tafakoerAvatar border
TS
tafakoer
Masa Kadaluarsa Produk, Sesuatu yang Seringkali Terlupakan
Semua ada masanya, begitu juga dengan sebuah produk pasti ada masa kadaluarsanya. Di setiap kemasan produk terutama produk makanan pasti kita akan menemukan tanggal kadaluarsa dimana makanan tersebut sudah tidak layak untuk dikonsumsi lagi. Setiap produk tentunya beda daya tahannya sehingga masa kadaluarsanya ada yang dalam jangka pendek dan juga ada yang jangka panjang sehingga bisa tahan lama di pasaran.

Credit : idntimes.com

Masa kadaluarsa produk, satu hal ini seringkali terlupakan oleh sebagian orang. Padahal setiap produk sudah mencantumkan masa kadaluarsanya. Faktor tak peduli membuat banyak orang tak memperdulikan produk yang dibelinya. Selain itu faktor karena kurang paham akan produk membuat mengecek masa kadaluarsa produk terlupakan, padahal bisa saja produk yang telah beredar adalah produk yang sudah kadaluarsa. Produk yang kadaluarsa bisa ditemukan di mana saja mulai dari toko kelontongan hingga supermarket bisa saja menemukan produk kadaluarsa. Pengalaman ane sendiri terkadang di toko kelontong ditemukan produk yang sudah kadaluarsa dan bahkan saat ane belanja di supermarket ada produk yang sudah mendekati dan sudah lewat masa kadaluarsa namun tetap terpajang di rak produk, tentunya hal ini miris sekali dan menjadi ironi.

Masa kadaluarsa produk, sesuatu yang seringkali terlupakan. Padahal mengecek masa kadaluarsa produk itu penting sebelum membeli produk. Tak jarang karena kecerobohan inilah kadang ada penyesalan setelah membeli mulai dari rasanya yang berbeda dan lain sebagainya. Produk yang sudah kadaluarsa jelas tidak aman untuk dikonsumsi, untuk itulah cek kemasan terlebih dahulu sebelum membeli. Hal ini memang terlihat sepele akan tetapi ini adalah sesuatu yang penting bagi kita semua.

Untuk para pedagang kecil maupun pedagang besar sudah semestinya menyadari hal ini, jangan sampai ada produk yang sudah kadaluarsa namun masih beredar begitu saja. Dalam kenyataannya tak jarang pedagang kecil ada yang tak peduli dengan masa kadaluarsa produk dengan membiarkan produk terpajang begitu saja. Sedangkan untuk tingkat supermarket sendiri mungkin karena saking banyaknya produk membuat hal ini tak sempat tercek sepenuhnya mana yang kadaluarsa dan mana yang tidak.

Credit : republika.co.id

Dari permasalahan ini tentu selalu ada solusinya. Bagi para konsumen tentu harus mengecek masa kadaluarsa produk terutama makanan sebelum membeli. Untuk para pedagang kecil tentunya jika membeli produk untuk dijual pastikan masih jauh dari masa kadaluarsa dan jika menjual produk pastikan tidak menjual produk yang sudah melewati masa kadaluarsa. Untuk pedagang besar seperti pemilik supermarket alangkah baiknya buat manajemen yang baik agar produk yang sudah lewat masa kadaluarsa tidak dipajang di rak barang dan bisa mengatur strategi menjual produk yang mendekati masa kadaluarsa dengan harga diskon guna menghindari kerugian besar karena produk yang sudah lewat kadaluarsa. Demikian paparan tulisan ane kali ini, selalu waspada dan cek kemasan sebelum memberi produk terutama tanggal kadaluarsa produk, bagaimana pendapat agan dan sista? silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. emoticon-Big Grin

Sumber : Opini Pribadi dan inspirasi kehidupan
Sumber gambar via google images
raliakbarrr
aygilagility
oncom.onair
oncom.onair dan 35 lainnya memberi reputasi
34
4.8K
142
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan