CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / Wedding & Family /
Cara Damai Serumah Dengan Mertua
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee2e5bd4601cf6b487e858f/cara-damai-serumah-dengan-mertua

Cara Damai Serumah Dengan Mertua

Dilema serumah dengan mertua


Mertua menjadi momok paling menakutkan bagi mereka yang sudah menikah terutama wanita. Sebab biasanya wanita-lah yang harus mengalah ikut suami, jika belum mampu mengontrak pasti akan tinggal dengan mertuanya.

Gansist buat kalian yang sudah menikah, pastinya akan melalui banyak drama selama pernikahan. Salah satunya masalah tinggal serumah dengan mertua, jika begini saat ada masalah. Pastinya akan membuat posisi pasangan merasa sangat dilema. Sebab perlu sikap bijak dan ikhlas untuk bisa hidup berdampingan.

Selama ini masyarakat kita masih terkungkung dengan sebuah tradisi, di mana seorang menantu wanita harus menjadi wonderwomen. Ya, begitulah faktanya masih sangat banyak terjadi. Menantu tidak boleh salah, berantakan sedikit di rumah makan akan jadi cemoohan satu Rt.

Seringkali posisi wanita mendapat ketidak adilan dalam hal ini. Padahal, pekerjaan rumah itu sebetulnya tugas suami dan istri hanya berkewajiban untuk membantu saja. Begitupun dengan lelaki, yang paling sering dipermasalah oleh mertua dari seorang lelaki biasanya adalah pekerjaan. Karena bagi mereka pekerjaan itu merupakan harga diri.

Ada istilah jauh wangi dekat bau tai. Makna dari istilah ini artinya anak menantu yang jauh akan selalu mendapat pujian sekecil apapun pemberian atau perlakuan yang diberikan. Tetapi anak menantu yang dekat tidak selalu saja salah, meskipun ada pada posisi benar. Miris memang dengan fenomena ini, Nah ada baiknya Gansist melakukan hal sebagai berikut, jika sudah terlanjur tinggal serumah, agar tidak menyesal suatu saat nanti.

Berani bersikap adil


Pasangan, lebih khususnya untuk para suami harus bisa adil dalam bersikap. Jangan berat sebelah karena akibatnya akan sangat fatal. Bukan hanya menimbulkan kecemburuan sosial antara mertua vs minantu. Tapi taruhan kehilangan salah satunya akan menjadi pilihan yang sangat tidak diinginkan. So berusahalah adil antara pasangan dan ortu/menantu ya.

Bicara baik-baik pada orang tua
Cara Damai Serumah Dengan Mertua
Ilustrasi google


Jika ada masalah, baiknya Gansist membicarakannya secara baik-baik. Jika orangtua/mertua yang salah, berikan penjelasan selembut mungkin. Supaya hati orang tua tidak merasa terluka, juga agar tidak timbul prasangka buruk di tengah keluarga.Bicara secara baik-baik juga menjadi bagian dari adab sopan santun.

Pikirkan resiko dan keuntangan
Cara Damai Serumah Dengan Mertua
Ilustrasi google


Hal terakhir yang musti Gansist perhatikan adalah keuntungan dan kerugian tinggal serumah. Jika menguntungkan bisa menyatukan pasangan dengan orang tua, maka lanjutkan dan tinggal menjaga hubungan baik itu. Tapi jika banyak mudharat seperti sering cekcok dan bertengkar, maka pikirkan ulang untuk tetap serumah.

Karena jika dalam serumah selalu bertengkar, untuk apa menikah jika tidak bisa mempersatukan dua keluarga. Hal ini pastinya sudah Gansist pahami sebelum mengucap janji suci pernikahan. Sebab sejatinya pernikahan di negara kita, bukan hanya antar dua insan yang saling mencintai saja. Tetapi juga untuk menyatukan dua keluarga yang tadinya tidak saling mengenal.

Sering suudzon pada orang tua pun bukanlah hal yang baik. Karena suudzon atau prasangka buruk, itulah yang menjadi awal mula bibit penyakit hati. Nah jika hati sudah terkontaminasi, siapa yang bisa mengobati selain diri sendiri? Saat kalian marah sama orang tua ataupun mertua, ingatlah hal ini.

Kita tidak akan bahagia jika tidak ada pasangan. Orang tua merekalah yang sangat berperan penting mengantarkan anaknya menjadi besar. Sebelum membenci ingatlah, suatu hari nanti kita pun akan tua. Pikirkan jika kelak kita diperlakukan sama oleh anak menantu kita.


