CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
5 Buah Lokal yang Terasa Nikmat Saat Disantap dengan Nasi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee129fe82d495137b5c6770/5-buah-lokal-yang-terasa-nikmat-saat-disantap-dengan-nasi

5 Buah Lokal yang Terasa Nikmat Saat Disantap dengan Nasi


Kaskus DeYudi69 -Halo Gan-Sis, siapa nih dari para Agan dan juga para Sista yang hobi banget buat nyicipin berbagai kuliner yang ada di Indonesia, maupun kuliner dari negara lainnya di berbagai belahan dunia?

Sudah kah kalian pernah mencoba memakan ulat sagu, belalang goreng, atau kuliner extreme lainnya? Sejujurnya sih ane juga nggak pernah Gan-Sis, wkwkwk. Membayangkannya saja sudah sukses membuat bulu kuduk ane merinding.

Cuma memang, beberapa jenis ulat, seperti ulat sagu dan juga beberapa jenis serangga seperti belalang dan juga tonggeret, di Indonesia sudah lumrah dijadikan sebagai penganan pengganti sumber protein yang tinggi. Bahkan di daerah ane beberapa jenis capung pun dipanggang untuk kemudian di santap sebagai camilan.

5 Buah Lokal yang Terasa Nikmat Saat Disantap dengan Nasi
sumber

Namun pada thread ane kali ini, ane nggak akan membahas lebih jauh lagi tentang penganan serangga yang terbilang cukup extreme tersebut, mari kita bahas beberapa buah-buahan lokal yang biasanya terasa lebih enak untuk disantap bersama nasi hangat.

Buah-buahan dimakan bersama nasi? Gimana ceritanya itu? Trus, rasanya kaya apa? Sudah tentu rasanya mantep pake banget Gan-Sis, dan nggak bakalan bikin kita jadi bergidik geli, seperti halnya saat akan menyantap beraneka macam serangga goreng.

Indonesia memang terkenal dengan beraneka ragam sumber daya alamnya, termasuk tanaman buah, jadi thread ane kali ini juga ane buat berdasarkan pengalaman pribadi ane sendiri.

Dan berikut ini beberapa buah yang dapat disantap bersama nasi :

1. Buah Mangga

5 Buah Lokal yang Terasa Nikmat Saat Disantap dengan Nasi
sumber

Buah mangga yang sudah matang biasanya akan berwarna kuning atau orange cerah tergantung dari jenis mangganya, rasa dari buah mangga yang sudah matang juga pada umumnya sangat manis. Orang-orang tua jaman dulu biasanya suka menyantap buah mangga yang sudah matang ditemani dengan sepiring nasi hangat.

Ane sendiri pertama kali mencoba memakan buah mangga bersama nasi karena ditawarin sama emak ane wkwkwk. Dan ternyata rasanya mantep Gan ... enak kaya rasa buah mangga yang udah mateng, tapi jadi tambah lebih gurih karena dipadukan bersama nasi hangat.

2. Buah Durian

5 Buah Lokal yang Terasa Nikmat Saat Disantap dengan Nasi
sumber

Yang ngaku sebagai penggemar buah durian harus nyoba nih, makan buah durian pake nasi hangat. Buah tropis yang satu ini memang cukup populer diantara buah lokal Indonesia yang lainnya, aroma menyengatnya yang khas dan juga rasa manisnya yang menggigit, mampu membuat siapa saja untuk menjadi ngefans sama buah yang satu ini.

Ane sendiri biasanya kalau makan buah durian pasti langsung mengambil sepiring nasi hangat, entah kenapa kalau menurut ane pribadi, rasanya jadi lebih nikmat dan tidak terlalu melilit di tenggorokan.

Owh iya, satu tips dari ane, setelah memakan buah durian, sebaiknya Gan-Sis meminum air putih yang dituangkan ke dalam tempurung atau kulit durian bagian dalamnya ya.

Tujuannya untuk mengurangi bau mulut dan juga meminimalisir timbulnya panas dalam setelah memakan banyak durian. Ane juga biasanya mencuci tangan dari air yang sudah ditaruh pada kulit durian dan berhasil untuk mengurangi bau durian pada jari tangan ane.

Hal tersebut dikarenakan pada bagian kulit ari buah durian banyak mengandung nutrisi bahkan mengandung zat anti kencing manis, kulit durian juga kaya akan enzim alami seperti poligalakturonase.

3. Buah Manggis

5 Buah Lokal yang Terasa Nikmat Saat Disantap dengan Nasi
sumber

Siapa yang suka nebak isi buah manggis dengan cara melihat tonjolan yang ada di bagian bawah buah manggis tersebut? Hayo ngaku wkwk, banyak orang yang menjuluki buah manggis sebagai buah yang paling jujur, karena berapapun jumlan tonjolan berbentuk seperti kelopak bunga yang ada pada bagian bawah buah tersebut, makan segitulah isi daging pada bagian dalam buah manggis.

Memang benar sih selama ini ane selalu menemukan isi daging buah manggis yang sesuai dengan tonjolan pada bagian bawahnya, kalo Gan-Sis lagi makan buah manggis coba deh buktiin sendiri, jika isinya beda, berarti Gan-Sis udah diboongin sama buah manghisnya wkwkwk.

