faiqakbar0203Avatar border
TS
faiqakbar0203
MENGAPA BUS TIDAK PUNYA SABUK PENGAMAN ? INI ALASANNYA...



Kita semua pasti pernah kan menaiki kendaraan umum yang bernama bus ? Hmm, selain lebih murah, bus juga merupakan transportasi darat yang dapat mengangkut penumpang dalam jumlah banyak, dibandingkan mobil atau angkutan umum lainnya.

Tapi apakah kalian tahu, ternyata ada beberapa fakta yang tak kalian sadari selama ini .
- Hmm, coba kalian perhatikan saja, apakah bus memiliki sabuk pengaman seperti di mobil ?

- Mengapa disediakan jalur bus ? Mengapa yang lain tidak disediakan ?

- Dan mengapa pula, bus dianggap lebih aman daripada mobil ?

Nah, daripada terus penasaran, mendingan yuk kita simak, beberapa fakta unik tentang bus :




1. Mengapa bus tidak memilik sabuk pengaman ?

Hmm, mungkin di antara kalian ada yang bertanya-tanya demikian. Namun tidak berani bertanya kepada sang supir atau kernet bus. Nah, kali ini kalian tidak akan penasaran lagi..

Jawabannya simpel saja, karena penumpang pada bus lebih banyak dibandingkan mobil. Dan pada kondisi yang darurat, misalnya, tabrakan, mereka harus secepatnya menyelamatkan diri. Dan mengguankan sabuk pengaman, dapat memperlambat gerak mereka, sehingga itu justru berbahaya.

****



2. Mengapa disediakan yang namanya jalur bus ? Sedangkan kendaraan lainnya tidak   ? 

Jawaban untuk pertanyaan ini, karena, bus adalah kendaraan umum yang berbeda. Mereka mempunyai jadwal keberangkatan dan jadwal pemberhentian yang harus tepat waktu. Nah, dengan adanya jalur khusus bus, para supir dapat mengemudi dengan lebih leluasa, mereka juga tidak terjebak dalam kemacetan di jalanan umum.

Namun, sayangnya nih ya, di beberapa kota besar, belum disediakan nih jalur khusus bus. Semoga ke depannya, pemerintah dan pihak P.O Bus dapat menyediakannya ya. Kan dengan begitu kita bisa lebih awal tiba di tempat tujuan..

****




3. Mengapa ada tanda, " Jangan bicara pada pengemudi " ??

Terkadang kita tergesa-gesa ingin cepat sampai di tempat tujuan. Sehingga tak jarang dari kita yang bertanya pada sang supir, " Pak, masih berapa lama lagi ? ", atau, " Pak, cepet ya, saya buru-buru nih !! ".

Eits, kalau kalian merupakan tipe orang seperti di atas, cepat-cepat hentikan.. Bertanya pada sang supir, atau mengobrol kepadanya, itu dapat membuat berkurangnya fokus mengemudi di jalanan. Dan itu sangat berbahaya, guys...

****



4. Nah, sering kita mendapat saran saat ingin bepergian untuk lebih menaiki bus, dibanding mobil pribadi.. Hmm, mengapa sih, bus lebih dianggap aman dibanding mobil ?

Hmm, jawabannya karena bus lebih besar dan berat dibandingkan mobil ya. So, kalau sewaktu-waktu terjadi tabrakan, si bus lebih lambat untuk berhenti dan juga tak mudah terbalik. Jadi, meskipun berhenti mendadak, dan para penumpangnya berjatuhan, tingkat luka yang ditimbulkan tidak separah dengan penumpang yang berada di mobil.

Hmm, tapi jangan berarti kita mengharap untuk tabrakan ya....

****



5. Yang ini sih, untuk kalian yang memperhatikan saja ya. Mengapa depot bus rata-rata terletak di daerah-daerah yang kumuh dan lebih buruk ?

Kalau diperhatikan, rata-rata depot bus terletak di daerah yang buruk ya. Hmm, apakah ini hanya kebetulan yang tak di sengaja dilakukan oleh para P.O Bus ?

Tidak. Ini bukan kesengajaan. Hal tersebut dilakukan karena, di kota-kota besar, atau di daerah-daerah yang lebih maju, harga tanah disana jauh lebih mahal. Dan itu tetu saja, keberatan bagi mereka. Maka, untuk mengatasi hal tersebut, mereka mencari-cari lokasi yang harga tanah disana jauh lebih murah dan hemat..

*****


Quote:




....

Nah, tadi itu, beberapa fakta yang terdapat pada bus yang sering kita naiki. Sebenarnya masih ada banyak fakta-fakta unik lainnya, yang belum agan bahas. Kalau kalian setuju, comment di bawah dan KLIK tombol CENDOLNYA ya...

Semoga bermanfaat..

See you tomorrow..

And, Good LUCK....
nona212
nona212 memberi reputasi
1
1.3K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan