CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Soal Toleransi dalam Islam, Ini Pengertian dan Contohnya dalam Al Quran
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ed12a665cf6c455fc23fa9e/soal-toleransi-dalam-islam-ini-pengertian-dan-contohnya-dalam-al-quran

Soal Toleransi dalam Islam, Ini Pengertian dan Contohnya dalam Al Quran

Soal Toleransi dalam Islam, Ini Pengertian dan Contohnya dalam Al Quran
Foto: Getty Images/iStockphoto/Vector Artist and Photographer f/Soal Toleransi dalam Islam, Ini Pengertian dan Contohnya dalam Al Quran

Jakarta - Islam mengajarkan setiap umatnya untuk hidup dengan penuh toleransi. Dikutip dari buku 'Al-Qur'an Kitab Toleransi' karya Zuhairi Misrawi, berikut pengertian Islam dan toleransi:

1. Pengertian
Toleransi dalam Islam atau bahasa Arab disebut al-tasamuh. Hanya saja, kalimat itu tidak ditemukan secara eksplisit dalam Al Quran. Kalimat itu bisa ditemui dalam hadist inni ursiltu bi al-hanifiyyat al-samhat. Rasulullah SAW bersabda, beliau diutus tuhan untuk menebarkan toleransi.

Walaupun kalimat al-tasamud tidak ditemukan dalam Al-Quran, menurut buku karya Zuhairi Misrawi ini kitab suci Al Quran menulis semua toleransi dalam sikap saling menghargai, menerima, serta menghormati keragaman budaya dan perbedaan berekspresi.

"Maka Al-Quran merupakan kitab suci yang secara nyata memberikan perhatian terhadap toleransi. Hal tersebut dapat ditemukan dalam ratusan ayat yang secara gamblang mendorong toleransi serta menolak intoleransi," bunyi buku itu.

2. Contoh
Contoh toleransi dalam Islam juga tertulis dalam Quran surat Al Mumtahanan ayat 8-9. Dalam surat tersebut, Alla SWT berfirman agar setiap Muslim berperilaku baik kepada umat beragama lain selama tidak ada sangkut pautnya dalam agama. Hal ini juga menjelaskan bagaimana batasan toleransi dalam Islam.

Arab: لَا يَنْهٰىكُمُ اللهُ عَنِ الذِيْنَ لَمْ يُقَاتِلُوْكُمْ فِى الديْنِ وَلَمْ يُخْرِجُوْكُمْ منْ دِيَارِكُمْ اَنْ تَبَروْهُمْ وَتُقْسِطُوا اِلَيْهِم اِن اللهَ يُحِب الْمُقْسِطِيْنَ
اِنمَا يَنْهٰىكُمُ اللهُ عَنِ الذِيْنَ قَاتَلُوْكُمْ فِى الديْنِ وَاَخْرَجُوْكُمْ منْ دِيَارِكُمْ وَظَاهَرُوْا عَلى اِخْرَاجِكُمْ اَنْ تَوَلوْهُم وَمَنْ يتَوَلهُمْ فَاُولىكَ هُمُ الظلِمُوْنَ

Latin: lā yan-hākumullāhu 'anillażīna lam yuqātilụkum fid-dīni wa lam yukhrijụkum min diyārikum an tabarrụhum wa tuqsiṭū ilaihim, innallāha yuḥibbul-muqsiṭīn. Innamā yan-hākumullāhu 'anillażīna qātalụkum fid-dīni wa akhrajụkum min diyārikum wa ẓāharụ 'alā ikhrājikum an tawallauhum, wa may yatawallahum fa ulā`ika humuẓ-ẓālimụn

Artinya: Allah tidak melarang kamu berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tidak memerangimu dalam urusan agama dan tidak mengusir kamu dari kampung halamanmu. Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berlaku adil. Sesungguhnya Allah hanya melarang kamu menjadikan mereka sebagai kawanmu orang-orang yang memerangi kamu dalam urusan agama dan mengusir kamu dari kampung halamanmu dan membantu (orang lain) untuk mengusirmu. Barangsiapa menjadikan mereka sebagai kawan, mereka itulah orang-orang yang zalim.

Selain itu, dalam Quran surat Luqman ayat 15, Allah SWT berfirman mengenai tetap berperilaku baik kepada keluarga atau saudara non Islam, walaupun mereka sempat mengajak untuk mempersekutukan Allah SWT.

Arab: وَاِنْ جَاهَدٰكَ عَلى اَنْ تُشْرِكَ بِيْ مَا لَيْسَ لَكَ بِهٖ عِلْمٌ فَلَا تُطِعْهُمَا وَصَاحِبْهُمَا فِى الدنْيَا مَعْرُوْفًا ۖواتبِعْ سَبِيْلَ مَنْ اَنَابَ اِلَيۚ ثُم اِلَي مَرْجِعُكُمْ فَاُنَبئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ

Latin: wa in jāhadāka 'alā an tusyrika bī mā laisa laka bihī 'ilmun fa lā tuṭi'humā wa ṣāḥib-humā fid-dun-yā ma'rụfaw wattabi' sabīla man anāba ilayy, ṡumma ilayya marji'ukum fa unabbi`ukum bimā kuntum ta'malụn

Artinya: Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang engkau tidak mempunyai ilmu tentang itu, maka janganlah engkau menaati keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku. Kemudian hanya kepada-Ku tempat kembalimu, maka akan Aku beritahukan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.

Semoga kita semua memahami toleransi dalam Islam ya!

sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trimusketeers dan 4 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Kata so mad
Toleransi apa
Yg ada telor asin
emoticon-Wagelaseh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chevelle16 dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh getthebug
Alhamdullilah, jangan kayak sebelah ya

"Jika Ia keluar dari agamanya, Maka bunuh lah dia"

Atau itu tuh Ayat Al-McDonald 51

profile-picture
profile-picture
profile-picture
chevelle16 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Lho, wahabi cuma liat Quran... Di Quran ga ada toleransi yah mereka ga kenal.
profile-picture
bajier memberi reputasi
Diubah oleh kily89
Kebenaran menurutmu belum tentu sama dgn kebenaran menurut yg lain.
Sama halnya dgn makna toleransi bagimu belum tentu maknanya sama dgn toleransi menurut yg lain.

Selama masih ada toa, disitu tdk ada toleransi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
RyanYulio dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
agamaku paling damai" buktinya kami biarkan kalian hidup disini"
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
camarhitam dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ibarat mengajarkan binatang bertata krama
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Air.Gate dan 3 lainnya memberi reputasi
bukan kafir yg mesti diyakin kan bahwa islam itu toleran, tapi dari islam sendiri yaitu para fanatik yg semakin banyak.

kapir dipromosiin buat apa? kalo kapir gak setuju trus nunjukin ayat2 intoleran ujung2 dicap "lu gak paham agama gw!" "jangan menafsirkan sepotong2" atau paling parah malah kena pasal penistaan.

lu debat tuh para islam ekslusif radikal, adu ilmu lu ama mereka....aneh aja agama kok ada dua wajah, kalo emang radikal itu salah ya wajib moderat liberal ini yg meluruskan....plot twistnya gw khawatir malah moderat liberal ini yg salah jalan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
farhan.faf dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Tred mancing mania lagi nih
profile-picture
Zhendong.Wanmei memberi reputasi
aseeek akhirnya trit rusuh lagi 😂😂😂
profile-picture
Zhendong.Wanmei memberi reputasi
Tmen ane yg muslim pada bae kok
bae-baenya anak muda, nakal dikit masih wajar
Yaelah siapa si yg ga pernah nonton begituan
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan introvertpsycho memberi reputasi
lha sesama muslimnya saja mereka saling penggal... hadehhh......

profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 5 lainnya memberi reputasi
mau dosa takut ketawa pas baca trit ini

profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 4 lainnya memberi reputasi
Sudah jelas itu.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 3 lainnya memberi reputasi
Lakum dinukum waliyadeen
Artinya untukku agamaku untukmu aturan agamaku?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
farhan.faf dan 7 lainnya memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh KS06
Ah becanda aja

Emg ada yg namanya topleransi di si yg katanya damayyyy?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
farhan.faf dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Alhamdulillah lah paham Quranemoticon-Peluk
tapi Tuhan juga nyuruh pahami ciptaaannya dan ilmunya Juga, ya ilmu lain selain ilmu agama emoticon-Big Grin
Dan ada penjelasan "demi masa sesuggunya manusia kerugian"
ya manfaatkan waktu sebaik baiknya, walau jelek di dunia rugi gak ngambil pelajaran duni pelajaran ke akhirat emoticon-Big Grin,
Klo agama doank dikaji cuma mabok
emoticon-Malu
Yg penting bayar jizyah, ente aman.
profile-picture
profile-picture
istri.pedopil dan bajier memberi reputasi
Bakalan rusuh neh...

emoticon-Wkwkwk
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di