Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

LangkiboAvatar border
TS
Langkibo
Indonesian DieCast Racing (IDR)
Die Cast (nyadur dari Wikipedia) adalah "...proses pelelehan logam atau metal untuk kemudian dituang dan dicetak sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Die-cast metal terbuat dari metal (logam) dan plastik ...metode die casting biasanya adalah mainan model dengan skala misalnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api ".
Khusus mobil skala 1:64, memiliki banyak peminat dan diproduksi oleh berbagai pabrikan di seluruh dunia.
Ada juga produsen die cast mobil, yang memiliki konsep/ cara bermain dengan menyediakan track yang khusus dipergunakan dengan berbagai macam variasi track dan berbagai macam variasi kendaraan juga tentunya (mobil, motor, pesawat).

Ane berpikir dan memperhatikan semakin banyaknya ide ide kreatif yang muncul, kenapa tidak dibuat aja tayangan balapan mobil die cast seperti layaknya balapan mobil beneran.

Akhirnya...ane bikin track sendiri, ada juga sebagian yang mempergunakan track orisinil dan dibuat semirip mungkin dengan track balapan mobil beneran....kalo boleh dibilang kayak diorama, tapi tidak statis...ada balapan mobilnya.
Sebenarnya sudah banyak yang membangun ide seperti ini...lalu ane mikir kenapa tidak buat yang versi Indonesianya aja. Makanya, lahir deh Indonesian DieCast Racing disingkat IDR.
Mudah-mudahan bisa jadi inspirasi buat Agan-agan lainnya untuk mengembangkan balapan diecast versi lain, spesifik Indonesia.
Ane juga sedang nyiapin model/ pola tracknya (khususnya untuk track tikungan) berbahan kertas (papercraft) untuk dishare via inet, dan sebenarnya juga...udah ada yang bikin track ini dari bahan plastik...buat yang punya 3D Printer tentunya.

Tapi untuk track dari pola kertas (karton dengan ketebalan minimal 1 - 3 mm) dan plastik corrugated plastic board harapan ane mungkin bisa lebih mudah disebarluaskan di Indonesia....lagian teknologi 3D Printer, untuk saat ini, saat ane buat postingan ini...tidak semudah memiliki printer biasa.

Dalam penayangannya ada bagi dalam beberapa season (seperti yg udah ane tayangin Borneo Blazing Tournament). Ane rencananya akan membuat beberapa Playlist lainnya dengan konsep racing yang berbeda. Kesemuanya akan ane lanjutin terus di thread ini.

Langsung aja deh, Gan Sis....saksikan tayangannya di mari (Youtube, GanSis....) :

1. Borneo Blazing Qualification (BBQ) :
Babak ini babak kualifikasi untuk die cast 1:64 (ane fokusnya die cast skala ini dulu) agar dapat lolos pada babak Borneo Blazing Tournament




 









Sekarang ane lagi nyiapin beberapa video balapan lainnya dan akan terus diupdate.

Makasih, GanSis udah mampir ke thread ane

THREADE ANE LAINNYA :

Indonesian DieCast Racing (IDR) - Tentang Track System, Konsep, Ide dan Bahan2nya
Diubah oleh Langkibo 22-06-2020 08:24
Richy211
mufid119arzaqi
nona212
nona212 dan 19 lainnya memberi reputasi
20
2K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan