ummusalihaAvatar border
TS
ummusaliha
Bulbul Manisan Jaman Old Yang Hampir Punah!
Bulbul Manisan Langka

Dokpri


Assalamu'alaikum Gansist selamat tengah malam. Ketemu lagi sama emak dua anak yang produktif. Lama nggak jumpa ya sebab emak sibuk dengan dunia nyata.

Oke kali ini Emak akan bahas satu makanan yang udah hampir langka, apakah itu? Yaps manisan Bulbul yang terbuat dari buah pepaya. Banyak macam manisan yang bisa diolah dari buah yang kaya akan nutrisi.

Pepaya bagi sebagian orang dipercaya bisa mencegah kanker, memperbaiki jantung, menjaga kesehatan kulit dan banyak lagi. Selain bisa di konsumsi tanpa tambahan bahan apapun. Pepaya juga bisa dibuat menjadi manisan yang legit.

Sebagian orang mengolah pepay untuk membuat manisan yang hanya diiris saja. Ada juga yang dibuat untuk rujak dengan tambahin bumbu untuk menambah aroma segar. Oke langsung aja simak cara membuat manisan bulbul.

Langkah pertama yang kalian harus siapkan tentunya adalah bahan sebagai berikut :

-2 buah pepaya ukuran sedang
-1/2kg gula pasir
-2 sendok teh citrun
-Pasta/pewarna makanan
-Garam




Step selanjutnya

Kupas pepaya kemudian parut, tips agar tangan kalian aman. Saat mengupas dan memarut pepaya, lapisi tangan kalian dengan kresek atau plastik. Karena getah pepaya sangat tajam, agar proses sampai akhir tetap nyaman maka perlindungan itu wajib.


Peras pepaya menggunakan saringan untuk nasi. Lipat hingga 4 lapis, peras hingga kadar air berkurang. Ini perlu dilakukan supaya saat memasak tidak memakan waktu berjam-jam lamanya.
Untuk tahu apakah kadar air cukup atau tidak, perhatikan gambar di bawah. Jika ujung perasan terlihat putih, artinya cukup jangan diperas lagi. Ini penampakannya.


Step selanjutnya

Larutkan citrun, garam dan pewarna.


Supaya manisan mendapatkan hasil yang bagus. Tehnik ini perlu Gansist tahu, karena takaran antara pepaya dan gula harus 1 : 1. Artinya 1 gelas pepaya parut dan 1 gelas gula pasir.


(Seperti ini)

Kemudian tambahkan pewarna, jangan terlalu pekat ya. Karna setelah matang, bisa berubah menjadi gelap dari warna aslinya.



Lalu aduk sampai kalis sebelum wajan nongkrong di atas kompor.



Masak dengan api yang sangat kecil, terus aduk sampai gula tercampur. Saat dipegang, pepaya sudah terasa lengket.



Setelah itu biarkan manisan yang sudah jadi sampai terasa hangat. Lalu bentuk bulat-bulat, karena ini ciri khas dari bulbul. Setelah selesai langsung jemur di bawah terik matahari, selama kurang lebih 3 hari dan manisan siap di santap.



Karena ini manisan basah, biasanya awet 1-2 minggu. Tergantung Gansist menuruti kaidah trit ini atau tidak. Hahahahaha.

Sekian thread kali ini dari emak, semoga bermanfaat. Jangan lupa tinggalkan rate, cendol dan share agar thread emak bermanfaat juga untuk yang lain.

Salam santuy dan haturnuhun

Diubah oleh ummusaliha 04-07-2020 12:25
japarina
farinamany
salilasa
salilasa dan 42 lainnya memberi reputasi
43
3.9K
195
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan