CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Hewan Peliharaan /
Ajaib! Hewan Ini Ternyata Bisa Deteksi Infeksi Corona
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ecdea195cf6c44a730b8e21/ajaib-hewan-ini-ternyata-bisa-deteksi-infeksi-corona

Ajaib! Hewan Ini Ternyata Bisa Deteksi Infeksi Corona

Infeksi Corona memang masih terus bertambah. Tetapi di beberapa negara sudah menunjukkan penurunan penambahan kasus baru. Salah satu yang menunjukkan penurunan signifikan adalah Jepang. Bahkan di Negeri Sakura tersebut keadaan darurat yang diterapkan mulai 7 April 2020 lalu sudah dicabut. Dilansir vivanews.com, 27 Mei 2020,  pada hari Senin 25 Mei 2020 42 kawasan dari 47 kawasan yang ada di Jepang sudah kembali dalam kehidupan normal.

Ajaib! Hewan Ini Ternyata Bisa Deteksi Infeksi Corona
Anjing Dilatih Mengenali Kain yang Terinfeksi Covid - 19 di Perancis (Sumber: Merdeka.com)

Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan Jepang dalam perang melawan Corona tersebut. Dilansir Kompas.com, 25 Mei 2020, salah satunya adalah adanya pelacak kontak di Jepang. Pelacak kontak ini sudah ada jauh sebelum wabah Corona muncul. Pada kondisi normal untuk melacak wabsh ysng lebih umum seperti Tbc dan influenza. Saat negara-negara maju lain seperti Amerika dan Inggris masih merekrut dan melatih para pelacak kontak, di Jepang sudah siap sejak virus itu muncul pertama.

Ajaib! Hewan Ini Ternyata Bisa Deteksi Infeksi Corona

Anjing Dilatih Mengenali Kain yang Terinfeksi Covid - 19 di Perancis (Sumber: Merdeka.com)


Deteksi dini infeksi Corona ini memang penting untuk pencegahan awal. Saat ini alat umum yang dipakai adalah rapid test, sebelum akhirnya menggunakan tes swab.


Ajaib! Hewan Ini Ternyata Bisa Deteksi Infeksi Corona

Anjing Dilatih Mengenali Kain yang Terinfeksi Covid - 19 di Perancis (Sumber: Merdeka.com)


Nah, ternyata selain menggunakan rapid test, dalam waktu ke depan ada peluang untuk menggunakan anjing untuk melacaknya. Karena ternyata anjing bisa mengendus orang yang terinfeksi Corona.


Dilansir detik.com, 27 Mei 2020, mampunya anjing mendeteksi infeksi Corona itu terungkap dari penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di Universitas Helsinki Finlandia. Anjing yang telah dilatih untuk membantu pendeteksian medis ternyata mampu membedakan bau infeksi Covid-19 yang disebabkan oleh Virus Sars - Cov - 2 tersebut.

Penelitian itu memanfaatkan anjing untuk membedakan air seni orang yang terinfeksi Covid - 19 dan orang sehat normal. Dan hasilnya ternyata cukup menjanjikan. Anjing yang telah dilatih tersebut bisa membedakan air seni orang yang terinfeksi Covid-19 dengan orang sehat dengan cukup tepat. Bahkan disebutkan hasil pendeteksian anjing itu setara dengan alat PCR yang sudah biasa digunakan untuk mendeteksi Sars-Cov-2. 

Para ilmuwan di Finlandia kini tengah merancang penelitian tahap kedua yang jauh lebih besar dengan pasien acak. Sementara itu negara Eropa yang lain seperti Inggris dan Perancis juga mengikuti pelatihan serupa.

Anjing memang sebelumnya bisa mengenali beberapa penyakit dengan mengendusnya. Misalnya untuk mengenali beberapa jenis kanker yang ternyata bisa dideteksi anjing pelacak dengan ketepatan tinggi.

Selain itu, anjing sudah umum digunakan oleh pihak kepolisian untuk mendeteksi beberapa barang yang perlu dilacak. Misalnya mendeteksi bahan peledak dan narkoba.

Semoga hasil dari penelitian ini bisa membantu mengatasi Pandemi yang sudah meluas pada ratusan negara di penjuru dunia ini...I]


Referensi:

1. https://lifestyle.kompas.com/read/20...ok-bisa?page=2

2. https://news.detik.com/dw/d-5029790/...425.1586073146




profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 27 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh widoko
Halaman 1 dari 5
Boljug ini...mgk bisa ditiru jg di indo
Apapun ikhtiarnya baik utk dicoba, demi meredam pandemi covid ini
Ajaib! Hewan Ini Ternyata Bisa Deteksi Infeksi Corona
profile-picture
profile-picture
profile-picture
d.eka dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
emang anjing itu salah satu peliharaan yang terkenal sensitif dan inderanya disebut lebih peka emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aprilice dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Boljug nih dicoba di indo wkwkw
profile-picture
profile-picture
d.eka dan widoko memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
PERTAMAX GAK YA GAN
profile-picture
widoko memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
nahh bagus nih kalo beneran efektif.. mending banyakin pake anjing aja drpd pake alat yg kaga jelas hasilnya itu..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jrmyxx dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
wah boleh juga ini dipakai untuk mendeteksi orang orang yang berpotensi kena virus...
profile-picture
widoko memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
kaya2 udah pasti pdhl juga ya gimana ya, tp oke sih kaya bisa jd deteksi awal juga
profile-picture
widoko memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
waa mantap niih
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan widoko memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
K9 dilatih buat deteksi yang positif, kalo ngeyel baru lepas. emoticon-Perancis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 12 balasan
Jadi menarik untuk tahu pola pelatihannya .. emoticon-Malu
profile-picture
widoko memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Udah tau anjing dan kucing bisa terjangkit corona juga?
Si anjingnya jadi pdp ga?
emoticon-Ngakak
profile-picture
kemaln memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Jual Beli Komputer Bekas dan Labtop Bekas 082119999238. Terima Lelangan kantor & Borongan Barang bekas kantor komputer, monitor, Printer, server, Cisco, AC, Genset. Melayani se-indonesia. Satuan & partai besar.

Kami menerima segala macam barang bekas Kantor, Sekolah, Mall, Rumah Sakit, Restaurant, Gudang, Pabrik, Yayasan, Warnet.

admin :

Global network indonesia
hub : 082119999238

https://globalnetworkindonesia.com

https://globalnetworkcomputer.blogspot.com/

#jualbelilaptopbekas
#jualbelikomputerbekas
#jualbeliserverbekas
#jualbelirouterbekas
#jualbeliciscobekas
#terimalelanganbarangbekaskantor
#terimalelanganlaptopbekas
#lelanganbarangbekaskantor
#lelanganlaptopbekas
#terimalelanganciscobekas
#terimalelanganbarangbekaspabrik
#terimalelanganbarangbekastelkomsel
#terimalelanganlaptopbekasjakarta
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lololoya dan 5 lainnya memberi reputasi
wihhhhh nihhh keren nihhh hewannnn
gaperlu bayar2 mahal lah yakkk
wah bisa ya
Memang secara insting ada yang bisa.
aneh2 aja..
bsk ane banyakin makan jengkol, biar pas di cium ma guk2 tepar lgsg... emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
widoko dan jagotorpedo memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
harus ada divisi khusus dari k9 dsini khusus endus covid19, klo stok yg ada skrng dpke buat bntu covid bisa2 pengedar narkoba makin merajalela
profile-picture
widoko memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Kucing juga bisa..























mendeteksi keberadaan ikan asin emoticon-Embarrassment
profile-picture
widoko memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
emoticon-Wow

Ntar nih doggy kalau kebanyakan ngendus bisa terinfeksi covid gak ya emoticon-Bingung atau ngendusnya pake masker
profile-picture
profile-picture
widoko dan kemaln memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di