CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Bakso Homemade Rasa Tak Kalah dengan Bakso Beli
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ed4098c7e3a72254661d9bb/bakso-homemade-rasa-tak-kalah-dengan-bakso-beli

Bakso Homemade Rasa Tak Kalah dengan Bakso Beli

Bakso Homemade Rasa Tak Kalah dengan Bakso Beli


Assalamualaikum, GanSist! Welcome to my thread 🤗

Semoga Agan dan Sista selalu dalam lindungan Allah.

Kita tahu, pandemi yang terjadi di negara kita ini masih belum juga mereda. Bahkan penderita Covid-19 semakin banyak menurut berita di televisi.

Pandemi Covid-19 ini membuat hampir semua orang mengalami penurunan perekonomian. Pendapatan berkurang, tetapi pengeluaran terus berlanjut. Tentu saja membuat kita harus pintar mengatur keuangan, agar terus bertahan hidup.

Nah, jika GanSis ingin berhemat, tapi ingin makan enak, maka bisa membuat bakso homemade dengan rasa yang tak kalah dengan bakso beli. Selain itu juga bisa digunakan untuk lahan penghasilan. Siapa tahu ada yang mau beli bakso buatan kita, 'kan? Tak ada salahnya mencoba, bukan?

Berikut cara membuat bakso homemade yang enak dan kenyal.

Quote:


Bakso Homemade Rasa Tak Kalah dengan Bakso Beli




Cara membuat:
1. Buang tulang ayamnya, cuci bersih, kemudian cincang halus.
2. Setelah itu blender bersama es batu yang sudah dihancurkan, telur ayam, lada bubuk, garam kasar, masako, bawang putih, dan bawang merah goreng.
3. Blender sampai halus, lalu campur dengan tepung tapioka atau kanji. Lalu, uleni sampai adonan tercampur dan tidak terlalu lembek.
4. Didihkan air di panci, lalu matikan kompor, dan bulatkan adonan bakso dengan menggunakan tangan kanan, lalu disendok dan masukkan ke air panas tadi. Lakukan sampai adonan habis.
5. Setelah itu nyalakan kompor dengan api kecil. Masak sampai bakso mengapung, jangan lupa diaduk. Jika sudah mengapung, angkat dan tiriskan.
6. Bakso pun sudah siap disajikan.


Bakso Homemade Rasa Tak Kalah dengan Bakso Beli


Kemudian, berikut cara membuat kuah bakso.

Bahan-bahan:
- 2 liter air
- 6 bawang putih
- 2 bawang merah
- 1/2 sdt lada bubuk
- 2 batang daun bawang
- 3 batang seledri
- garam secukupnya
- kaldu ayam secukupnya

Cara membuat:
- Didihkan air
- Iris-iris 3 siung bawang putih dan 2 bawang merah, lalu goreng hingga agak kecokelatan, haluskan bersama lada bubuk
- Kemudian, haluskan 3 siung bawang putih sisanya dan sisihkan
- Masukkan tumisan bawang dan lada bubuk saat air mendidih heboh.
- Kemudian, masukkan juga bawang putih mentah yang sudah dihaluskan tadi
- Masukkan daun bawang dan seledri
- Beri garam dan kaldu sesuai selera

Setelah kuah matang, sajikan bersama bakso ayam yang sudah matang tadi, beserta mie, tahu putih, dan tahu kempos (entah ya kalau di daerah lain namanya apa, ini yang buat tahu isi biasanya).

Bakso Homemade Rasa Tak Kalah dengan Bakso Beli


Nah, demikianlah cara membuat bakso ayam beserta kuahnya. Semoga bermanfaat ya, GanSist?

Note:

-1 liter air sama dengan 4 (empat) gelas ukuran 250 ml atau 4 gelas belimbing. Gelas belimbing adalah gelas yang biasa digunakan untuk minum dan sebagai gelas takar dalam memasak.

-Resep di atas jika bikin banyak bisa dikira-kira sendiri tinggal ditambah ukurannya sesuai perbandingan, dan bawa ke tukang giling daging buat bakso.

Selamat mencoba GanSist

Narasi pribadi dan sumber pict dok.pri

profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 5 lainnya memberi reputasi
Pejwan
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Mampir sahabat Kaskus
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
yuhuu
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Diubah oleh Anna471
Enak enak
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan Anna471 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
enak nihh emoticon-2 Jempol sesuatu yang dibuat dengan tangan sendiri memang rasanya lebih nikmat ane pernah bikin bakso juga dan rasanya lumayan kok nggak kalah sama beli beli di kang bakso keliling
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan Anna471 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Pengen bkin tp blm pny chopper nya emoticon-Stick Out Tongue
kl giling ke pasar minim kudu 1KG emoticon-Hammer
profile-picture
Anna471 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
wah syeger nih baksonya
profile-picture
Anna471 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
aaah jadi pengen makan bakso pangsit nih
profile-picture
Anna471 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Terimkasih resepnya sista... sepertinya lumayan gampang ya bikinnya, di rumah kadang sih juga bikin bakso sendiri cuma untuk ulenan / adonan baksonya sih giling di jasa penggilingan daging gitu.hehe..
profile-picture
Anna471 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
besok dicoba deh bikin baso sendiri d rumah
mumpung byk waktu buat masak yeee
Bikinnya seru, tp klo suruh cicipin atau makan udah eneg. Soalnya udah liat begitu banyak bakso dan menghirup uap kaldu, jadinya ya eneg. Seneng bikinnya aja. Wkwkwkw


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di