TaraAnggaraAvatar border
TS
TaraAnggara
[COC Reg. Batam] 4 Kuliner Khas Batam Berbahan Dasar Mie! Nomor 3 Bikin Kikuk
Makanan Khas Batam yang Menggugah Selera
sumber gambar

Sudah menjadi rahasia umum jika setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khasnya masing-masing, tak terkecuali dengan Batam. Kota terbesar di Kepulauan Riau ini, memiliki perpaduan budaya Indonesia, Melayu, dan Cina. Hal itulah yang membuat kuliner khas Batam mempunyai cita rasa unik, hasil dari perpaduan ketiga budaya tersebut.



Sama seperti kebanyakan kuliner Indonesia yang dikenal sampai ke mancanegara, nama kuliner khas Batam pun banyak yang sudah mendunia. Ditambah letak Batam berdekatan dengan Malaysia dan Singapura, membuat Batam seringkali dijadikan tempat transit bagi orang-orang yang hendak berkunjung ke negara tersebut. Hal ini tentu membuat kuliner dari Batam cepat dikenal, bukan hanya oleh masyarakat Indonesia saja tapi juga dunia.

Jika Gansist berkunjung ke kota Batam, ada banyak pilihan menu yang bisa kalian coba. Mulai dari yang kering, berkuah, atau makanan yang bisa dijadikan oleh-oleh. Namun, di trit ini TS khusus ingin mengulas kuliner khas Batam berbahan dasar mie.

Penasaran, apa saja dan seperti apakah wujudnya? Cus lah, kita simak

4 Kuliner Khas Batam Berbahan Dasar Mie! Nomor 3 Bikin Kikuk



1. Mie Sagu



Di urutan pertama ada Mie Sagu. Sesuai namanya, mie ini terbuat dari bahan sagu. Teksturnya kenyal, ukurannya besar, serta memiliki aroma khas berasal dari aroma sagu yang pekat dan bercampur dengan bumbu serta rempah-rempah. Mie sagu disajikan kering dilengkapi dengan tauge, telur, bakso ikan, udang, atau potongan ikan.

Ada yang unik nih Gansist, dari cara melunakkan mie sagu. Jika pada umumnya supaya mie lunak direndam dengan air panas, mie sagu justru bisa lunak hanya dengan merendamnya menggunakan air dingin. Harga satu porsi mie sagu, sekitar 15 ribu rupiah saja.


2. Mie Tarempa



Penampakan dari Mie Tarempa hampir serupa dengan Mie Aceh yang memiliki cita rasa kaya akan rempah dan berwarna merah. Perpaduan rasa pedas dan gurihnya, dijamin bikin ketagihan siapa pun yang memakannya. Penyajian Mie Tarempa dilengkapi dengan Topping potongan ikan. Selain enak, Mie Tarempa juga memiliki harga yang bersahabat dengan kantong.

Mau tahu berapa harga untuk satu porsi Mie Tarempa? Hanya 8 ribu rupiah saja Gansist! Ini tentu harga yang sangat murah, mengingat Batam adalah kota besar. Umumnya di kota-kota besar, apalagi daerah wisata akan sulit menemukan makanan dengan harga murah.


3. Mie Lendir



Apa yang kalian bayangkan ketika mendengar kata lendir?

Pasti pikiran langsung tertuju pada sesuatu yang licin, lengket dan bikin kikuk. Namun tenang, hal tersebut tidak akan kalian temukan pada Mie Lendir.

Meski namanya bikin kikuk, tapi kuah kental dari Mie Lendir dijamin mampu menggoyang lidah kalian untuk terus memakannya. Ditambah dengan pelengkap seperti tauge, telur rebus, potongan cabai rawit hijau, sledri, serta bawang goreng akan menggugah selera siapa saja yang melihatnya.



4. Mie Selat Kacang Panjang



Meski namanya Mie Selat Kacang Panjang, tapi sama sekali tidak ada tambahan kacang panjangnya ya Gansist. Mie ini sebenarnya salah satu varian dari Mie Selat Panjang, yang namanya mengadopsi dari salah satu selat yang ada di Kepulauan Riau.

Terus kenapa dinamakan Selat Kacang Panjang? Hal ini karena kuah mienya terbuat dari kacang yang dicampur dengan udang dan santan. Rasanya mirip gado-gado tapi tidak terlalu pekat. Hemmm, kayaknya enak ya Gansist.

Untuk yang ini, harganya lumayan mahal. Sekitar 20 ribu per porsi.


Itu dia 4 menu berbahan dasar mie dari kota Batam. Semoga bisa menjadi rekomendasi menu bagi yang ingin berkunjung ke kota ini. Eits! Tapi berkunjungnya nanti, kalau pandemi sudah berakhir ya.

Gansist, apakah kalian punya menu rekomendasi lain dari kita Batam? Yuk, kasih tahu di kolom komentar!



Refrensi
Sumber gambar 1, 2, 3, 4


Tara Anggara
Cilacap, 08 Juni 2020
Diubah oleh TaraAnggara 04-07-2020 02:46
akunflo
embunsuci
jokoariyanto
jokoariyanto dan 58 lainnya memberi reputasi
55
6K
142
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan