alva610Avatar border
TS
alva610
Iri dengan Keberhasilan Orang Lain, Apa Untungnya?

Sumber gambar : di sini



Bukan rahasia lagi, jika iri merupakan sifat alami yang ada dalam diri manusia. Tanpa disadari, sifat iri ini bisa muncul di mana saja dan kapan saja. Semua orang pasti tahu, jika iri itu merupakan tindakan tercela yang harus dihindari. Jika iri tetep dibiarkan bersemayam dalam hati, hanya akan menjadi penyebab patahnya semangat ketika diri sendiri belum bisa sukses dan orang lain telah lebih dulu sukses.




Jadikan kesuksesan orang lain sebagai penyemangat diri. Percayalah, orang yang sukses itu karena bekerja keras dan pantang menyerah. Banyak juga jalan terjal berliku dalam harinya yang harus dihadapi. Iri itu tidak ada untungnya, lebih baik hilangkan dengan cara memahami hal-hal berikut ini :


1. Iri hanya akan menghabiskan energi

Saat iri dengan kesuksesan orang lain, kira-kira apa saja yang dirasakan? Sakit hati? Dengki? Muak? Bahkan menebar fitnah supaya orang lain ikut membenci yang sukses? Ragam rasa negatif itu akan berkecamuk mengisi ruang hati. Kemudian akan mudah marah dan sensitif. Jika sudah begitu, aktivitas harian pasti akan terganggu. Mau menyusul sukses orang lain jadi tidak bisa. Menghabiskan energi saja. Rugi, kan?


2. Iri, berarti tidak bahagia

Iya, orang yang iri itu pasti tidak bahagia. Karena justru akan terfokus pada rasa dengki atas kesuksesan orang lain, sehingga tidak akan pernah memiliki ruang untuk bersikap tulus di dalam hati. Apakah bahagia? Tentu tidak.


3. Bakat istimewa tidak akan pernah tergali

Selalu melihat kesuksesan orang lain dengan kacamata negatif, hanya akan menjadikan bakat istimewa pada diri tidak tergali. Karena terlalu sibuk mengurusi orang lain, sehingga lupa menggali bakat istimewa pada diri. Makanya, hilangkan rasa ini sekarang juga!


4. Iri, berarti memilih menjadi peran antagonis

Iri memang kacamata negatif yang merugikan. Jika sudah memiliki rasa iri di dalam hati, berarti tidak akan pernah melihat kesuksesan orang lain dari sisi positif. Ada saja kekurangan kecil orang lain dijadikan gunjingan. Dengan demikian, berarti sudah menobatkan diri sendiri menjadi peran si antagonis.



Daripada memendam rasa iri kepada kesuksesan orang lain, lebih baik menjadikan kesuksesan orang lain sebagai pelecut untuk terus maju. Lakukan segalanya dengan ketekunan, bersihkan rasa iri dari dalam hati dan yakinlah bahwa perjuanganmu akan membuahkan hasil yang baik.



emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan


Referensi :
1. Opini pribadi
2. Di sini
3. Di sini
Diubah oleh alva610 24-06-2020 19:00
orgbekasi67
saifulhijam
zara745
zara745 dan 13 lainnya memberi reputasi
12
3.8K
111
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan