanan Tradisional yang Harganya Masih di Dasar Jurang Rp 500 Saja


Makanan tradisional ini sungguh murahnya kebangetan alias murah banget. Agan Sista dijamin bakalan melongo bila tahu harganya dan bagaimana proses pembuatannya yang tidak gampang.

Hallo Agan Sista di manapun berada, jumpa kembali dengan Thread Ane, tentang kuliner tradisional yang harganya masih di dasar jurang.
Namanya Sate Ondol-ondol.

Ane mau cerita sedikit nih, pagi ini anak-anak minta sarapan nasi megono, alhasil kudu beli nih, karena untuk membuat megono sendiri itu ribet beli aja murahnya masih nggak ketulungan, nasi dengan dua gorengan yang cukup lebar dan tebel saja cuma Rp 3000, jadi enakan beli nggak usah capek-capek harga segitu nih kalau Gan Sist kagak percaya.

Sate Ondol-ondol, Jajanan Tradisional yang Harganya Masih di Dasar Jurang Rp 500 Saja


Nasi megono sebungkus kalau Ane kenyang banget, udah gitu nasinya empuk lagi, ya udah deh pagi-pagi sarapannya beli aja, boleh milih lauk sesukanya, ada megono, mie, oseng mlinjo, urap, botok tahu dan gembus, serta aneka gorengan, mulai dari tempe goreng, bakwan, tahu semua ada dan harganya Rp 500. Murah dan ramah banget dikantong.
Nah di situ Ane ketemu penjual sate Ondol-ondol yang sedang ngider alias menjajakan dagangannya.

Kembali lagi ke Sate ondol-ondol, akhirnya ane beli tuh sate ondol-ondolnya. Sate ondol-ondol ini terbuat dari singkong atau budin, atau ketela pohon. Waktu tanya harganya otomatis kaget lah, kirain satu Rp 1000, eh ternyata Rp 500 aja. Itu Ane beli satuan, kalau beli borongan mau dijual lagi ya biasanya dengan harga Rp 400, padahal tenaga dan bahan yang dikeluarkan lumayan banyak, tapi buktinya masih tetap jualan sampai sekarang ya masih ada untungnya.

Sate Ondol-ondol, Jajanan Tradisional yang Harganya Masih di Dasar Jurang Rp 500 Saja


Padahal tahu nggak Gan Sist Sate ondol-ondol ini untuk proses pembuatannya aja rumit banget menurut Ane, sumpah deh. Gimana nggak rumit, kalau pedagang sate ini manen sendiri singkongnya, kudu ke sawah atau kebun buat manen singkongnya, itu baru proses awal.

Sate Ondol-ondol harganya masih dalam jurang, padahal pembuatannya melalui proses panjang:

1. Pedagang membeli singkong atau panen punya sendiri.

2. Mengupas singkong.

3. Mencuci sampai bersih.

4. Memarut singkong.

5. Memeras singkong biar tidak terlalu basah.

6. Membuat bumbu yang terdiri dari garam, ketumbar, kemiri, daun bawang.

7. Menguleni semua bahan.

8. Membuat bulatan kecil- kecil seukuran bakso.

9. Menggoreng sampai matang.

10. Tiriskan, siapkan tusuk sate, dan ditusuk satu persatu.

11. Dijajakan keliling kampung.
Rasa dari sate ondol-ondol ini gurih

Itulah proses pembuatan sate ondol-ondol yang begitu panjang dengan harga Rp 500, Ane nggak ngebayangin penjualnya bangun jam berapa ya, wong pagi-pagi jam 6.00 sudah menjajakan dagangannya. Sungguh perjuangan yang tidak ternilai harganya, demi dapur tetap ngepul.

Sate Ondol-ondol, Jajanan Tradisional yang Harganya Masih di Dasar Jurang Rp 500 Saja


Sate ondol-ondol ini sudah ada sejak jaman dahulu kala, dan harganya emang murah meriah, tanpa bahan pengawet pula, walaupun jajanan ini terkesan jadul tapi tetap suka. Sekian Thread dari Ane, di tempat Gan Sis masihkah ada jajanan yang harganya murah meriah?


Sumber Opini pribadi
Foto doc.pri

profile-picture
profile-picture
profile-picture
bejosegerwaras dan 19 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
sate ondol-ondol jajanan yang murah meriah kebangetan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yukabidazahra dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
bikin kenyang juga, bahan dasarnya singkong
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yukabidazahra dan 3 lainnya memberi reputasi
Seperti combro ya bun cm ga ada isinya. Kalok disini udah ga ada ya jajanan yg 500 sebiji. Murahnya kebangetan . Sayang disini ga ada.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yukabidazahra dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
ondol bahasa lainnya misro
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yukabidazahra dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Quote:


Quote:


Quote:


Masih ada ya, kak? Jajanan lima ratusan emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Sepertinya bsia dikreasikan jadi makanan favorit warkop nih. yang penting harga terjangkau dan harganya lumayan dijamin tetap laku. jangan hanya dijual sebbagai jajanan anak2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yukabidazahra dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
idealnya di range 1000-2000 harganya..klo dibawah itu kasian abang yg jual..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yukabidazahra dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
ane malah inget ondol" buatan emak ane, yang manis malahan, kek ditaburi gula pasir ondol nye, mantap
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yukabidazahra dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Bagus nih bun coba ada rasa variasi lain karena sekarang apalagi anak muda kan sukanya yang berbau kreasi lebih misalanya di kasih topping apa gitu biar harganya nambah dikit tapi gak sedikit merusak cita rasanya

emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan trifatoyah memberi reputasi
Diubah oleh ichankurosaki
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
wah
ondol ondolnya saya baru tau 👍👍
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan trifatoyah memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
udah lama bray ane ga ngerasain ini makanan...emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan trifatoyah memberi reputasi
jajanan tradisional yg mengenyangkan perut.
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan gustiarny memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
jangan lupa di tonton ya gan,, tutorial memasak ayam lado hijau koto gadang
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
aku malah keingat dengan pentolan
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan trifatoyah memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
goreng sampe mateng baru ditusuk..emoticon-Big Grin

gak langsung dicomot aja makannya..emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan trifatoyah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Murahnyee emoticon-Belo
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
baca trit nya , ane jd ingat jajanan jadul wkt kecil tampilannya sama dengan sate ditaburi bumbu kacang harganya jg murmer.
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
jadi pengen goceng ud kenyang ni
profile-picture
profile-picture
Cintabening dan trifatoyah memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Sumpah....tadi pagi saya habis makan ni jajanan
#LokPML
profile-picture
profile-picture
Cintabening dan trifatoyah memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Wah msih ada jjanan hrga 500.dtmpat sya sdah g ada.gorengan minim hrganya 1000 gan.
profile-picture
profile-picture
Cintabening dan trifatoyah memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di