Buah manggis sebagai salah satu buah favorit ane juga biasanya sesekali ane santap bersama sepiring nasi, rasa manis dan juga sedikit kecutnya menjadi menyatu sempurnya bersama suapan demi suapan nasi yang lebih dominan tawar.

4. Buah Wani

5 Buah Lokal yang Terasa Nikmat Saat Disantap dengan Nasi
sumber

Ada yang tahu buah lokal yang satu ini? Bentuknya hampir menyerupai seperti buah mangga, namun yang membedakan yaitu bagian dagingnya yang berwarna putih, buah wani yang sudah matang juga mengeluarkan aroma manis yang harum, dan juga ketika dimakan memiliki rasa khas yang seperti sedikit mengandung soda. Wani yang sudah matang juga menurut ane enak banget buat dimakan bersama sepering nasi.

5. Buah Pisang

5 Buah Lokal yang Terasa Nikmat Saat Disantap dengan Nasi
sumber

Pisang menjadi salah satu buah yang paling mudah untuk dijumpai, karena tumbuhan buah yang satu ini cukup mudah untuk dibudidayakan. Berbeda dengan 4 buah-buahan yang sudah ane sebutkan di atas, untuk dapat menikmati menyantap buah pisang bersama nasi, sebaiknya buah pisang yang sudah matang digoreng terlebih dahulu tanpa menggunakan tepung, dan setelah selesai di goreng sebentar pada minyak panas, ditaburi dengan sedikit garam. Dijamin Gan-Sis, rasanya jadi nampol banget dimakan bersama sepring nasi hangat wkwkwk.

Nah, itu tadi beberapa buah-buahan lokal yang enak buat disantap berama nasi. Saran ane, janganlah mengkonsumsi suatu makanan apa pun secara berlebihan bila tidak ingin mengalami sakit perut atau gangguan pencernaan lainnya, karena apa pun yang berlebih itu pasti tidak baik hasilnya. Jangankan makanan, meminum air putih seara berlebihan pun dapat membuat kita menjadi merasa eneg bahkan mual-mual, betul nggak?

Sampai jumpa lagi pada thread ane selanjutnya, jangan lupa beri cendol, rate, tulis komentar, dan juga bagikan ke akun media sosial kalian ya Gan-Sis. Thank You.

Baca Juga : Ada yang Pernah Membuat Pesawat Kertas Ini? Fix, Masa Kecil Kalian Bahagia Gan-Sist

Penulis : DeYudi69


Sumber referensi : opini pribadi dan di sini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
oncom.onair dan 45 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh DeYudi69
Halaman 1 dari 9
5 Buah Lokal yang Terasa Nikmat Saat Disantap dengan Nasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh DeYudi69
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
reserved
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
reserved again
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kadeksatia dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
selamat membaca
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kadeksatia dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
6. Buah Nanas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sagutumbuk dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Anjir... Gak pernah gua kepikiran makan buah pake nasi. Gila
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ekijabbar dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Menurut saya lebih enak makan buahnta aja tanpa ada nasinya.
profile-picture
profile-picture
DeYudi69 dan Richy211 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Silahkan dimakan untuk pelengkap nasimu gan, karena memang enak saja. Apalagi bagi yang hobi semua itu merupakan menu yang cukup menggelegak lidah.
profile-picture
profile-picture
DeYudi69 dan Richy211 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
dah gak makan nasi.. hanya sayur buah dan daging serta ayam mantapz
profile-picture
profile-picture
DeYudi69 dan Richy211 memberi reputasi
Diubah oleh awixcool
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ane belum pernah nyobain gimana rasanya tuh makan nasi lauk buah aneh-aneh saja dah emoticon-Cape d... mending buahnya disantap terakhir buat pencuci mulut nanti
profile-picture
profile-picture
DeYudi69 dan Richy211 memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
wkwkwkw.. ane cuman pernah mangga dlm bentuk sambel
yg laen, ane ngbayanginnya aja ga mau om
profile-picture
profile-picture
DeYudi69 dan Richy211 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
bagi ane cuma buah tomat aja yg cocok dipakein ke nasi, itupun nasi goreng wkwk
profile-picture
profile-picture
DeYudi69 dan Richy211 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Bagi ane sih buah tomat dan buah cabe paling enak dimakan sama nasi. Apalagi kalau udah diolah jadi sambel emoticon-Cool
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Buah bawang
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
Diubah oleh NecroTorture
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
buah manggis buah pepaya
profile-picture
profile-picture
DeYudi69 dan Richy211 memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
ane belum pernah semua makan pake nasi, berasa aneh gitu
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
bukan nasi putih biasa gan, tapi nasi pulut, ane dulu juga pernah makan durian sama pisang goreng pakai nasi pulut
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
sambel nanas juga enak pake nasi
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Buah salak emoticon-Smilie

Monggo yang laen terusin emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
DeYudi69 dan Richy211 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
durian yg udah diolah jadi tempoyak emang enak dipadukan dengan nasi anget apalagi kalo ada kabau atau kapau tuh namanya yg kek jengkol tapi kecil, asli lampung kalo ga salah emoticon-Genit
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Halaman 1 dari 9


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di