Sekian thread ane kali ini, semoga bermanfaat.

All narasi opini pribadi

Cara Damai Serumah Dengan Mertua
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mamaproduktif dan 43 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ummusaliha
Halaman 1 dari 5
reserved
profile-picture
profile-picture
profile-picture
desyyyyyy dan 6 lainnya memberi reputasi
tidak berniat serumah dengan mertuaemoticon-Stick Out Tongue
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Sakaaa9393 dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 13 balasan
jujur, kalau ane tidak berniat untuk tinggal dengan orang tua atau mertua sekalipun, karena lebih baik tinggal di rumah sendiri dengan pasangan ataupun mending mengontrak kos atau rumah sementara...

karena tidak semua orang mampu menahan diri, kuat hati dalam menghadapi cibiran" mertua bahkan tetangga

gak semua pasangan juga betah saat segala kegiatan di rumah selalu dikomentari atau dirinya tidak suka diberi komentar untuk setiap hal yg dilakukan di rumah.

yg seperti ini perlu jadi pertimbangan, kalau tinggal seminggu setelah baru menikah ya gpp juga, mungkin persiapan untuk keluar dari rumah orang tua untuk hidup baru dengan keluarga sendiri di tempat yg terpisah dari orangtua dan mertua, tapi jangan berlarut"... maluu juga kali, hidup dari kecil sampe gede sama orangtua, masa dah punya suami/istri masih sama orang tua, bayi gede tu namanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chachocha dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Sudahlah tust me ngontrak aja, kalau belum kuat kontrak kost/rumah kecil ada baiknya jangan nikah dulu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chachocha dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
sukur2 kalo mertuanya msh mau diajak ngobrol siii, la kalo kaga itu yg repot pan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
kalo kata org jawa,"angel" bin sulit bisa dame sm mertua,sebaik² mertua,akhirnya pasti berantem jg,ane pernah ngalamin, dan akhir.nya mending cabut dr rmh mertua meskipun ngontrak...emoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hery45darirjm dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kupikir berita jonduan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mantelbulu dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
anjir sampe ada tritnya aowkwowi
susah gan, beda watak dan budaya. ribet emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yuri21 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mksih ats tipsnya gan.klau dpkir2 emang bner gan.suatu saat psti ngerepotin mertua jga.
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan lenitan memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
jujur walaupun mertua baik tetep aja ane gak betah tinggal bareng mertua, enakan dirumah sendiri walaupun kecil tapi bawaannya bebas, mau ngapain juga terserah kita, mau tidur seharian pas lagi off kerja gak bakalan ada yang ngomong emoticon-Ngakak
yang ane bikin nyesek waktu tinggal bareng mertua gak bisa miara kucing karena mertua dan ade ipar sangat anti sama hewan hewan berbulu kayak kucing.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
.Orenji. dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
njay dari maren kenapa gue nemu trit nikah nikahan mulu,
pusingg sebelah pihak doang


btw doain ya gan sist, besok ane akad
emoticon-Frown emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
noekoe19 dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
kalo aku lebih pengen idup berdua doang sama suami, biar belajar mandiri juga
bukan buat ngejauhin orang tua ato gimana
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan lenitan memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
memang susah klu sdah nikah tp msih serumah sma ortu/mertua. mesti ttep ada aja slah pham
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan lenitan memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
bener gan, banyak hal sepele yang bikin kita gak enak klo tinggal bareng mertua, misalnya sepulang kerja, kita ingin makan baso take away, cuma mau gak mau kita harus beliin mertua juga 😂, klo kita makan di tempat, nnti pas sampe rumah, di tawarin makan, kita bilang sudah makan, malah jadi omongan 😂😂...
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan lenitan memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Disarankan untuk pisah dengan kedua orang tua setelah berumah tangga sendiri.

Sebab hanya perbedaan prinsip bisa menjadi gesekan emosi dengan mertua
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hery45darirjm dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Sedikit sekali yang bisa hidup damai tinggal serumah dengan mertua.

Mungkin 1 banding 1000.

Ada aja mbatinnya. emoticon-Malu

profile-picture
profile-picture
husnamutia dan lenitan memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
HOROR emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan lenitan memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Plis. mending ngontrak emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
.Orenji. dan husnamutia memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ga prnah kepikiran... serumah ama mertua... milih tinggal sendiri biar ga absurd
profile-picture
profile-picture
.Orenji. dan husnamutia memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ibu mertua lebih kejam dari ibu tiri emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan didit.d memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di